x

Tak Hanya Sepak Bola, Ini 5 Pebasket Naturalisasi Indonesia

Jumat, 29 Maret 2019 17:52 WIB
Editor: Coro Mountana
Ilustrasi Bola Basket.

INDOSPORT.COM – Naturalisasi merupakan sebuah proses mengubah kewarganegaraan seseorang dari suatu negara ke negara yang lainnya. Di sepak bola, naturalisasi sudah lumrah terjadi di berbagai belahan dunia.

Tak terkecuali Indonesia yang sudah menaturalisasi sejumlah pemain asing untuk menjadi warga negara Indonesia. Mulai dari Cristian Gonzales, Greg Nwokolo, Tonnie Cussel, Beto Goncalves, Ilija Spasojevic, Raphael Maitimo, Stefano Lilipaly, hingga Ezra Walian.

Baca Juga

Dari deretan pemain naturalisasi tersebut, ada yang sukses seperti Cristian Gonzales tetapi ada juga yang gagal total seperti Tonnie Cussel. Naturalisasi diyakini merupakan jalan pintas untuk meningkatkan taraf kualitas sebuah tim untuk meraih prestasi tertentu.

Tapi ternyata tak hanya di sepak bola saja, di dunia basket ternyata proses naturalisasi juga kerap dilakukan. Siapa saja pebasket Indonesia yang merupakan hasil dari proses naturalisasi?

Baca Juga

Berikut INDOSPORT rangkum dalam 5 pebasket Indonesia yang merupakan hasil dari naturalisasi.


1. Jamarr Andre Johnson

Aksi drible pebasket CLS Knights Jamarr Andre Johnson (kiri) dijaga ketat pemain Pelita Jaya.

Pebasket yang lahir di Amerika Serikat yang satu ini merupakan hasil dari naturalisasi yang sempat membela Indonesia di ajang Asian Games 2018. Gelaran pesta akbar olahraga tingkat Asia itu sendiri dilangsungkan sejak 18 Agustus hingga 2 September tahun lalu.

Jamarr Andre Johnson sendiri di Indonesia telah mencatatkan sejumlah prestasi gemilang baik itu bersama CLS Knights Surabaya atau timnya saat ini Satria Muda Pertamina Jakarta. Prestasi itu adalah menjadi MVP, Rookie of the year dan scoring champion pada tahun 2016.

Anthony Wayne Cates

Anthony Wayne Cates Jr, pebasket naturalisasi.

Anthony Wayne Cates mendapatkan menjadi pebasket Indonesia usai dikeluarkannya surat keputusan naturalisasi yang dikeluarkan Kementerian Sekretariat Negara pada 12 Desember 2017. Anthony Wayne Cates merupakan seorang pebasket berposisi shooting guard.

Nama Anthony Wayne Cates mulai dikenal ketika menjadi andalan Pelita Jaya pada musim 2014. Anthony Wayne Cates juga sudah tampil bersama timnas basket Indonesia pada Sea Games 2015 yang lalu.

Anthony Ray Hargrove Jr

Anthony Ray Hargrove Jr, pebasket naturalisasi.

Sama seperti Anthony Wayne Cates, Anthony Ray Hangrove Jr juga menjalani naturalisasi usai dikeluarkannya surat keputusan Kementerian Sekretariat Negara pada 12 Desember 2017. Anthony Ray Hargrove Jr sejatinya lahir di New Jersey, Amerika Serikat.

Dia diajak gabung oleh sahabatnya Ebrahim ‘Biboy’ Enguio Lopez untuk bergabung dengan Aspac untuk kompetisi basket Indonesia (IBL) 2017. Namun tak lama setelah itu, Aspac melepas Anthony Ray Hargrove Jr.

Ebrahim ‘Biboy’ Enguio Lopez

Ebrahim ‘Biboy’ Enguio Lopez, pebasket naturalisasi.

Ebrahim ‘Biboy’ Enguio Lopez merupakan pebasket yang bergabung dengan Aspac Jakarta pada tahun 2013 yang lalu. Biboy sendiri memiliki darah keturunan Bali yang berasal dari Filipina, sehingga dirinya perlu dinaturalisasi

Biboy juga merupakan pemain naturalisasi pertama yang bergabung dengan timnas basket Indonesia. Namun, pada 12 Juli 2018 lalu, Biboy memutuskan untuk meninggalkan kompetisi bola basket Indonesia.

Samuel Kim Razon

Samuel Kim Razon, pebasket naturalisasi.

Pemain terakhir adalah Samuel Kim Razon yang dapat bermain di posisi center dengan postur menjulang mencapai 196 cm. Samuel Kim Razon tercatat sudah menjadi andalan timnas basket Indonesia pada Sea Games 2015 yang lalu.

Dilihat dari namanya, Samuel Kim Razon merupakan pemain asal Korea Selatan yang dinaturalisasi pada tahun 2014. Di saat awal kemunculannya, Samuel Kim Razon telah menjadi salah satu rookie paling potensial pada saat itu.

Terus Ikuti Perkembangan Seputar Basket dan Berita Olahraga Lainnya di INDOSPORT.COM.

IBLTimnas Basket IndonesiaNaturalisasiJamarr Andre JohnsonTRIVIABasket

Berita Terkini