x

Pelatih Ungkap Penyebab Kekalahan 'Menit Berdarah' Timnas Futsal dari Thailand

Senin, 11 April 2022 22:10 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Herry Ibrahim
Timnas Futsal Indonesia hanya jadi runner-up Piala AFF Futsal 2022 dan pelatih asal Iran pun mengungkapkan penyebab kekalahan. Foto: AFF Futsal/FAT

INDOSPORT.COM - Timnas Futsal Indonesia hanya jadi runner-up Piala AFF Futsal 2022. Sunny Rizky dan kawan-kawan kalah dari Thailand di partai final di Stadion Indoor Huamark, Thailand, Minggu (10/04/22).

Sejatinya kedua tim berbagi angka 2-2 hingga babak extra time. Namun, pada babak adu penalti, Timnas futsal Indonesia kalah 3-5. 

Baca Juga

Pada pertandingan kemarin, dua gol Indonesia di waktu normal dicetak oleh Evan Soulimena menit ke-8 dan menit ke-24 oleh Andriansyah Runtuboy.

Nahasnya, Thailand bisa membalas dua gol tersebut hanya dalam waktu satu menit sebelum laga berakhir. Gol tim tuan rumah dicetak Krit Sinyalak dan Muhammad Usman yang bahkan pada 'detik berdarah' yakni 30 detik sebelum laga bubar. 

Pelatih Timnas futsal Indonesia, Mohammad Hashemzadeh mengatakan bahwa anak asuhnya sudah berjuang keras dalam pertandingan final tersebut.

Baca Juga

Sayang, kelengahan para pemain Timnas futsal Indonesia pada menit bahkan detik terakhir babak kedua membuat kemenangan yang di depan mata buyar. 

"Mereka bermain sangat baik dan saya punya ekspektasi terhadap mereka semua. Tapi saya juga sedikit kecewa kepada para pemain tadi, karena kesalahan pada menit akhir, dan itu waktu yang sangat sulit buat kami untuk bisa mengubah keadaan kembali," kata Hashemzadeh.

Baca Juga

1. Yakin Lebih Baik

Timnas Futsal Indonesia hanya jadi runner-up Piala AFF Futsal 2022 usai dikalahkan Thailand. Foto: AFF Futsal/FAT

Meski begitu, Hashemzadeh mengaku senang dengan penampilan anak asuhnya. Pelatih asal Iran itu berharap kekalahan kemarin jadi pelecut Timnas futsal Indonesia tampil lebih baik lagi.

Baca Juga

Meski jadi runner-up Piala AFF futsal 2022, Indonesia sudah memastikan lolos ke putaran final Piala Asia Futsal 2022 di Kuwait. 

Timnas futsal Indonesia ditangan Hashemzadeh juga mendapat respons positif dari masyarakat.

Baca Juga

"Tapi saya senang karena mereka sudah berjuang dan bermain dengan sangat baik. Semoga ke depan bisa lebih baik lagi," pungkasnya.

Selain itu, Indonesia mendapat penghargaan lain dimana penjaga gawang Muhammad Albagir dinobatkan sebagai kiper terbaik turnamen ini.


2. Sejarah Timnas Futsal di AFF

Timnas Futsal Indonesia hanya jadi runner-up Piala AFF Futsal 2022 usai dikalahkan Thailand. Foto: AFF Futsal/FAT

Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan mengapresiasi perjuangan Timnas futsal Indonesia, meski hanya raih runner-up Piala AFF Futsal 2022. Timnas futsal disebut tetap membanggakan.

Timnas futsal Indonesia harus mengakui keunggulan Thailand melalui drama adu penalti dengan skor 3-5 pada laga final Piala AFF Futsal 2022 di Stadion Indoor Huamark, Minggu (10/04/22). Sebelumnya, kedua tim berbagi angka 2-2 hingga babak extra time.

Sebagai informasi, dalam 14 kali partisipasi di Piala AFF futsal, Timnas futsal Indonesia mampu sebanyak lima kali melaju ke babak final.

Namun sayang, empat laga final di lalui skuat Garuda berakhir sebagai runner-up, yakni pada tahun 2006, 2008, 2019 dan 2022.

Baca Juga

Indonesia hanya sekali juara pada edisi 2010, itu pun karena Thailand tidak turut serta karena lebih memilih bermain di Thai 5s pada waktu yang sama.

ThailandTimnas Futsal IndonesiaTimnas IndonesiaPiala AFFMohammad Hashemzadeh

Berita Terkini