x

Dukung Labuan Bajo Marathon 2022, IFG Lakukan Serangkaian Kegiatan Sosial

Sabtu, 24 September 2022 20:05 WIB
Editor: Herry Ibrahim
Kegiatan Sosial IFG guna menyambut ajang Labuan Bajo Marathon 2022 yang rencananya akan digelar 29 Oktober mendatang.

INDOSPORT.COM - Indonesia Financial Group (IFG) bersama segenap anak usahanya, melakukan serangkaian kegiatan Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur. 

Kegiatan tersebut dilakukan sebagai rangkaian kegiatan menyambut penyelenggaraan "IFG Labuan Bajo Marathon 2022" yang akan dilaksanakan pada Sabtu, 29 Oktober 2022.

Baca Juga

Sekretaris Perusahaan IFG, Beko Setiawan, mengatakan, kegiatan sosial yang dilakukan IFG di Labuan Bajo diprioritaskan pada program-program yang sifatnya berkelanjutan dan memiliki dampak besar bagi masyarakat. 

Adapun beberapa kegiatan yang dilakukan antara lain bantuan pendidikan, lingkungan, kesehatan dan pemberdayaan Usaha Mikro Kecil (UMK).

"Pelaksanaan TJSL tersebut sejalan dengan program prioritas dari Kementerian BUMN yaitu Pendidikan, Lingkungan, dan Pengembangan UMK."

Baca Juga

"Adapun rangkaian kegiatan IFG Labuan Bajo Marathon 2022 merupakan wujud aksi nyatauntuk bersama-sama menggerakan perekonomian daerah, selaras dengan core value AKHLAK,” papar Beko Setiawan.

IFG melaksanakan kegiatan literasi dan edukasi sampah plastik dan juga kegiatan bersih-bersih pantai di Waterfront Labuan Bajo pada Sabtu (24/09/22). 

Kegiatan ini melibatkan total 150 peserta, yang terdiri atas guru PAUD, siswa sekolah, Karang Taruna, dan komunitas pegiat lingkungan setempat.

Baca Juga

Diharapkan dapat membantu meminimalisir pembuangan sampah plastik, menambah pengetahuan masyarakat dalam mengelola sampah plastik menjadi barang yang bernilai ekonomis, dan memanfaatkan limbah plastik secara kreatif. 

Dalam kegiatan tersebut, IFG juga memberikan bantuan alat kebersihan dan pengangkutan sampah.


1. Apresiasi Pemerintah Setempat

Kegiatan Sosial IFG guna menyambut ajang Labuan Bajo Marathon 2022 yang rencananya akan digelar 29 Oktober mendatang.

Langkah tersebut diapresiasi oleh Pemerintah Kabupaten Labuan Bajo, yang juga siap mendukung penuh seluruh rangkaian acara "IFG Labuan Bajo Marathon 2022.

"Ajang IFG Labuan Bajo Marathon 2022 merupakan sebuah ajang yang tepat untuk mendukung bangkitnya pariwisata Labuan Bajo setelah sebelumnya terdampak pandemi."

Baca Juga

"Kegiatan sosial yang dilakukan hari ini semoga dapat memberikan pemahaman tentang pentingnya menjaga lingkungan untuk mengoptimalisasi potensi Labuan bajo sebagai destinasi wisata super prioritas," ujar Staf Khusus Bupati Manggarai Barat, Lisa Mersin.

Kegiatan peduli lingkungan ini juga disambut baik Kennedy Diaz, pegiat lingkungan Trash Hero Komodo. 

Ia mengatakan, sebagai wilayah destinasi wisata, aspek kebersihan lingkungan masih menjadi salah satu tantangan dalam penataan dan pengembangan sektor pariwisata di Labuan Bajo. 

Baca Juga

Adanya kegiatan literasi dan edukasi merupakan langkah positif untuk membangun budaya anti sampah plastik.

"Semoga kolaborasi yang telah dijalin bersama masyarakat dan komunitas di Labuan Bajo dapat bersifat berkelanjutan sehingga memberikan dampak yang signifikan bagi pembangunan ekosistem kawasan Labuan Bajo yang bersih dan bebas dari sampah," ungkap Kennedy Diaz.


2. Info Pendaftaran

Kegiatan Sosial IFG guna menyambut ajang Labuan Bajo Marathon 2022 yang rencananya akan digelar 29 Oktober mendatang.

Dalam rangkaian kegiatan IFG Labuan Bajo Marathon 2022, telah dilakukan juga kegiatan Focus Discussion Group pada Jumat (23/09/22). 

Mengusung tema yang sama kegiatan tersebut memiliki tujuan untuk melakukan kampanye kepada masyarakat terkait dampak sampah plastik.

Baca Juga

Kegiatan FGD tersebut bagian rangkaian kegiatan IFG Labuan Bajo Marathon 2022 dan akan rutin dilakukan setiap hari Sabtu, sebelum hingga setelah event.

"Ajang ini adalah lomba jalan raya atau road race. Akan tetapi, topografi Labuan Bajo yang berbukit membuat konturnya sangat menantang sehingga dapat menjadi pengalaman berkesan bagi para peserta," ujar Ketua Panitia IFG Labuan Bajo Marathon 2022, Fitri Istanti.

Selain menargetkan pelari nasional dan internasional, IFG juga mengajak masyarakat lokal untuk berpartisipasi dan membangkitkan kembali kejayaan NTT sebagai lumbung atlet lari berprestasi.

Baca Juga

“IFG Labuan Bajo Marathon 2022 akan melombakan kategori Full Marathon (42K), Half Marathon (21K), 10K, 5K, serta lomba kelompok Ekiden (estafet 5K) dan Kids Dash 100M.

Untuk berpartisipasi dalam kegiatan marathon ini, dapat dilakukan melalui microsite www.IFGLabuanBajoMarathon.com

LariIndonesia International Marathon

Berita Terkini