x

Ribuan Siswa Yogyakarta Akan Meriahkan Pawai Obor Asian Games 2018

Rabu, 18 Juli 2018 17:26 WIB
Editor: Abdurrahman Ranala
Atlet India tengah membawakan api obor Asian Games 2018.

INDOSPORT.COM - Pawai Obor Asian Games 2018 telah dimulai. Salah satu kota pertama yang disinggahi adalah Yogyakarta. 

Tepat satu bulan lagi, perhelatan Asian Games 2018 akan dimulai. Dan sebelum api di kaldron Stadion Utama Gelora Bung Karno disulut, terlebih dahulu dilakukan pawai obor Asian Games 2018. 

Pawai obor Asian Games 2018 akan melewati 54 kabupaten dan 18 Provinsi yang ada di Indonesia. Dan usai api dari Mrapen disatukan dengan api dari India, selanjutnya api akan diarak di Yogyakarta

Ribuan siswa sekolah di Kota Yogyakarta akan turut menyambut dan memeriahkan pawai obor Asian Games 2018 di sepanjang jalur yang akan dilalui, Kamis (19/07/18). 

Baca Juga

"Kami sudah berkoordinasi dengan sejumlah SD dan SMP yang berlokasi di sepanjang rute yang akan dilalui pawai obor. Bahkan, ada tambahan dari beberapa sekolah yang menyatakan akan berpartisipasi untuk memeriahkan pawai meskipun tidak berlokasi di rute yang dilalui," kata Kepala Bidang Olahraga Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Yogyakarta. 

Semula diperkirakan hanya ada sekitar 6.000 siswa yang akan memeriahkan pawai obor, maka dengan adanya tambahan sekolah yang berpartisipasi secara mandiri tersebut, jumlah siswa yang memeriahkan pawai bisa bertambah menjadi 10.000 hingga 15.000 siswa.


1. Rute Pawai

Obor Asian Games 2018.

Pawai obor Asian Games 2018 rencananya, akan dimulai dari Pagelaran Keraton Yogyakarta melintasi Titik Nol Kilometer, Jalan KH Ahmad Dahlan, Jalan Bhayangkara, Jalan Pasar Kembang, Jalan Malioboro, kembali ke Titik Nol Kilometer, Jalan Senopati, Jalan Brigjen Katamso, Pojok Beteng Wetan, Pojok Beteng Kulon, Ngabean, Ngampilan, Pingit dan berakhir di Tugu.

Dari titik awal pemberangkatan hingga titik akhir pawai bertema 'Jogja Mangayubagya Asian Games 2018' tersebut, obor rencananya akan dibawa secara estafet.

Baca Juga

Sedangkan di Tugu, juga akan dimeriahkan oleh pentas kesenian dan kehadiran sejumlah atlet berprestasi dari DIY. 

"Dari Tugu, obor kemudian diserahterimakan untuk dilanjutkan pada pawai obor menuju Solo," katanya.

Asian Games 2018YogyakartaSerba Serbi Asian Games 2018

Berita Terkini