x

5 Atlet Indonesia yang Sukses Curi Perhatian di Asian Games 2018

Minggu, 2 September 2018 15:39 WIB
Penulis: Arief Tirtana | Editor: Ivan Reinhard Manurung
Deretan atlet Indonesia sukses curi perhatian di Asian Games 2018.

INDOSPORT.COM - Atlet-atlet Indonesia sukses melapaui target perolehan medali yang ditargetkan kepada mereka di Asian Games 2018. Dari taget 16 medali emas, para atlet sukses meyumbangkan hampir dua kli lipat yakni sebanyak 31 medali emas.

Baca Juga

Beberapa atlet yang sebelumnya tak dibebani target medali bahkan tanpa diduga mampu mencapainya. Tak ayal hal tersebut membuat nama mereka melambung dikalangan masyarakat umum yang sebelumnya tak mengenal nama mereka.

Bukan hanya prestasi, beberapa nama bahkan juga mampu mencuri perhatian lewat aksi-aksi mereka selama dan usai pertandingan. Siapa saja mereka, berikut INDOSPORT merangkumkan:


1. Defia Rosmaniar (Taekwondo)

Defia Rosmaniar sumbangkan emas pertama untuk Indonesia.

Di awal gelaran Asian games 2018, nama Defia Rosmaniar mampu menghiasi berbagai headline media masa juga di lini masa media sosial. Hal tersebut setelah dirinya mampu meraih medali emas lewat cabor Taekwondo nomor Pomsae Putri.

Keberhasilan Defia itu semakin membuat namanya melambung karena dirinya merupakan peraih medali emas pertama kontingen di Indonesia.

Satu lagi yang membuat dara manis kelahiran Bogor itu menjaid buah bibir adalah ketika dirinya mendapatkan bisikan dari Presiden Joko Widodo usai meraih medali emas.

Baca Juga

Bisikan yang belakangan diketahui merupakan ucapan terima kasih Jokowi terhadap dirinya atas medali emas pertama bagi Indonesia di Asian Games 2018.


2. Jonatan Christie (Bulutangkis)

Aksi selebrasi Jonatan Christie usai menang dan memastikan raih medali emas Asian Games 2018.

Nama Jonatan Christie memang merupakan salah satu atlet bulutangkis yang masuk jajaran atas di Indonesia. Namun tak bisa dipungkiri namanya masih kalah dibandingkan duet minion Kevin Sanjaya/Marcus Gideon dan ganda campuran Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir.

Di Asian Games 2018 kali inilah menjadi puncak semakin menjulangnya nama Jonatan Christie. Mampu mengkandaskan pebulutangkis unggulan dunia hingga meraih medali emas di nomor tunggal putra bulutangkis perorangan, nama pria yang karib disapa Jojo itu semakin menjadi perbincangan lantaran didukung oleh wajah rupawan yang dimilikinya.

Terlebih aksinya buka baju usai menang di babak semifinal dan final, membuat banyak semakin banyak remaja putri yang jatuh hati mengidolainya kini.

Baca Juga

Jojo sendiri juga menjadi sorotan karena berhasil membuat tunggal putra Indonesia meraih medali emas Asian Games, setelah sebelumnya terakhir kali diraih Taufik Hidayat pada Asian Games 2006 silam.


3. Aries Susanti (Panjat tebing)

Julukan Spiderwoman diberikan netizen Indonesia setelah Aries Susanti Rahayu meraih medali emas.

Datang ke Asian Games 2018 dengan status juara dunia, tak bisa disangkal bahwa masih banyak masyarakat Indonesia yang belum mengenal nama Aries Susanti.

Namun di Asian Games 2018 kali inilah, gadis asal Grobogan itu seakan membuktikan kualitasnya kepada seluruh masyarakat Indonesia.

Aksi cepatnya memanjat bak laba-laba, bukan hanya mampu sumbangkan satu medali emas, Aries bahkan sukses mebawa pulang dua buat Indonesia. Lewat nomor kecepatan perorangan putri dan nomor kecepatan beregu putri.

Baca Juga

Membuat orang takjub atas kemampuan dan raihan tersebut, kini julukan Spiderwomen Indonesia yang melekat didirinya bukan hanya dikenal di kalangan pecinta panjat tebing, naun juga seluruh masyarakat Indoensia yang menyaksikan Asian Games 2018.


4. Hanifan Yudani (Pencak Silat)

Hanifan Yudani membuat Jokowi dan Prabowo berpelukan.

Selain sukses menyumbangkan total 14 medali emas dan satu perunggu, cabor pencak silat juga mammpu menghadirkan oase kegembiraan ditengah hiruk pikuk politik Indonesia.

Itu terjadi ketika salah satu atletnya Hanifan Yudani secara spontan memeluk dua pasang calon Presiden Joko Widodo dan Prabowo Subianto secara bersamaan.

Aksi yang dilakukannya usai meraih medali emas di nomor pertandingan putra kelas C (55-60kg) itu juga membuat banyak rakyat Indonesia yang menyoroti namanya dan juga berterima kasih atas apa yang dilakukannya.

Baca Juga

Selain aksi tersebut, nama Hanifan juga mencuri perhatian lantaran wajahnya yang dianggap sangat mirip dengan Kapten Timnas U-23 Indonesia, Hansamu Yama Pranata.


5. Saiful Rijal (Sepak Takraw)

Saiful Rijal raih medali emas di Asian Games 2018.

Indonesia sukses meyabet medali emas di cabor Sepak takraw untuk pertama kalinya ketika, Saiful Rijal dan kawan-kawan mampu mengkandaskan perlawanan Jepang di final nomor Quadrant Putra.

Medali yang merupakan emas ke-31 Indonesia di Asian Games 2018 itu juga mampu melambungkan nama Saiful rijal ke seantero Indonesia.

Bukan tanpa alasan, keberhasilan tim sepak takraw tersebut memang tak lepas dari aksi-aksi memukau salto yang dilakukan pemain yang memiliki spaan akrab Mas Ipul tersebut.

Baca Juga

Aksi luar biasa ditambah nama yang enak untuk dilafalkan, semakin membuat nama pemain asal Jawa timur itu begitu melekat di telinga masyarakat Indoensia.

Ikuti Terus Berita Olahraga dan Asian Games 2018 hanya di INDOSPORT

 

Pencak SilatAsian Games 2018Jonatan ChristieSepak TakrawPanjat TebingAries Susanti RahayuTRIVIAListicle Asian Games 2018Defia Rosmaniar

Berita Terkini