x

Usai Closing Ceremony Asian Games 2018, Petugas Kebersihan Langsung Beraksi

Minggu, 2 September 2018 23:17 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Juni Adi
Petugas kebersihan langsung bersihkan sampah usai acara penutupan Asian Games 2018.

INDOSPORT.COM - Pesta olahraga terbesar se-Asia atau Asian Games 2018 telah usai digelar, dengan ditandai upacara penutupan sebagai rangakian resminya. Setelah acara selesai, petuga kebersihan langsung beraksi.

Upacara penutupan sendiri memang berjalan sangat meriah. Berbagai tamu penting pun turut hadir seperti dari Wakil Presiden Republik Indonesia, Just Kalla, Presiden OCA Syeh Ahamd Alsahab Al Fahad, lalu Menpora Imam Nahrawi, dan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan.

Selain itu, acara juga diisi dengan beberapa hiburan pertunjukan musik dari berbagai musisi terkenal dari dalam dan luar negeri. Salah satunya dari dua guest star yang paling ditunggu-tunggu yakni Ikon dan Super Junior.

Usai acara, tentunya satu momok yang menakutkan muncul yaitu hadirnya sampah yang tersisa dari para pengunjung yang hadir. 

Baca Juga

Namun terkait masalah  ini, petugas kebersihan dari Dinas Lingkungan Hidup Jakarta Pusat langsung menggelar briefing. Mereka adalah orang yang akan bertugas untuk membersihkan sampah di area SUGBK.

"Untuk malam ini ada 500 petugas yang dikerahkan. Ini adalah shift kedua dan diperkirakan baru akan selesai bekerja pada pukul 01.00 atau 02.00 dinihari WIB. Kebetulan, kami yang bertugas di area GBK," kata Risart Seristian selaku Koordinator Dinas LH di area GBK.

Baca Juga
Petugas kebersihan langsung bersihkan sampah usai acara penutupan Asian Games 2018.

Belajar dari pengalaman saat opening ceremony pada 18 Agustus lalu, sampai yang dikumpulkan petugas mencapai lima sampai enam truk. 

Di setiap truknya terisi 20 meter kubik sampah. Jika ditotal, ada 100 meter kubik sampah yang dibersihkan usai opening ceremony.

Menurut Risart, jumlah itu terbilang sedikit untuk event besar seperti opening ceremony Asian Games 2018. Ia pun bisa mengambil kesimpulan bahwa kesadaran masyarakat akan kebersihan telah mengalami peningkatan selama Asian Games 2018.

"Sampah ini bukan hanya masalah petugas, tapi juga masalah bersama. Alhamdulillah kesadaran ada peningkatan. Kami juga sudah mendapat bantuan dari berbagai komunitas dengan jumlah personel hingga 1.000 orang," jelas Risart.

Terus Ikuti Berita Sepak Bola dan Olahraga Lain Serta Serba-serbia Asian Games 2018 di INDOSPORT.

Asian GamesAsian Games 2018Serba Serbi Asian Games 2018

Berita Terkini