x

Lee Zii Jia Fix Ikut Thomas Cup 2022? Begini Kata Hendrawan

Selasa, 12 April 2022 17:06 WIB
Penulis: Ilham Oktafian | Editor:
Pelatih tunggal putra Malaysia, Hendrawan akhirnya buka suara mengenai keikutsertaan Lee Zii Jia di gelaran Thomas Cup 2022.

INDOSPORT.COM - Pelatih tunggal putra Malaysia, Hendrawan akhirnya buka suara mengenai keikutsertaan Lee Zii Jia di gelaran Thomas Cup 2022.

Menurut Hendrawan, keputusan ikut tidaknya Lee Zii Jia dalam hajatan bergengsi di ajang bulutangkis tersebut tergantung dari BAM.

Baca Juga

Diketahui saat ini Lee Zii Jia telah resmi mundur dari pelatnas Malaysia. Kini atlet berusia 22 tahun tersebut mengambil jalur independen.

Kini, Lee Zii Jia diampu oleh mantan pebulu tangkis Indonesia, Indra Wijaya yang resmi ditunjuk jadi pelatih sejak Februari 2022 lalu.

Kabarnya, Lee Zii Jia bakal dipanggil dalam pelatihan terpusat. Hendrawan pun tak menampik jika dirinya ikut mendengar isu tersebut.

Baca Juga

Meski demikian, eks pebulutangkis Indonesia yang memenangi medali perak di Olimpiade Sydney 2000 itu menyerahkan keputusan final pada BAM.

“Saya mendengarnya (Zii Jia dipanggil untuk pelatihan terpusat), namun pengumuman akhir akan dilakukan oleh BAM,” katanya dilansir dari Bernama.

Lebih lanjut, Hendrawan menambahkan siapapun yang mewakili Malaysia di ajang Thomas Cup 2022, ia meminta atletnya untuk mati-matian.

Baca Juga

“Kami akan fokus pada posisi terbaik di babak penyisihan grup saat ini,” tambahnya.

“Saya rasa jika dipilih, mereka harus siap, ada banyak pilihan (pemain tunggal), termasuk pemain profesional seperti Liew Darren.. baik dari BAM maupun profesional,” imbuhnya.


1. Panggil Atlet Profesional

Lee Zii Jia

Asosiasi Bulutangkis Malaysia (BAM) kabarnya sedang mempertimbangkan mengangkut pemain profesional untuk ajang Piala Thomas karena belum ada atlet menjanjikan dari sektor tunggal putra.

Kabarnya, Malaysia juga bakal memboyong pemain profesional seperti Daren Liew yang bermain di sektor tunggal putra.

Baca Juga

Berdasarkan peringkat BWF, Daren Liew menempati peringkat ke-35 dunia. Itu berarti, Daren adalah tunggal putra terhebat kedua Malaysia setelah Lee Zii Jia yang duduk di posisi tujuh dunia. 

Namun, masih harus dilihat apakah BAM bersedia merelakan dua dari empat kuota tunggal putra untuk pemain profesional. 

BAM bagaimanapun masih memiliki beberapa pemain tunggal putra di pelatnas, namun rangking mereka masih jauh dari Lee Zii Jia dan Daren Liew. 

Baca Juga

Tunggal putra Ng Tze Yong duduk di urutan ke-45, Aidil Sholeh Ali Sadikin di posisi 110, dan Leong Jun Hao di peringkat ke-118. 

Dari tiga nama di atas, hanya Ng Tze Yong yang paling layak dibawa bertanding ke Piala Thomas. 

Pasalnya, Aidil Sholeh Ali Sadikin dan Leong Jun Hai bahkan baru bermain di level Super 100 dan International Challenge yang merupakan pertemuan tingkat kelima dan keenam dalam turnamen BWF. 

Baca Juga

Daren Liew jelas menjadi pilihan potensial karena memiliki pengalaman cukup mumpuni di turnamen dunia. 

Di ajang All England, Daren Liew membuat tunggal putra peringkat empat dunia Chou Tien Chen dari Chinese Taipei kelabakan dan harus bermain rubber game, ya meski wakil Malaysia belum berhasil meraih kemenangan. 


2. Tawaran BAM

Pebulutangkis Malaysia, Lee Zii Jia, merayakan kemenangan pada babak semifinal All England 2012 yang digelar di Utilita Arena Birmingham, Sabtu (20/3/2021).

Liew Daren sendiri pernah mengungkapkan bahwa ia siap berbakti untuk negara apabila mendapat tawaran dari BAM. 

"Saya tidak berekspektasi bisa dipanggil timnas (BAM), namun jika iya, tentu saya akan melakukannya. Saya siap menjawab panggilan tersebut," ujar Daren. 

"Saya tidak pernah mengatakan tidak bila ada kesempatan mewakili negara di kejuaraan besar. Saya siap menerima tantangan itu," imbuh pemain yang pernah menempati posisi 10 dunia itu. 

Baca Juga
Piala ThomasHendrawanLee Zii Jia

Berita Terkini