x

3 Kejutan Kejurnas PBSI 2022: Ada Mantan Hendra Setiawan, Melati Daeva 'Nyebrang' Ganda Putri

Kamis, 15 Desember 2022 16:52 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Isman Fadil
Mulai dari mantan pasangan Hendra Setiawan hingga Melati Daeva beralih ke ganda putri, beberapa kejutan terjadi di ajang Kejuaraan Nasional (Kejurnas) PBSI.

INDOSPORT.COM – Mulai dari mantan pasangan Hendra Setiawan yang turun gunung hingga Melati Daeva beralih ke sektor ganda putri, beberapa kejutan terjadi di ajang Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Bulutangkis PBSI 2022.

Meski turnamen internasional BWF musim 2022 sudah resmi berakhir, namun Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia masih memiliki satu hajatan besar di tingkal nasional.

Adalah Kejuaraan Nasional (Kejurnas) PBSI 2022, di mana turnamen ini berlangsung di Pelatnas PBSI Cipayung pada 12-17 Desember ini.

Ajang Kejurnas ini mempertandingan pebulutangkis antarklub dalam dua kategori, yakni beregu campuran dewasa dan kategoru perorangan taruna.

Kejurnas sendiri pertama kali digelar tahun 1954 di Surabaya. Selain Surabaya, hampir seluruh kota besar di Tanah Air pernah menjadi tuan rumah turnamen yang selalu digelar di pengujung tahun.

Baca Juga

Para pemenang di Kejurnas PBSI kali ini, khususnya dari kelompom junior, bisa direkrut untuk bergabung ke Pelatnas PBSI di Cipayung, Jakarta Timur.

Jadi bisa dikatakan, turnamen ini menjadi kejuaraan paling prestisius di Tanah Air karena diikuti seluruh pemain terbaik dari klub-klub bulutangkis di seluruh Indonesia.

Baca Juga

Klub-klub unggulan seperti PB Djarum, Jaya Raya, Mansion Exist Badminton Club Jakarta, hingga Mutiara Cardinal Bandung telah memastikan mengirimkan wakil terbaiknya.

Hingga memasuki hari ketiga, Kamis (15/12/22), terdapat dua kejutan yang mewarnai gelaran Kejurnas PBSI 2022. Apa sajakah itu?

Baca Juga

1. 1. Mantan Hendra Setiawan Turun Gunung

Caption

Mantan pasangan Hendra Setiawan, Berry Angriawan, diketahui ikut melantai di Kejuaraan Nasional (Kejurnas) nomor beregu 2022.

Berry Angriawan sendiri merupakan mantan atlet pelatnas PBSI yang pernah berpasangan dengan Rian Agung Saputro, Ricky Karanda Suwardi, Muhammad Ulinuha, Hardianto.

Sementara ketika berpasangan dengan Hendra Setiawan, hanya dijalani oleh Berry Angriawan secara singkat karena keputusan PBSI saat itu setelah Hendra untuk yang kedua kalinya masuk Pelatnas pada 2016.

Di Kejurnas PBSI 2022 kali ini, Berry Angriawan kembali mengenakan kostum PB Djarum setelah sekian lama berpisah.

Atlet kelahiran Sukabumi tersebut dipadukan dengan Muh. Putra Erwiansyah, pemain kidal yang biasa berpasangan dengan Patra Harapan Rindorindo.

Baca Juga

"Tentunya senang dan bangga, masih dipercaya untuk masuk dan main dalam tim PB Djarum di Kejurnas Beregu ini," tanggap Berry, dilansir dari Djarum Badminton.

"Rasanya setelah sekian lama tidak 'turun gunung' membela klub, pasti ada rasa kegugupan di awal-awal. Tapi, Alhamdulillah bisa saya atasi dengan cepat," Berry, menambahkan.

2. Melati Daeva ‘Nyebrang’ ke Ganda Putri, Gandeng Sosok Ini

Secara mengejutkan, PB Djarum menurunkan mantan atlet ganda campuran pelatnas PBSI, yakni Melati Daeva Oktavianti.

Namun Melati Daeva tidak dipasangkan dengan yakni Praveen Jordan, karena Praveen sendiri masih dalam tahap pemulihan sejak jalani operasi enam bulan lalu.

Baca Juga

Melati Daeva secara mengejutkan menyebrang ke ganda putri. Pasangan main Melati Daeva kali ini sesama mantan atlet Pelatnas PBSI, Febby Valencia Dwijayanti Gani.

Febby merupakan pasangan keempatnya setelah Praveen Jordan, Verrel Yustin Mulia, dan Mohammad Reza Pahlevi Isfahani di paruh kedua musim 2022

Ada pun Febby Valencia sendiri sempat berpasangan dengan Salli Lin sejak meninggalkan Pelatnas PBSI di Cipayung pada September 2022 lalu.

Keduanya berlaga di Sirkuit Nasional C Banten 2022 pada bulan lalu. Kini, Febby dan Melati dipadukan untuk memperkuat PB Djarum pada Kejurnas Beregu Campuran 2022.

Baca Juga

Febby/Melati diturunkan pada partai ketiga melawan Angelica Natasha Herloardjo/Frida Ayu Wulandari. Dalam tempo 24 menit, Febby/Melati menang atas pasangan asal klub Banda Baru Batam tersebut dengan skor 21-12, 21-10.

"Tadi kita main enjoy aja, karena di latihan kita juga sudah pernah main bareng," tutur Melati dilansir dari Djarum Badminton.

"Saya juga tadi main safe aja, nggak ada yang gimana-gimana," Febby, menimpali komentar pasangan anyarnya itu.

Baca Juga

2. 3. Ada Rambitan di Kejurnas PBSI, Yeremia?

Ganda putra Indonesia, Pramudya Kusumawardana/Yeremia Rambitan.

Kejutan terakhir datang dari keluarga Rambitan. Namun bukan berarti Yeremia Yoche Erich Rambitan ikut memanaskan persaingan di Kejurnas PBSI 2022.

Pasangan main Pramudya Kusumawardana ini sejatinya masih menjalan pemulihan pasca cedera ACL dan baru akan comeback awal tahun 2023.

Rambitan yang turun di Kejurnas PBSI 2022 rupanya adalah Timothy Rambitan, Yohanes Rambitan, dan Sarah Rambitan.

Yohanes dan Sarah adalah saudara kandung Yeremia yang mewakili PB Kasih. Klub ini ditukangi oleh Timothy, ayah sekaligus pelatih dari Yohanes, Yeremia, dan Sarah.

Baca Juga

Sarah, si bungsu dari tujuh bersaudara, diketahui dipasangkan dengan Yohanes untuk bermain pada sektor ganda campuran.

"Agak deg-degan, sih. Takut salah-salah, tapi saya berusaha untuk bermain lepas," tutur Sarah, yang juga turun pada nomor tunggal putri dilansir dari PB Djarum.

PB Kasih adalah klub bulu tangkis yang dibangun oleh ayahnya. Seperti Yohanes dan Sarah, Yere mulai mengenal bulu tangkis di klub ini, lalu masuk ke Sekolah Olahraga Ragunan pada 2015, kemudian direkrut oleh PB Exist.

Baca Juga
Hendra SetiawanPBSIBerry AngriawanMelati Daeva OctaviantiHendra Setiawan/Berry AngriawanYeremia Erich Yoche Yacob RambitanFebby Valencia Dwijayanti GaniKejurnas PBSI 2022

Berita Terkini