x

BAMTC 2023: Sumbang Poin untuk Indonesia, Anthony Ginting dan Putri KW Kasih Respek ke Lebanon

Selasa, 14 Februari 2023 15:52 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Isman Fadil
Wakil Indonesia, Anthony Sinisuka Ginting dan Putri Kusuma Wardani, menaruh respek kepada pemain Lebanon menang di Badminton Asia Mixed Team Championship 2023.(Foto: PBSI)

INDOSPORT.COM – Anthony Sinisuka Ginting dan Putri Kusuma Wardani, menaruh respek kepada pemain Lebanon yang mereka kalahkan saat menyumbang poin untuk Indonesia di laga pembuka Badminton Asia Mixed Team Championships 2023.

Bertanding pada fase Grup C yang dihelat di Dubai Exhibition Centre, Dubai, Uni Emirat Arab, Selasa (14/2) pagi, Ginting dan Putri KW meraih kemenangan mudah atas dua wakil Lebanon.

Ginting yang tampil di pertandingan pertama menghadapi Abi Younes Christophe. Hanya dalam waktu 17 menit, dia sukses mengalahkan Abi Younes Christophe dengan skor 21-6, 21-8.

Sama halnya dengan Putri KW, dirinya hanya butuh waktu 17 menit saat menaklukkan Zeina Kazma dengan 21-5, 21-4.

Kemenangan Ginting dan Putri KW ini langsung membuat Indonesia unggul 2-0 atas Lebanon di hari pertama ajang BATMC 2023.

Baca Juga

Bagi Ginting, kemenangan ini memang cukup berarti baginya. Sebab, poin pertama biasanya menentukan langkah positif tim Merah Putih di turnamen beregu.

Namun kali ini, Ginting mengaku pertandingan ini hanyalah jadi caranya beradaptasi di Dubai Exhibition Centre. Meski tetap fokus, Ginting tetap tak menaruh respek pada lawannya dari Lebanon itu.

Baca Juga

“Ya, saya tetap main fokus dan tidak mau memandang remeh lawan. Saya hanya fokus ke adaptasi lapangan dan semuanya,” ujar Ginting dalam keterangan resmi PBSI usai pertandingan.

“Saya coba-coba berbagai jenis pukulan, serta untuk mengenakan pukulan dan mengetahui ke mana arah angin. Saya manfaatkan segala aspeknya,” terangnya.

Diakui Ginting, menghadapi Abi Younes Christophe yang masih dalam kategori junior, dirinya tak mengeluarkan banyak keringat.

Baca Juga

1. Putri KW dan Ginting Persiapkan Laga yang Lebih Berat

Putri Kusuma Wardani berlatih di Dubai Exhibition Centre, jelang Badminton Asia Mixed Team Championships 2023.

Saking singkatnya pertandingan, Ginting memiliki banyak waktu untuk melanjutkan latihan mempersiapkan pertandingan berikutnya.

“Tadi memang belum terasa capeknya. Apalagi pertandingan tadi berjalan singkat. Makanya, usai bertanding saya meneruskan untuk latihan lagi," ujar Ginting.

Diluar atmosfer pertandingan yang belum memanas, Ginting justru berusaha beradaptasi dengan lapangan, baik arah angin dan tata lampu lapangan.

“Saya harus bisa beradaptasi dan memanfaatkan pertandingan ini sebaik mungkin. Ini untuk bekal menghadapi pertandingan berikutnya yang pasti lebih berat,” aku Ginting.

Senada dengan Ginting, Putri KW yang memenangkan laga kedua merasa senang akhirnya bisa menyumbang angka untuk Indonesia dalam debutnya di BAMTC 2023.

Baca Juga

Putri KW mengungkapkan bahwa dirinya memanfaatkan lawan yang kualitasnya jauh di bawahnya untuk melatih pukulan dan feeling bertanding di Dubai Exhibition Centre.

“Kesan pertama kali main di kejuaraan beregu campuran, ya sama saja seperti kejuaraan beregu lainnya. Saya senang bisa menyumbangkan angka kemenangan buat Indonesia,” ujar Putri KW.

Baca Juga

“Saya tentu senang dan bersyukur alhamdulillah. Harus diakui, tadi kualitas lawan juga masih jauh. Tadi saya manfaatkan untuk mengenakan pukulan dan feeling saja,” tambahnya.

Hingga berita ini diturunkan, Indonesia sudah memastikan kemenangan sempurna atas Lebanon dengan skor 5-0. Tiga partai tersisa seluruhnya berakhir untuk kemenangan tim Merah Putih.

Selanjutnya, Indonesia masih akan memainkan pertandingan kedua di hari yang sama. Suriah akan jadi lawan berikutnya, di mana akan dilangsungkan pukul 20.00 WIB.

Baca Juga
Anthony Sinisuka GintingLebanonBulutangkisPutri Kusuma WardaniBerita BulutangkisBadminton Asia Mixed Team Championship

Berita Terkini