x

Menghitung Kans Juara Bhayangkara FC di 3 Laga Sisa

Sabtu, 28 Oktober 2017 18:04 WIB
Penulis: Prio Hari Kristanto | Editor: Galih Prasetyo
Bhayangkara FC berhasil mengungguli Persiba Balikpapan dengan skor 3-2.

Bhayangkara FC meraih kemenangan atas Persela Lamongan dengan skor 3-1 pada pertandingan Liga 1 di Stadion Patriot, Jumat (27/10/2017). Hasil ini membuat Bhayangkara kembali duduk di puncak klasemen sementara melangkahi tim kuat PSM Makassar dengan catatan 20 menang, 2 seri, dan 9 kalah.

Baca Juga

Memasuki pekan ke 32, persaingan di 3 besar Liga Gojek Traveloka Liga 1 semakin ketat. Jarak antar ketiga tim teratas saat ini tidak lebih dari 3 poin. Saat ini ada tiga tim yang bepeluang keluar sebagai juara di akhir musim, yaitu Bhayangkara FC (62 poin), PSM Makassar (61 poin), dan Bali United (59 poin). itu artinya, tiap pertandingan sangat menentukan dan terpeleset sedikit saja, maka gelar juara bisa melayang. 

Bagi Bhayangkara FC yang saat ini duduk di peringkat pertama, tentunya peluang juara akan lebih besar. Jika bisa memenangkan 3 pertandingan sisah, maka dipastikan tim besutan Steve McMenemy tersebut keluar sebagai juara Liga 1. 

Selebrasi pemain Bhayangkara FC atas gol yang dicetak Otavio Dutra. Herry Ibrahim/INDOSPORT.

Akan tetapi, meraup poin penuh di 3 laga pamungkas bukanlah perkara yang mudah karena lawan yang akan dihadapi memiliki performa yang apik pula di musim ini.
  
Tiga pertandingan krusial yang mesti dijalankan oleh Bhayangkara FC tersebut adalah menghadapi Mitra Kukar (3/11/17), Persija Jakarta (10/11/17), dan laga tunda melawan Madura United. 

Di atas kertas, dua dari tiga tim lawan sisah Bhayangkara, yaitu Persija dan Madura, memiliki kans cukup besar sebagai batu sandungan dalam merenggut gelar juara. Baik Persija maupun Madura merupakan tim papan atas dengan Persija di peringkat ke 6 dan Madura di peringkat ke 5. 


1. vs MItra Kukar

Skuat Bhayangkara FC saat melawan Persela Lamongan.

Mitra Kukar tampil tak terlalu istimewa musim ini. Tim dari Kutai Kartanegara ini bercokol di peringkat 10 klasemen sementara. Parahnya, dalam 5 pertandingan terkhir, Tim Naga Mekes hanya mampu meraup 3 poin. Terakhir, tim ini dihajar Persib dengan skor 3-1 setelah sebelumnya dicukur Pusamania 0-4. 

Jika ingin juara, Bhayangkara wajib untuk bisa menang alias meraup 3 poin melawan Mitra Kukar karena di atas kertas, mereka sanggup menghalahkannya. Dari tiga lawan sisah, Mitra Kukar adalah yang paling lemah. Walau begitu, Bhayangkara tetap mesti mewaspadai  kelihaian dari striker haus gol Mitra Kukar, Marclei Santos, yang saat ini telah mencetak 22 gol.


2. vs Persija

Para penggawa Persija Jakarta menyanyikan lagu Salam Satu Jiwa bersama suporter usai pertandingan. Herry ibrahim/INDOSPORT

Persija saat ini merupakan salah satu tim yang memiliki penampilan baik di Liga 1. Sempat terseok di awal musim, saat ini tim besutan Stefano Chugurra tersebut ada d peringkat 6 dengan catatan 14 kali kemenangan, seri 10 dan kalah 7 kali. 

Tentunya hal ini mesti diwaspadai oleh Evan Dimas dan kawan kawan. Persija secara terang-terangan mengincar posisi 5 besar klasemen. Mereka pun memasang target 2 menang dan 1 seri di akhir laga sisah.

Di pertemuan pertama pun, Persija berhasil menang atas Bhayangkara dengan skor 1-0 atas Bhayangkara. Maka dari itu, akan ada aroma balas dendam pada pertandingan ini. 

Pada pertandingan pekan ke 33 ini, Bhayangkara masih akan berharap pada daya gedor dari striker yang belum lama ini dinatarulasi, Spasojevic dan kreativitas lini tengah yang digalang oleh Evan Dimas yang juga disokong kecepatan dari Ilham Udin Armaiyn. 

Di lini belakang, Otavio Dutra pun diharapkan siap menghadang pergerakan striker gaek Bambang Pamungkas yang pekan lalu mencetak 2 gol spektakuler ke gawang Semen Padang.

Di sisi Persija, mereka masih akan mengandalkan ketajaman dari trio penyerang mereka yaitu Bruno Lopes, Rudi Widodo dan Bambang Pamungkas. Patut diingat, Persija juga merupakan salah satu tim dengan angka kebobolan paling sedikit. Hal ini akan menjadi PR bagi Spasojevic dan Paulo Sergio.  

Selain itu, Walau dapat kesempatan bermain di kandang, Bhayangkara juga mesti waspada karena dukungan dari tim lawan diperkirakan akan lebih banyak mengingat stadion yang digunakan adalah Patriot Candrabhaga yang musim ini juga digunakan sebagai markas Persija. haisl seri sepertinya sangat mungkin terjadi di pertandingan ini.  


3. vs Madura United

Suporter Madura United di Stadion Si Jalak Harupat.

Madura United merupakan tim yang kerap menunjukan penampilan stabil. Dalam 8 pekan terakhir, Madura United masih belum terkalahkan dengan rincian rekor 5 menang dan 3 seri. Walau sempat timbul kekhawatiran atas absennya Peter Odemwingie di sejumlah pertandingan, ternyata Madura tetap bisa tampil baik. 

Perang taktik akan tersaji ketat pada pertandignan ini. Pelatih Gomes De Oliviera dikenal lihai dalam membaca dan merubah alur pertandingan. Steve McMenemy mesti waspada terhadap taktik dan strategi-strategi dari Gomes De oliviera. 

Selain itu, striker andalan Madura United, Peter Odemwingie, pun sudah kembali merumput setelah diisukan cedera. Dengan begitu, maka daya gedor Madura United pun akan kembali mengganas. Greg Nwokolo dkk tentunya juga ingin mengakhiri rekor 3 kali seri beruntun mereka dengan sebuah kemenangan. 

Jika ingin menang dan juara, maka kemenangan atas Madura United adalah krusial bagi Bhayangkara. Selain Odemwingie, pemain-pemain yang perlu diwaspadai adalah Dane Milovanovic serta gelandang Bayu Gatra

Persija JakartaMadura United FCBhayangkara FCLiga 1

Berita Terkini