x

4 Eks Bintang Timnas Indonesia yang Dibekuk Polisi karena Tersandung Kasus Narkoba

Selasa, 27 Maret 2018 13:50 WIB
Editor: Prio Hari Kristanto
Isnan Ali

Nama mantan pemain Timnas Indonesia, Andika Yudistira Lubis, tengah kencang didengungkan karena kasus perampokan dan percobaan pemerkosaan. Sebelum hal ini, ternyata Andika juga sempat melakukan tindakan kriminal lainnya, yaitu kasus kepemilikan obat-obatan terlarang.

Sepakbola merupakan salah satu olahraga yang sangat mengharamkan pemainnya menggunakan obat-obatan terlarang. Citra sepakbola sebagai cabang olahraga yang mementingkan kesehatan fisik sering tercoreng akibat ulah sejumlah pemain yang terjerat dalam kasus narkoba.

Baca Juga

Meski demikian, tak sedikit pesepakbola yang justru salah mengartikan kesehatan fisik tersebut. Sejumlah pesepakbola rela menggunakan cara-cara yang tidak fair seperti penggunaan doping dan obat-obatan lain yang berfungsi meningkatkan daya tahan tubuh dan kemampuan fisik.

Persoalan narkoba ini juga kerap menimpa pesepakbola tanah air. Jauh sebelum Andika, sejumlah eks bintang timnas kedapatan pernah tersandung kasus obat-obatan terlarang. Walau begitu tak semuanya terbukti memakai. Berikut ini INDOSPORT rangkum 4 eks pemain timnas yang pernah tersangkut kasus narkoba.


1. Mursyid Effendi

Mursyid Effendi

Dua tahun setelah Mursyid mempermalukan nama Indonesia saat mencetak gol bunuh diri dalam laga "Sepakbola Gajah" melawan Thailand di Piala Tiger 1998. Dia menjadi salah satu pemain yang tersandung kasus narkoba pada 2000 silam bersama pemain PSM, Kuncoro, dan pemain Timnas, Kurniawan Dwi Yulianto.

Bahkan, Kuncoro mengaku Mursyid adalah orang yang memaksanya untuk gunakan sabu. Namun, tuduhan itu tidak terbukti karena Mursyid, sama seperti Kurniawan, bersih usai tes urine.


2. Andika Yudhistira Lubis

Andika Yudhistira Lubis.

Pada 2013-2014 lalu, Andika pernah diamankan Polda Sumut dengan kasus kepemilikan tiga butir pil ekstasi. Saat itu Andika harus menjalani hukuman sembilan bulan penjara.

Andika sendiri adalah anggota Timnas Indonesia yang berlaga di SEA Games Laos 2009. Andika berposisi sebagai striker berdampingan dengan Airlangga Sucipto. 


3. Isnan Ali

Isnan Ali

Eks pemain Timnas Indonesia ini dinyatakan positif mengonsumsi narkoba jenis sabu dan menjadi tersangka pada September 2013 lalu. Isnan ketahuan karena dipaksa lakukan tes urine oleh Badan Narkotika Nasional (BNN) usai menggelar pesta sabu bersama tiga rekannya di Jakarta.

Meski demikian Isnan Ali tidak ditahan melainkan hanya wajib lapor. Dia menjalani rehabilitasi dan setelah dinyatakan bersih Isnan Ali boleh bermain sepakbola lagi.


4. Kurniawan Dwi Yulianto

Kurniawan Dwi Yulianto.

Pemain yang dijuluki 'Si Kurus' itu dituduh Kuncoro menggunakan sabu di Hotel Wetan Surabaya pada 1997 silam. Hal itu dilakukan sehari sebelum PSM bertarung di kandang Petrokimia Putra Gresik.

Akan tetapi, usai melakukan serangkaian tes dan pemeriksaan, Kurniwan dinyatakan tidak bersalah. Sehingga dirinya bisa melanjutkan karier sepakbolanya.

Kurniawan Dwi YuliantoIsnan AliTimnas IndonesiaLiga Indonesia

Berita Terkini