x

Termasuk dari Spanyol, Ini 3 Kekalahan Terbesar yang Pernah Dialami Argentina

Rabu, 28 Maret 2018 08:22 WIB
Penulis: Arief Tirtana | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
Para pemain Argentina tertunduk lesu.

Bertandang ke kota Madrid, Timnas Argentina harus mengakui kekuatan tuan Rumah Spanyol, Rabu (28/03/18) dini hari WIB tadi. Tidak tanggung-tanggung, La Abiceleste harus rela gawangnya dibombardir lewat gelontoran setengah lusin gol oleh Diego Costa dan kawan-kawan.

Meski tampil tanpa megabintang yang sekaligus kapten tim, Lionel Messi, kekalahan 1-6 ini jelas sangat memalukan bagi negara seperti Argentina yang memiliki banyak pemain-pemain top dunia.

Namun jika menilisik ke belakang, skor 1-6 yang merupakan rekor kekalahan terbesar Timnas Argentina tersebut bukan kali pertama ini mereka rasakan. Setidaknya ada beberapa pertandingan lain yang juga berakhir memalukan dengan skor serupa yang pernah di alami Tim Tango, seperti yang dirangkum oleh INDOSPORT.


1. Ceko Slovakia 6-1 Argentina (1958)

Ceko Slovakia 6-1 Argentina.

Pada Piala Dunia 1958 yang berlangsung di Swedia, Timnas Argentina harus menelan pil pahit. Bukan lantaran negara tetangganya Brasil menjadi juara, namun karena dalam gelaran kali itu, Tim Tango harus mengalami kekalahan terbesar pertama mereka sepanjang sejarah.

Baca Juga

Mengahadapi Ceko Slovakia dalam pertandingan fase Grup, Argentina yang kala itu dipimpin kapten Pedro Dellacha harus menyerah dengan skor telak 1-6.

Gelontoran enam gol ke gawang Amadeo Carrizo, masing-masing dicetak oleh Milan Dvorak, Jiri Feureisl, Zdenek Zikan dua gol, dan Vaclav Hovorta dua gol. Sementara satu gol hiburan Argentina dicetak oleh Omar Corbatta.

Kekalahan 1-6 tersebut menjadi kekalahan terbesar pertama Argentina dan bertahan sampai lebih dari 50 tahun sebelum terulang lagi kala menghadapi Bolivia.


2. Bolivia 6-1 Argentina (2009)

Lionel Messi bertekuk lutut di hadapan pemain Bolivia.

Dalam lanjutan pertandingan kualifikasi Piala Dunia 2010, Argentina harus menghadapi Tim semenjana Amerika Selatan, Bolivia.

Menghadapi Bolivia yang saat itu berada dalam rentetan hasil negartif, Argentina sebenarnya membutuhkan tiga poin penuh untuk segera mungkin memastikan lolos ke Afrika Selatan. Namun secara mengejutkan Lionel Messi dan kawan-kawan harus bertekuk lutut dengan skor telak 1-6.

Argentina yang kala itu diperkuat banyak pemain bintang, mulai dari Lionel Messi, Javier Zanetti sampai Carlos Tevez tidak mampu berbuat banyak, lantaran terkendala tipisnya oksigen di Stadion Hernando Siles yang berada di ketinggian 3.640 meter di atas permukaan laut (dpl).

Kondisi stadion tersebut memang acap kali menjadi musuh utama, para tim yang bertandang menghadapi Bolivia.


3. Spanyol 6-1 Argentina (2018)

Argentina pasca ditelan kekalahan 1-6 oleh Spanyol.

Bertajuk laga persahabatan, laga dua negara berbahasa Spanyol ini sejatinya penting dalam rangka persiapan mereka menyambut Piala Dunia 2018 yang hanya tinggal dua bulan lagi.

Buat Argentina yang bersatus sebagai tim tamu, mereka sebenarnya datang dengan modal lebih baik setelah sebelumnya menang atas Italia dengan skor 2-0, sementara tim tuan rumah Spanyol hanya bermodal hasil imbang 1-1 usai lawatan mereka ke Jerman.

Mengandalakan Gonzalo Higuan, lini depan Argentina justru tampil tumpul. Semakin buruk saat lini belakang mereka justru melempem dibombardir Diego Costa dan kawan-kawan.

Baca Juga

Tanpa ampun Tim Matador berhasil mencetak setengah lusin gol ke gawang Argentina yang dikawal dua penjaga gawang berbeda dalam pertandingan itu, Sergio Romero dan Willy Caballero.

Saking tumpulnya lini depan La Abiceleste, satu gol hiburan yang mereka dapat, jutru dicetak pemain belakang asal klub Manchester City, Nicolas Otamendi.

SpanyolArgentinaLionel MessiBoliviaBola Internasional

Berita Terkini