x

Adu Juggling dengan Beckham, Ini Sosok Reno Salampessy, Bocah Papua Jebolan Akademi Barcelona

Kamis, 29 Maret 2018 15:34 WIB
Editor: Yohanes Ishak

Belum lama ini, penggemar sepakbola Indonesia kembali dihebohkan dengan kehadiran legenda sepakbola dunia, David Beckham yang tengah hadir ke Tanah Air.

Bagaimana tidak? Nama pemain yang pernah bermain bagi Manchester United, Real Madrid, AC Milan, LA Galaxy, hingga Paris Saint-Germain (PSG) ini memang sudah sangat melekat dengan sepakbola.

Tidak hanya itu, nama David Beckham juga sudah dikenal sangat meluas, sehingga kemanapun ia berada, pastinya akan selalu ramai dibicarakan.

Apalagi, baru-baru ini ayah dari empat orang anak ini juga sempat adu juggling dengan bocah 10 tahun asal Papua, Reno Salampessy. Jika mendengar atau melihat Beckham melakukan juggling atau mengolah si kulit bundar mungkin sudah biasa.

Lalu bagaimana dengan Reno Salampessy? Sosok yang satu ini pastinya perlu menjadi sorotan, karena bukan tidak mungkin kelak ia juga akan menjadi pemain masa depan Indonesia.

Baca Juga

1. Anak dari Ricardo Salampessy

Reno (kiri) dan Ricardo Salampessy.

Reno Salampessy merupakan anak berusia 10 tahun yang berasal dari Papua. Jika mendengar nama marga serta tempat asal kelahirannya, penggemar sepakbola Indonesia sejati pastinya langsung bisa menebak, jika Reno adalah anak dari Riccardo Salampessy.

Ya, Riccardo Salampessy pernah melambungkan namanya di tahun 2006 hingga 2010 lalu, bersama klubnya Persipura Jayapura, serta Timnas Indonesia.

Bermain sebagai bek kanan, Riccardo tidak hanya jago dalam bertahan, tetapi juga piawai dalam membantu serangan timnya ke gawang lawan.


2. Pernah ke Barcelona

Reno Salampessy saat latihan di La Masia.

Pada pertengahan tahun 2017 lalu, Reno Salampessy bersama empat anak berbakat lainnya, yakni Fadhilah Rafie dan Saubyhaky Putra Pratama yang berasal dari Depok, Muh. Mufli Hidayat dari Makassar, serta Ashari dari Jakarta.

Reno bersama keempat temannya ini berhasil memenangkan kompetisi bertajuk Milo Road to Barcelona, di mana kompetisi tersebut diikuti oleh ribuan anak dari usia 6 hingga 12 tahun.

Bersama keempat rekannya itulah Reno Salampessy pernah ke Barcelona untuk mengikuti akademi sekolah sepakbola di Barcelona yang terkenal dengan nama La Masia.

Bagi penggemar sepakbola sejati, tentu tahu betul jika La Masia sudah banyak menghasilkan pemain berbakat.

Nama-nama seperti Gerard Pique, Andres Iniesta, Xavi Hernandez, Thiago Alcantara, Cesc Fabregas, hingga Lionel Messi merupakan contohnya.

Bukan tidak mungkin jika nantinya Reno Salampessy dapat menunjukkan kiprahnya, bahkan dapat melambungkan namanya lebih tinggi daripada sang ayah.


3. Sang Ayah Bukan Idolanya

Ricardo Salampessy, bek senior Persipura Jayapura.

Meski Riccardo Salampessy adalah ayahnya dan sudah dikenal sebagai pesepakbola yang telah melegenda di Tanah Air, namun pada kenyataannya Reno tidak mengidolakan sang ayah.

Ia justru lebih mengidolakan gelandang serang asal Papua lainnya, Yohannes Ferinando Pahabol yang di musim 2018 ini membela Persebaya Surabaya.

“Saya suka dengan Yohannes Ferinando Pahabol, tubuhnya kecil tapi justru mampu mempersulit lawan-lawannya di lapangan,” tutur Reno dilansir Kompas.

Mantan Pemain Persipura, Yohanes Pahabol yang kini bermain bagi Persebaya.

Kendati demikian, Reno mengaku bangga dengan status sang ayah yang namanya telah dikenal sebagai salah satu pesepakbola terbaik di Indonesia.

“Senang kalau dengar orang-orang membicarakan ayah saya,” tambahnya.

BarcelonaDavid BeckhamPersipura JayapuraLa MasiaRicardo SalampessyBola InternasionalLiga Indonesia

Berita Terkini