x

Pecahkan Tradisi Barcelona Demi Iniesta, Bukti Ketidakegoisan Lionel Messi

Minggu, 22 April 2018 15:02 WIB
Editor: Gerry Crisandy
Lionel Messi memecahkan tradisi Barcelona demi Andres Iniesta, bukti ketidakegoisan La Pulga.

Kemenangan impresif 5-0 Barcelona saat menumbangkan Sevilla di laga final Copa del Rey mengantarkan Azulgrana ke titel Copa keempat beruntunnya.

Suka cita para pemain dan penggemar Barcelona, bagaimanapun, juga dibumbui dengan haru dan air mata saat kapten sekaligus legenda Blaugrana, Andres Iniesta meninggalkan lapangan tiga menit jelang bubaran.

Laporan akhir-akhir ini mengklaim bahwa pertandingan ini akan menjadi final terakhir Iniesta dalam balutan seragam corak biru-merah Barcelona.

Tapi apa yang dilakukan Lionel Messi saat pengangkatan trofi -- yang hingga merusak tradisi klub Catalan tersebut -- untuk menunjukkan apresiasinya pada Iniesta, menjadi sorotan.

Baca Juga

1. Iniesta Hadir Sejak Debut Messi

Andres Iniesta telah menjadi panutan Lionel Messi di atas lapangan.

Messi dan Iniesta sama-sama berada di daftar pencetak gol di pertandingan tersebut -- bersama Luis Suarez dan Philippe Coutinho.

Iniesta, di samping Xavi Hernandez, merupakan pemain yang dapat disebut paling mempengaruhi karier Messi.

Iniesta telah berada di lapangan sebagai pemain utama saat Messi menjalani debutnya hampir 14 tahun lalu, tepatnya 16 Oktober 2004.

Iniesta menjadi salah satu pemain yang paling banyak memberikan assists pada Messi dalam karier bintang Argentina tersebut.

Secara singkat, Iniesta adalah panutan Messi di lapangan, yang membimbingnya hingga menjadi salah satu pemain terbaik di dunia sepanjang masa sekarang ini.

Untuk menunjukkan apresiasinya pada sang legenda, Messi pun sampai memecahkan tradisi Barcelona.


2. Pecahkan Tradisi Demi Iniesta

Andres Iniesta sendirian mengangkat trofi Copa Del Rey, tidak seperti tradisi Barcelona sebelum-sebelumnya.

Biasanya, dua kapten Barcelona -- kapten dan wakil kapten -- selalu maju dan mengangkat trofi bersama di atas podium.

Dan hal yang serupa seharusnya menjadi tanggung jawab Messi dan Iniesta saat menerima trofi Copa del Rey dini hari tadi.
Namun Messi memutuskan bahwa malam itu adalah malam spesial untuk Iniesta.

La Pulga membiarkan Iniesta mengangkat trofi itu sendirian, membuat momen tersebut menjadi perpisahan tak terlupakan jika Iniesta benar-benar hengkang di akhir musim.

Messi bisa saja ikut mengangkat trofi untuk membuatnya berada di halaman depan pemberitaan koran atau televisi.

Tapi seperti yang kerap kita dengar mengenai pemenang lima gelar Ballon d'Or ini, tim selalu menjadi yang utama di matanya.


3. Berkarier di Tiongkok?

Andres Iniesta akan mengumumkan keputusan terkait masa depannya di pekan ini.

Iniesta yang mengaku akan segera mengumumkan keputusannya di pekan ini, telah membela Barceona sejak 1996, membuatnya menjadi salah satu pemain yang paling loyal, terutama di era modern ini.

Salah satu Presiden Perusahaan Sponsor klub asal China, Chongqing Dangdai, bahkan mengaku percaya diri akan segera mengumumkan Iniesta sebagai bintang baru divisi utama sepakbola Tiongkok.

"Saya positif dalam memperkenalkan Iniesta," tutur Gong Daxing, dikutip dari agensi berita, Xinhua.

BarcelonaLionel MessiAndres IniestaSevillaCopa del ReyLiga Spanyol

Berita Terkini