x

3 Keuntungan Persib Pindah dari Stadion Mandala ke Batakan

Sabtu, 6 Oktober 2018 14:23 WIB
Penulis: Luqman Nurhadi Arunanta | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo

INDOSPORT.COM – Pertandingan sepak bola pekan ke-24 kasta tertinggi Liga Indonesia, Gojek Liga 1 2018 antara Persib Bandung vs Madura United, Selasa (09/10/18) resmi dipindah ke Stadion Batakan, Balikpapan.

Pada awalnya, laga tersebut sempat direncanakan bakal digelar di Stadion Mandala, Jayapura. Menindaklanjuti surat klub Persib Bandung Nomor: 13/DIR-PBB/X/2018, PT Liga Indonesia Baru (PT LIB) akhirnya menetapkan venue pertandingan Persib vs MU di Stadion Batakan.

Meskipun terkesan membingungkan dan berubah-ubah, keputusan tersebut memiliki nilai positif. Kepindahan Maung Bandung dari Stadion Mandala memberikan sejumlah keuntungan tersendiri.

Baca Juga

Keuntungan tersebut ditinjau dari aspek kualitas, atmosfer, dan jarak tempuh ke stadion. Hal itu dinilai dapat memberikan kemenangan bagi Persib untuk mengamankan peluang meraih juara Liga 1 2018.


1. Kualitas Stadion yang Bagus

Pelatih Persib Bandung, Roberto carlos Mario gomez.

Stadion Batakan merupakan stadion baru di Pulau Kalimantan dengan kapasitas 40.000 penonton. Markas Persiba Balikpapan di kompetisi Liga 2 itu memiliki arsitektur yang modern.

Selain itu, pelatih Persib, Mario Gomez, ternyata jatuh hati kepada Stadion Batakan. Sebelum laga melawan Borneo FC di pekan ke-22 Liga 1 2018, ia pernah mengungkapkan kekagumannya terhadap Stadion Batakan.

Baca Juga

Pelatih asal Argentina itu memuji kualitas rumput dan fasilitas yang dimiliki oleh stadion kebanggaan warga Balikpapan tersebut.

"Saya suka dengan stadion ini (Batakan), rumputnya juga bagus. Ini tentu hal yang positif bagi tim kami. Saya tidak terlalu tahu soal pindah ke sini, tapi yang jelas saya suka di sini," kata Gomez mengutip dari laman resmi Persib.


2. Pengalaman Manis Pada Laga Terakhir di Batakan

Persib Bandung vs Borneo FC

Kepindahan Persib dari Stadion Mandala ke Batakan memunculkan nostalgia tersendiri bagi tim Maung Bandung. Terakhir bermain di sana, Persib berhasil mendulang poin sempurna saat berhadapan dengan Borneo FC di pekan ke-22 Liga 1 2018.

Pesut Etam yang harus terusir dari Samarinda di laga tersebut takluk dengan skor tipis 0-1. Maung Bandung berhasil menang berkat gol semata wayang Ghozali Siregar di menit ke-82.

Baca Juga

Hasil itu tentu menjadi kenangan sekaligus keuntungan bagi skuat Persib. Setidaknya mereka telah hafal dengan atmosfer stadion berkapasitas 40.000 penonton itu.

Selain itu, sejak 2017 Persib ternyata belum pernah mengalami kekalahan di Stadion Batakan. Rekor tersebut melengkapi optimisme pasukan Mario Gomez menatap laga melawan Madura United nanti.


3. Lokasi yang Tidak Jauh dari Pulau Jawa

Beberapa pemain Persib beristirahat, setelah menjalankan program latihan di Sport Jabar Arcamanik, Kota Bandung, Rabu (29/08/2018).

Dibandingkan dengan bermain di Stadion Mandala, Persib lebih diuntungkan dari segi waktu tempuh apabila bermarkas di Stadion Batakan.

Perjalanan menuju Balikpapan tentu lebih singkat daripada ke Jayapura. Skuat Persib setidaknya hanya membutuhkan waktu 3 jam untuk dapat sampai ke Balikpapan dari Bandung menggunakan pesawat terbang.

Baca Juga

Dengan jarak tempuh yang relatif lebih singkat, para pemain dapat memanfaatkan waktu untuk menyusun strategi dan beradaptasi lebih lama dengan lokasi pertandingan.

Selain itu, mereka juga tidak akan dilanda kelelahan akibat perjalanan yang begitu panjang. Dengan demikian, anak asuhan Mario Gomez dapat tampil maksimal saat menjamu Madura United.

Supriadi Akan Belajar Sepak Bola di Liverpool

Terus Ikuti Berita Sepak Bola Liga Indonesia Lainnya Hanya di INDOSPORT

Persib BandungLiga IndonesiaStadion BatakanStadion MandalaLiga 1TRIVIA

Berita Terkini