x

3 Hal yang Wajib Dibenahi Timnas Indonesia U-19 Usai Menghajar Yordania

Minggu, 14 Oktober 2018 13:55 WIB
Editor: Rafif Rahedian
Skuat Timnas Indonesia U-19 melawan Yordania.

INDOSPORT.COMTimnas Indonesia U-19 baru saja menerohkan hasil sempurna saat menjalani pertandingan uji coba jelang Piala Asia U-19 2018 kontra Yordania U-19 pada Sabtu (13/10/18).

Bermain di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Timnas Indonesia U-19 sukses menumbangkan Yordania dengan skor tipis 3-2. Ini pun menjadi kemenangan pertama Timnas Indonesia U-19 setelah menuai hasil buruk dalam tiga laga terakhir.

Meski berhasil menorehkan kemenangan, pelatih Indra Sjafri mengaku bahwa permainan anak asuhnya masih harus diperbaiki. Karena tentunya persaingan di Piala Asia U-19 2018 nanti akan lebih berat.

Baca Juga

Kini, INDOSPORT mencoba merangkum 3 hal yang wajib dibenahi Timnas Indonesia U-19 sebelum bertarung di Piala Asia U-19 2018 mendatang.


1. Konsentrasi

Skuat Timnas U-19 saat berdoa.

Tak hanya soal kemampuan dan taktik, permainan sepak bola juga membutuhkan konsentrasi. Jika para pemain tak menjaga konsentrasinya selama 90 menit, maka kemenangan pun tak jadi jaminan.

Itu lah yang dirasakan Timnas Indonesia U-19 saat ini. Seperti yang diketahui, mereka mampu unggul 3-0 lebih dulu, namun pemain lawan bisa mencetak dua gol akhir-akhir laga. Beruntung, Timnas U-19 tetap menorehkan kemenangan.

Indra Sjafri pun membenarkan jika dirinya akan memperbaiki konsentrasi anak asuhnya. “Ada hal-hal yang harus kita perbaiki terutama setelah 3-0, karena para pemain sedikit kurang fokus di pertahanan,” ujarnya.


2. Kurangi Melakukan Pelanggaran

Uji coba Indonesia vs Saudi Arabia.

Timnas Indonesia U-19 harus lebih berhati-hati dalam mengambil keputusan saat berduel dengan pemain lawan. Karena dalam dua pertandingan terakhir, pelanggaran yang dilakukan para pemain Timnas Indonesia U-19 lebih banyak ketimbang lawannya.

Pada laga Timnas Indonesia U-19 vs Arab Saudi, skuat Garuda Nusantara melanggar pemain lawan sebanyak 13 kali. Sedangkan saat melawan Yordania U-19, Firza Andika dkk justru melakukan pelanggaran lebih banyak, yakni mencapai 15 kali.

Indra Sjafri pun sempat mengakui jika para pemain Timnas Indonesia U-19 melakukan banyak pelanggaran. "Secara keseluruhan pertandingan tadi anak-anak bermain bertahan serta masih banyak melakukan pelanggaran,” ujarnya usai menghadapi Arab Saudi U-19.


3. Atasi Tekanan Lawan

Perebutan bola di lini tengah.

Timnas Indonesia U-19 memang masih belum mampu memecahkan situasi saat sedang ditekan oleh lawan. Hal itu mereka rasakan saat kebobolan dua gol dari Yordania U-19 di akhir-akhir pertandingan.

Padahal saat itu situasinya Timnas Indonesia U-19 tengah memimpin dengan skor 3-0. Namun, mereka tak mampu keluar dari tekanan para pemain Yordania U-19, yang membuatnya melakukan sejumlah kesalahan di lini pertahanan.

Baca Juga

“Begitu ditekan, (pemain Timnas U-19) kurang bisa keluar dari teknanan lawan sehingga ada beberapa kesalahan yang terjadi di daerah sepertiga lapangan kita," ucap Indra selepas laga.

Terus Ikuti Berita Sepak Bola Indonesia Lain Serta Serba-serbi Timnas Indonesia U-19 di INDOSPORT.COM.

Indra SjafriTimnas u-19YordaniaBola InternasionalTimnas Indonesia U-19TRIVIA

Berita Terkini