x

Soal Match Fixing, Begini Komentar Menohok Pelatih Perseru Serui

Sabtu, 8 Desember 2018 20:48 WIB
Penulis: Sudjarwo | Editor: Arum Kusuma Dewi
Pelatih Perseru Serui, Wanderley Junior saat bersama pemainnya, Samuel Reimas di sesi konferensi pers jelang laga.

INDOSPORT.COM - Pelatih Perseru Serui, Wanderley Junior angkat bicara soal maraknya match fixing yang sedang menghantui dunia sepak bola Indonesia. Menurutnya, semua tim kontestan harus menyelamatkan sepak bola Indonesia dari bahaya laten tersebut di laga terakhir kompetisi Liga 1 2018. 

Pasalnya, Wanderley juga mengaku gerah dengan kondisi persepakbolaan Indonesia saat ini, di mana semakin gencar isu kejahatan pengaturan skor menguak ke permukaan.

"Banyak orang bicara melihat ada match fixing dan kita tidak mengerti dengan itu. Saya 13 tahun di Indonesia dan manusia yang benar dan salah tergantung apa yang kita lihat di depan. Kita hanya perlu menyelamatkan sepak bola Indonesia di laga terakhir," ungkap Wanderley saat sesi konferensi pers jelang laga, Sabtu (08/12/18).

Baca Juga

"Saya tetap pilih apa yang saya pilih dengan dan dari mana saya bermain dan saya tidak peduli dengan apa yang dilakukan di lapangan dan kita lihat bahwa wasit di Indonesia juga kurang bagus, dan saya sedikit kecewa dengan itu," sambungnya.


1. Bela Profesionalitas

Arema FC vs Perseru Serui dalam lanjutan laga Liga 1.

Meski begitu, Wanderley mengaku jika isu-isu yang ramai terdengar soal match fixing tidak lantas harus dijadikan sebuah alasan untuk menjawab kegagalan dan berimbas pada konsentrasi tim.

Karena menurutnya, nilai-nilai profesionalitas yang harus selalu tertanam dalam jiwa pelaku sepak bola yang tak pernah terlibat dalam perbuatan-perbuatan kotor.

"Kita tidak pernah membela atau membantu tim manapun, tapi kita perlu bela profesionalitas kita dan kita harus bicara fakta dulu."

"Jadi ini mungkin tidak seperti yang dibicarakan orang. Karena banyak komentar tanpa bukti dan mereka sekarang semua takut pada semua orang karena akan menimbulkan kecurigaan. Tapi kita dalam lapangan tetap saling respek dan tetap bermain sportif," tuturnya.

Baca Juga

Pelatih asal Brasil ini menambahkan, sudah saatnya semua pihak saling menginstrospeksi diri, tentang apa kekurangan dan kelebihan dalam persepakbolaan Indonesia.

"Kapan Indonesia bisa maju 100 persen dengan komentar-komentar yang sumbang? Semua harus tahu kekurangan dan kelebihan sepak bola Indonesia dan juga semua harus tahu apa yang harus diperbaiki," pungkasnya. 

Terus Ikuti Berita Sepak Bola Liga Indonesia dan Berita Olahraga Lainnya Hanya di INDOSPORT

Perseru SeruiLiga IndonesiaWanderley Santos Monteiro JuniorLiga 1

Berita Terkini