x

Kalem di Bursa Transfer, Persib Sudah Kehilangan 6 Pemain Andalannya

Sabtu, 12 Januari 2019 11:01 WIB
Penulis: Tiyo Bayu Nugroho | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
Logo Persib Bandung.

INDOSPORT.COM - Pada bursa transfer Liga 1 2019, salah satu klub besar sepak bola Indonesia, Persib Bandung tampaknya masih kalem. Padahal Persib sudah kehilangan enam pemain andalannya.

Persib Bandung baru memperkenalkan dua pemain baru, yakni gelandang Srdan Lopicic (Montenegro) dan winger Esteban Vizcarra. Juga mempertahankan dua pemain asing, yakni Bojan Malisic dan Ezechiel N'douassel.

Pergerakan Persib di bursa transfer kali ini tak begitu menggeliat. Berbeda dengan para rival mereka, seperti Madura United, Persija Jakarta, hingga Borneo FC.

Baca Juga

Tetapi siapa yang menyangka kalau Persib Bandung telah ditinggal oleh sejumlah pilar andalan mereka pada Liga 1 2018. Tentu Persib harus segera mencari pemain pengganti yang bagus.

Lantas siapa saja pemain-pemain yang telah meninggalkan Persib Bandung jelang Liga 1 2019 ini?


1. 1. Jonathan Bauman

Jonathan Bauman merayakan golnya ke gawang Persija.

Pemain andalan pertama yang dilepas Persib Bandung adalah striker Jonathan Bauman. Pemain asal Argentina ini dilepas lantaran sikap dan perilaku Bauman di Lapangan.

"Sepertinya (tidak akan diperpanjang) dengan tingkah laku dia seperti itu," kata Direktur Keuangan PT Persib Bandung Bermartabat (PBB) Teddy Tjahjono, Desember 2018.

Bauman mampu mengemas 12 gol dari 26 partai di Liga 1 2018. Usai didepak, kini Bauman melanjutkan kariernya di Liga Super Malaysia bersama Kedah FA.

2. Oh In-Kyun

Geolandang serang Persib Bandung, Oh In-Kyun.

Kemudian ada gelandang Korea Selatan Oh In-Kyun yang juga meninggalkan Persib pasca Liga 1 2018 berakhir. Oh In-Kyun menyampaikan salam perpisahan lewat akun media sosial Instgram pribdinya.

"Bisa dibilang sudah selesai memainkan liga, meski untuk Piala Indonesia 2018/2019 masih berjalan. Kami akan evaluasi menyeluruh nantinya," tutur Komisaris PT Persib Bandung Bermartabat (PBB) Kuswara S Taryono, Desember 2018.

Oh In-Kyun telah mencetak tiga gol dan dua assist dalam 27 pertandingan ketika berseragam Persib. Kini Persib sedang mencari pengganti slot yang ditinggalkan Oh In-Kyun.


2. 3. Eka Ramdani

Eka Ramdani melakukan latihan bersama Persib Bandung.

Perginya para pemain Persib belum juga berakhir usai sang legenda Eka Ramdani juga ikut memutuskan pensiun dari dunia sepak bola Indonesia yang telah membesarkan namanya.

"Nanti saja. Saat ini saya ingin menyelesaikan kewajiban saya dulu bersama Persib," ungkap Eka Ramdani, Desember 2018.

Kini Eka Ramdani akan fokus dalam dunia sosial, tepatnya melakukan amal kepada orang-orang yang membutuhkan, seperti menggalang dana untuk korban tsunami Banten.

4. Victor Igbonefo

Victor Igbonefo (kiri) bersalaman dengan Boaz Solossa (kanan).

Kemudian bek naturalisasi Victor Igbonefo juga hengkang dari Persib. Igbonefo memilih pindah ke Liga 1 Thailand bersama PTT Rayong untuk musim 2019.

"Sampai saat ini, itu (Igbonefo) yang jadi pusing buat kami dan jadi diskusi apa ngambil dari Asia atau nyari dari lokal, ini yang jadi pertimbangan," ujar manajer Persib Umuh Muchtar.

Igbonefo menjadi salah satu pemain andalan Persib Bandung pada Liga 1 2018. Kini Persib tengah dirumorkan akan menggaet pemain asal Brunei Darussalam.


3. 5. Tony Sucipto

Tony Sucpito saat masih berseragam Persib Bandung.

Lebih lanjut bek kiri Persib Tony Sucipto juga ikut menyatakan hengkang. Tony mengaku usai kontraknya habis banyak klub yang menawarnya.

"Yang pasti untuk musim ini udah tidak lagi sama Persib. Salah satunya iya (tak diperpanjang), tapi kontrak juga habis," kata Tony Sucipto, Jumat (11/01/19).

Kabar kepergian Tony malah tak diketahui oleh manajer Persib Umuh Muchtar. Namun pastinya Persib telah mencari pengganti yang tepat.

6. Patrich Wanggai

Patrich Wanggai berlatih dengan Persib di Lapangan Sesko AD, Kota Bandung.

Lalu pemain yang akan meninggalkan Persib adalah striker asal Papua, yakni Patrich Wanggai. Dirinya belum dihubungi manajemen apakah diperpanjang atau tidak.

"Tidak tahu nih, belum tahu. Saya punya kontrak selesai tanggal 15 Januari. Mungkin lagi sibuk (manajemen)," kata Wanggai, Jumat (11/01/19).

Manajemen Persib sendiri rencananya akan mengumumkan daftar pemain yang dipertahankan dan dilepas untuk musim 2019, pada sesi latihan perdana yang akan digelar Senin (14/01/19).


4. 7. Atep Rizal

Pemain Persib, Atep.

Pemain terakhir yang kemungkinan akan meninggalkan Persib Bandung adalah Atep Rizal. INDOSPORT belum dapat memastikan bila Atep bertahan atau tidaknya. Namun yang pasti, kapten Persib ini kontraknya akan habis pada Februari mendatang.

"Kontrak sampai Februari. Belum ada tawaran dari klub lain. Soal perpanjang atau tidak, diserahkan kepada manajemen. Saya masih menunggu, " tambah Atep.

Atep sendiri memang merupakan pemain senior di Persib. Selain kerap ditugaskan sebagai kapten tim, Atep juga sudah 10 tahun membela seragam Maung Bandung. Total Atep membukukan 207 laga dan mengemas 25 gol sejauh ini.

Terus Ikuti Update Persib Bandung dan Berita Sepak Bola Indonesia Lainnya Hanya di INDOSPORT.COM.

Persib BandungVictor IgbonefoAtep RizalTony SuciptoToni SuciptoPatrich WanggaiEka RamdaniLiga IndonesiaLiga 1Oh In-KyunJonathan BaumanTRIVIA

Berita Terkini