x

Hati-hati! Ini 3 Hal yang Bisa Bikin Barcelona Tersandung oleh Lyon di Liga Champions

Selasa, 19 Februari 2019 16:01 WIB
Editor: Coro Mountana
Pertandingan Lyon vs Barcelona.

INDOSPORT.COM – Usai menang atas Real Valladolid di ajang La Liga Spanyol, Barcelona kini harus segera mengalihkan perhatiannya ke Liga Champions. Dalam ajang sepak bola paling bergengsi di Eropa itu, Barcelona akan ditantang oleh Lyon yang merupakan wakil Prancis.

Barcelona jelas sangat diunggulkan dalam pertandingan tersebut berkat keunggulan materi pemain dan pengalamannya bermain di Liga Champions. Terlebih Barcelona memiliki ambisi untuk menjadi juara setelah gagal di musim lalu.

Baca Juga

Barcelona hanya sampai di babak perempatfinal Liga Champions musim lalu usai disingkirkan oleh AS Roma. Padahal Barcelona sudah unggul 4-1 di leg pertama, tetapi mereka justru kalah di leg kedua dengan skor 0-3 yang membuat AS Roma lolos dengan aturan gol tandang.

Kesalahan-kesalahan di musim lalu tentu tak boleh lagi diulangi oleh Barcelona yang kini memiliki kedalaman skuat yang sangat baik. Akan tetapi jika tidak hati-hati, bisa jadi Barcelona dapat tesandung oleh Lyon di Liga Champions.

Baca Juga

Berikut INDOSPORT.com mencoba untuk mengulasnya dalam 3 hal yang bisa bikin Barcelona tersandung oleh Lyon di Liga Champions.


1. Terlalu Mengandalkan Lionel Messi

Lionel Messi

Seperti yang kita tahu Barcelona terlalu mengandalkan Lionel Messi dalam urusan mencetak gol ke gawang lawan. Hal itu dapat dilihat dari statistik yang menunjukan torehan gol Lionel Messi telah mencapai di angka 6 dalam ajang Liga Champions.

Baca Juga

Pemain terdekat yang mampu mendekati perbendaharaan gol Lionel Messi hanya Ousmane Dembele dengan dua golnya. Bahkan pemain lainnya hanya mampu mencetak satu gol seperti bek tengah, Pique.

Jika Lyon jeli, maka taktik yang bisa dipakai untuk meredam Barcelona adalah mematikan Lionel Messi. Jika Messi berhasil dijaga ketat, maka Barcelona pasti akan kesulitan untuk menciptakan ancaman ke gawang Lyon.


2. Cenderung Tidak Meyakinkan dalam Ajang Berformat 2 Leg

Sevilla vs Barcelona.

Barcelona di musim ini seperti memiliki kecenderungan untuk meremehkan lawan ketika bermain dalam format dua leg. Hal itu dapat ditelusuri dari ajang Copa del Rey musim ini di mana Barcelona terkesan seperti melepas leg pertama.

Baca Juga

Di babak 16 besar, Barcelona yang bertandang ke markas Levante di leg pertama harus mengalami kekalahan 1-2. Tetapi di leg kedua mereka berhasil menang dengan skor 3-0 sehingga Barcelona tetap mampu lolos ke babak selanjutnya.

Kebiasaan itu berlanjut ketika berad di perempatfinal Copa del Rey melawan Sevilla di mana mereka sempat kalah 0-2 terlebih dulu sebelun menang 6-1. Jika Barcelona tidak memperbaiki kebiasaan buruk itu, bukan tidak mungkin Lyon akan meraih kemenangan yang bersejarah dini hari nanti.


3. Barcelona Kerap Lemah dalam Antisipasi Para Pemain dengan Teknik Tinggi

Pemain Lyon Memphis Depay.

Tak seperti biasanya, Barcelona di musim ini begitu rapuh di lini pertahanan yang digalang oleh Pique dan Lenglet. Meski mereka tetap termasuk dalam deretan tim dengan kebobolan tersedikit, tetapi ada kelemahan yang terlihat di pertahanan Barcelona.

Hal itu adalah Barcelona yang kerap kesulitan melawan para penyerang lawan yang memiliki teknik olah bola yang sangat tinggi. Di Lyon sendiri, terdapat beberapa pemain yang memiliki teknik tinggi dan kecepatan yang dapat merepotkan Pique dan Lenglet.

Baca Juga

Para pemain Lyon yang miliki kemampuan teknik tinggi adalah Memphis Depay dan Bertrand Traore. Selain kedua sayap itu, penyerang tengah berusia 22 tahun bernama Moussa Dembele juga dibekali teknik tinggi dan siap untuk meneror pertahanan Barcelona.

Terus Ikuti Perkembangan Seputar Liga Champions dan Berita Olahraga Lainnya di INDOSPORT.COM.

BarcelonaLiga ChampionsOlympique LyonTRIVIA

Berita Terkini