x

3 Fakta yang Wajib Diketahui Jelang Persija vs Becamex di AFC Cup 2019

Selasa, 26 Februari 2019 11:05 WIB
Penulis: Subhan Wirawan | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
Pelatih Persija, Ivan Kolev saat memberi pengarahan.

INDOSPORT.COM - Klub sepak bola Indonesia, Persija Jakarta bakal melakoni partai perdana babak penyisihan grup AFC Cup 2019 kontra Becamex FC.

Jelang laga sengit tersebut terdapat beberapa hal dan fakta menarik yang wajib diketahui dari masing-masing kesebelasan.

Bertanding di stadion Gelora Bung Karno, Selasa (26/02/19) sore WIB, Persija Jakarta dipastikan tampil pincang usai beberapa pemain bintang mereka tak dapat diturunkan dalam laga nanti.

Salah satu pemain yang pasti absen dan sangat disayangkan adalah sang mesin gol, Marko Simic yang masih harus menetap di Australia untuk menunggu jadwal persidangan akibat kasus pelecehan seksual yang ia lakukan.

Baca Juga

Selain itu, Persija juga akan melakoni pertandingan melawan tim yang secara historis cukup berpengalaman di kompetisi level Asia, bahkan capaiannya lebih baik ketimbang Persija Jakarta.

Tak hanya faktor pemain dan catatan historis kedua tim di AFC Cup, terdapat beberapa fakta menarik lain yang patut disimak jelang pertandingan Persija Jakarta vs Becamex Binh Duong F.C, dan berikut INDOSPORT coba merangkum tiga fakta yang wajib diketahui jelang Persija vs Becamex di AFC Cup 2019. 


1. Pertemuan Pertama Kedua Tim

pemain Persija Ramdani Lestaluhu, pelatih Persija Ivan Kolev, pelatih Becamex Binh Duong Tran Minh Chien, dan pemain Becamex Binh Duong Nguyen Than Long foto bersama usai jumpa pers jelang laga Piala AFC grup G antara Persija vs Becamex Binh Duong di Hote

Pertemuan antara Persija Jakarta vs Becamex Binh Duong F.C sendiri sejatinya merupakan yang pertama dalam sejarah AFC Cup, sehingga pemenang dalam laga nanti akan mencatatkan satu sejarah baru bagi masing-masing klub.

Namun Pada ajang AFC Cup tahun lalu, Persija Jakarta sempat bertemu dengan wakil asal Vietnam lain yakni Song Lam Nghe An.

Hebatnya, Persija Jakarta mampu menaklukan Song Lam Nghe An dengan skor tipis 1-0 di stadion Gelora Bung Karno bulan Maret 2018 lalu, hasil tersebut sekaligus membuat Song Lam Nghe An gagal melangkah ke babak 16 besar.

Baca Juga

Becamex Binh Duong F.C juga sempat bertemu dengan wakil asal Indonesia di AFC Cup 2010, pada saat itu tim berjuluk Bé River ini berjumpa dengan Sriwijaya FC di babak penyisihan.

Dalam dua laga pertemuan, kedua tim mampu saling mengalahkan. Saat Sriwijaya menjamu Becamex, Laskar Wong Kito sukses menang 1-0, sedangkan saat melawat ke Vietnam mereka takluk 2-1.


2. Becamex Binh Duong FC Lebih Superior di AFC Cup

Skuat Persija Jakarta

Fakta berikutnya adalah catatan kedua klub saat tampil di ajang AFC Cup, dimana klub asal Vietnam tersebut lebih unggul dari Persija Jakarta.

Tercatat Becamex Binh Duong FC telah tiga kali tampil di kompetisi antar klub Asia kasta kedua tersebut, sedangkan Persija Jakarta baru satu kali tepatnya pada musim 2018 lalu.

Nguyen Anh Duc dan kolega pun mampu melangkah ke babak semifinal, sementara Macan Kemayoran cuma bisa melangkah hingga 16 besar.

Baca Juga

Tak hanya di AFC Cup, Becamex Binh Duong FC juga beberapa kali tampili di Liga Champions Asia dengan rincian tiga kali keikutsertaan (2008, 2015, dan 2016).

Persija Jakarta juga punya catatan di Liga Champions Asia dan hampir serupa dengan tim lawan, dimana Macan Kemayoran telah tampil dua kali di kasta teratas kompetis antar klub benua Asia tersebut.


3. Pemain Asing Kedua Tim

Rohit Chand pemain terbaik Liga 1 Indonesia.

Fakta terakhir dapat dilihat dari pemain yang dimiliki oleh kedua kesebelasan, dimana baik Persija Jakarta maupun Becamex sama-sama memiliki empat pemain asing dan berasal dari negara yang cukup sama.

Dimana Persija dan Becamex mempunyai pemain yang sama-sama berasal dari Amerika Latin tepatnya negara Brasil, dimana Persija akan diperkuat Bruno Matos sedangkan Becamex bakal diperkuat Wander Luiz yang berkewarganegaraan sama.

Selain kedua tim mempunyai pemain dengan warga negara yang sama, mereka juga diperkuat pemain yang berasal dari negara kurang terkenal akan budaya dan kultur sepak bolanya.

Baca Juga

Pada tubuh Persija, ada pemain serba guna bernama Rohit Chand asal negara Nepal sedangkan Becamex diperkuat Ali Rabo dari negara Burkina Faso dan Veniamin Shumeyko asal Kirgistan.

Terus Ikuti Berita Persija dan Sepak Bola Internasional Lainnya Hanya di INDOSPORT

Persija JakartaAFC CupBola InternasionalLiga IndonesiaTRIVIA

Berita Terkini