x

Ajax vs Juventus: Inilah 4 Pemain yang Pernah Membela Kedua Klub

Rabu, 10 April 2019 16:16 WIB
Penulis: Arif Budi Setyanto | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak

INDOSPORT.COM - Ajax Amsterdam dan Juventus akan saling berhadapan pada babak perempatfinal Liga Champions 2018/19.

Jika meniliki ke belakang, Ajax dan Juventus merupakan dua klub yang terbilang sukses dalam keikutsertaan mereka di ajang Liga Champions.

Ajax total telah bermain di enam laga final Liga Champions. Dari enam final tersebut, mereka berhasil meraih tiga kali gelar juara yaitu pada tahun 1971, 1973, dan 1995.

Sedangkan Juventus sendiri sudah bermain di sembilan laga puncak Liga Champions. Namun, Bianconeri hanya berhasil menyabet dua gelar juara pada 1985 dan 1996.

Baca Juga

Melihat kekuatan Ajax dan Juventus di kancah Eropa, dipastikan pertandingan leg pertama babak 8 besar Liga Champions di Johan Cruyff Stadion, Kamis (11/04/19), berlangsung seru.

Apalagi, saat ini Ajax sedang dalam kepercayaan tinggi usai berhasil menyingkirkan Real Madrid di 16 besar Liga Champions.

Sementara itu, Juventus juga sedang dalam tren positif, ditambah Cristiano Ronaldo yang dikabarkan suda sembuh dari cederanya dan siap bertanding melawan Ajax.

Selain rivalitas sengit yang akan tersaji nanti malam, ternyata terdapat beberapa pemmain yang pernah berseragam Ajax dan Juventus. Berikut INDOSPORT.COM sajikan 4 pemain yang pernah berseragam Ajax dan Juventus dilansir dari Ronaldo.com.


1. 1. Edgar Davids

Edgar Davids saat masih berseragam Juventus.

Edgar Davids adalah gelandang kelas dunia yang memulai kariernya di akademi Ajax. Kemudian pemain yang terkenal dengan kaca matanya itu menghabiskan lima tahun bersama Ajax.

Ia berhasil mempersembahkan gelar bergengsi bagi Ajax, termasuk tiga gelar juara Eredivisie, dan Liga Champions pada tahun 1995.

Setelah lima tahun membela Ajax, Davids memutuskan untuk pindah ke AC Milan pada 1996. Namun, ia hanya bertahan satu tahun saja bersama Rossoneri.

Nah, setelah dari Milan, Davids akhirnya dibeli Juventus. Bersama Si Nyoya Tua, Davids menghabiskan tujuh musim dan memenangkan tiga gelar Serie A Italia.

Baca Juga

Davids pun sempat pulang ke Ajax pada tahun 2007 setelah sebelumnya ia berganti setidaknya tiga tim yaitu Barcelona, Inter Milan, dan Tottenham Hotspur.

2. Edwin van der Sar

Legenda Manchester United, Edwin van Der Sar.

Edwin van der Sar sangat ikonik dengan Manchester United. Tapi, jangan salah sangka, ia juga pernah membela Ajax dan Juventus.

Van Der Sar melakukan debutnya bersama Ajax pada tahun 1990. Ia membela Ajax selama sembilan tahun dan telah memenangkan 14 gelar, termasuk Liga Champions pada tahun 1995.

Setelah itu, Van Der Sar pindah ke Juventus pada tahun 1999. Namun, ia hanya dua musim bermain bersama Si Nyonya Tua.

Dari Juventus, Van Der Sar lalu merumput di Premier League bersama Fulham selama emmpat musim. Barulah di tahun 2005, ia bergabung bersama Manchester United.


2. 3. Michael Laudrup

Michel Laudrup

Michael Laudrup bisa disebut sebagai pemain sepak bola terbaik Denmark sepanjang masa. Ia bergabung dengan Juventus pada tahun 1983.

Selama berkarier dengan Juventus sekitar enam tahun, Laudrup sudah bermain total 152 penampilan dan mencetak 16 gol.

Selain Juventus, Laudrup juga pernah membela dua raksasa LaLiga Spanyol, yaitu Barcelona dan Real Madrid.

Setelah itu, Laudrup bergabung dengan Vissel Kobe selama satu tahun, dan kemudian ia menghabiskan musim terakhir dalam karier sepak bolanya bersama Ajax pada tahun 1997.

4. Zlatan Ibrahimovic

Rafael Van Der Vaart dan Zlatan Ibrahimovic ketika bermain di Ajax Amsterdam

Zlatan Ibrahimovic adalah nama pemain terakhir yang pernah membela Ajax dan Juventus. Ia memulai karier sepak bolanya di tanah kelahiran Swediea bersama Malmo.

Setelah itu, Ibrahimovic pindah ke Ajax pada tahun 2001 dan memenangkan dua gelar Eredivisie Belanda.

Saat itu, Ibrahimovic merupakan striker muda yang bertalenta. Di usianya yang masih 20 tahun, ia telah mencetak 48 gol untuk Ajax.

Baca Juga

Oleh karena itu, Ibrahimovic kemudian diboyong ke Juventus pada 2004. Bersama Bianconeri, Ibrahimovic hanya menghabiskan dua musim, karena Juventus tersandung kasus Calcipoli dan turun ke Serie B.

Dari Juventus, Ibrahimovic kemudian melalang buana ke berbagai klub top Eropa. Tercatat, klub seperti Inter Milan, Barcelona, AC Milan, Paris Saint-Germain, dan Manchester United pernah menikmati jasanya.

Saat ini, Ibrahimovic sendiri masih aktif bermain sepak bola dan bermain di MLS bersama Los Angeles Galaxy.

Ikuti Terus Perkembangan Berita Sepak Bola Liga Champions lainnya di INDOSPORT.COM

Liga ChampionsZlatan IbrahimovicJuventusAjax AmsterdamEdgar DavidsEdwin Van der sarMichael LaudrupSepak BolaAjax Amsterdam vs Juventus

Berita Terkini