x

Mengenang Momen Paul Scholes Comeback dari Pensiun dan Jadi Pahlawan Man United

Selasa, 9 Juni 2020 22:59 WIB
Penulis: Arief Tirtana | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak

INDOSPORT.COM – Sempat pensiun, Paul Scholes melakukan comeback saat Manchester United krisis pemain, hingga akhirnya kembali meraih gelar juara Liga Inggris.

Kisah seorang pemain yang kembali merumput setelah sebelum sempat menyatakan pensiun memang kerap terjadi di dunia sepak bola. Namun, banyaknya kejadian tersebut, ada satu yang cukup mengejutkan. Yaitu cerita kembalinya gelandang Manchester United, Paul Scholes setelah sempat pensiun tujuh bulan sebelumnya.  

Baca Juga
Baca Juga

Cerita bermula pada tanggal 31 Mei 2011 atau tepat di akhir musim Liga Inggris 2010/11. Kala itu, Scholes yang sudah berusia 36 tahun menyatakan gantung sepatu atau pensiun dari dunia sepak bola.

Berasal dari akademi dan tak pernah pindah ke lain klub selain Manchester United selama 17 tahun, Scholes pun sampai mendapatkan penghormatan ketika akhirnya memutuskan pensiun. Dalam bentuk sebuah penghargaan dan laga perpisahan di bulan Agustus.

Tetapi, beberapa bulan setelah itu semua, sebuah kejutan diberikan oleh Paul Scholes, yang juga tak lepas dari andil seorang Sir Alex Ferguson yang masih menjadi manajer Manchester United.

Baca Juga
Baca Juga

Pada bulan Januari 2012, Scholes secara mengejutkan memutuskan untuk kembali dari masa pensiunnya. Kembali memperkuat Manchester United yang kala itu sedang dilanda krisis gelandang tengah akibat cederanya sejumlah pemain, mulai dari Andersson, Darren Gibrson, Tom Cleverly hingga Darren Fletcher.

Atas permintaan Sir Alex Ferguson, Scholes kembali dari masa pensiun. Memperkuat Manchester United dalam laga derby melawan Manchester City di Piala FA 2011/12, (08/01/12).

Masuk pada menit ke-59 menggantikan Luis Nani, Scholes berkontribusi dalam keberhasilan Manchester United, membawa timnya memang dengan skor 3-2 atas Manchester City.


1. Gelar Juara Liga Inggris

Dua pemain Manchester United, Gary Neville dan Paul Scholes.

Kembalinya Paul Scholes dari masa pensiun tentu tak berhenti sampai hanya di satu laga melawan Manchester City di pertandingan Piala FA tersebut. Namun, dirinya kembali dikontrak Sir Alex Ferguson memperkuat kebutuhan Manchester United hingga akhir musim.

Dengan kualitasnya yang masih sangat mumpuni saat itu, kehadiran Scholes pun seakan menjadi penyelamat di tengah badai cedera yang sedang menghantam lini tengah Manchester United.

Terbukti, selama sekitar enam bulan sisa musim 2011/12, Scholes benar-benar diandalkan Sir Alex Ferguson sampai menorehkan total 19 caps dari Liga Inggris, Piala FA dan Liga Europa.

Torehan 4 gol dan 2 assist pun berhasil diberikan Scholes. Hingga akhirnya Sir Alex Ferguson pun mempercayakannya untuk tetap memperkuat Manchester United hingga ke musim berikutnya.

Di musim 2012/13, sebagai pemain senior dengan segala pengalamannya, Scholes benar-benar bisa menjadi sosok krusial. Bukan hanya di dalam, tapi juga hingga ke luar lapangan untuk para pemain Manchester United.

Dengena catatan 16 caps, satu gol dan tiga assist, kehadiran Paul Scholes di Liga Inggris 2012/13 itu pun akhirnya membuat Manchester United sukses kembali mejadi yang terbaik dan merengkuh gelar juara Liga Inggris di akhir musim.

Setelah mengantarkan Manchester United kembali meraih gelar juara Liga Inggris, Scholes pun untuk kedua kalinya kembali pensiun pada tanggal 11 Mei 2013.

Manchester UnitedSir Alex FergusonPaul ScholesLiga InggrisBola InternasionalBerita Liga Inggris

Berita Terkini