x

Bedah Kualitas Mikkel Damsgaard, Sensasi Denmark yang Jadi Rebutan Barcelona dan Milan

Jumat, 25 Juni 2021 17:00 WIB
Editor: Prio Hari Kristanto
Bedah Kualitas Mikkel Damsgaard, sensasi Denmark di ajang Euro 2020 yang jadi rebutan Barcelona dan AC Milan di bursa transfer.

INDOSPORT.COM - Bedah Kualitas Mikkel Damsgaard, sensasi Denmark di ajang Euro 2020 yang jadi rebutan Barcelona dan AC Milan di bursa transfer. 

Penampilannya meledak di Euro 2020, gelandang serba bisa Timnas Denmark satu ini menjadi incaran AC Milan dan Barcelona.

Sosok gelandang serba bisa Denmark yang menjadi incaran Barcelona dan juga AC Milan ini bernama Mikkel Damsgaard.

Mikkel Damsgaard yang merupakan gelandang dari klub Italia, Sampdoria ini, tampil begitu memukau bersama Denmark di ajang Euro 2020.

Baca Juga
Baca Juga

Meskipun sempat mengalami kekalahan 0-1 dari Finlandia dan 1-2 dari Belgia, Damsgaard langsung menggila ketika melakoni laga pamungkas bersama Denmark saat membantai Rusia.

Gelandang sayap yang saat ini berusia 20 tahun itu setidaknya mencetak satu gol ketika Denmark mengalahkan Rusia dengan skor 4-1. Ia pun menjadi pemain termuda dalam sejarah Denmark yang mencetak gol di Euro.

Hal inilah yang membuat Damsgaard menjadi sorotan banyak klub-klub besar Eropa, seperti Westh Ham United, Tottenham Hotspur, Barcelona, hingga AC Milan.

Dilansir dari Football Italia, Damsgaard yang musim lalu tampil 37 kali bersama Sampdoria dengan mencetak dua gol dan empat assists ini memiliki harga 30 juta euro, atau sekitar Rp517 miliar.

Namun presiden Sampdoria, Massimo Ferrero, mengatakan bahwa harga pemainnya tersebut dapat bertambah menjadi 40 juta euro (sekitar Rp689 miliar) bila mampu mencetak gol di babak 16 besar Euro 2020.

Baca Juga
Baca Juga

Masih berusia 20 tahun namun sudah berharga sangat mahal, seperti apa sebetulnya kualitas sesungguhnya seorang Mikkel Damsgaard? Berikut ulasannya.


1. Bedah Kualitas Mikkel Damsgaard

Mikkel Damsgaard saat berseragam klub Serie A Italia, Sampdoria.

Lahir di Jyllinge, Denmark, 3 Juli 2000, Mikkel Damsgaard mengawali karier sepak bolanya di tim lokal FCN Youth. Dari situ, talentanya tercium klub raksasa Liga Denmark, Nordsjaelland.

Mikkel Damsgaard menjadi andalan tim U-19 Nordsjaelland dengan melakoni 10 laga dan mencetak 2 gol. Di tim itu, ia bermain di berbagai posisi di lini tengah.

Kehebatannya pun membawanya ke tim cadangan FC Nordsjaelland di mana ia melakoni 7 pertandingan dengan torehan 2 gol. Talenta besar yang dimiliki Mikkel Damsgaard membuatnya dipromosikan ke tim senior pada usia 17 tahun.

Dua tahun merumput bersama Nordsjaelland, ia selalu menjadi pemain reguler. Total penampilannya di tim senior adalah 93 laga dengan kontribusi 13 gol dan 21 assist.

Statistik mencengangkan dari bocah yang belum genap 20 tahun itu membuat klub Serie A Italia, Sampdoria tertarik untuk mendatangkannya.

Musim 2020/21 menjadi musim perdananya bersama Il Samp. Damsgaard langsung jadi pilihan utama pelatih Claudio Ranieri dan mencatatkan 37 penampilan dengan kontribusi 2 gol dan 4 assist di semua laga.

Mikkel Damsgaard memang bukan pemain biasa. Sebagai seorang gelandang, ia sangat versatile alias serba bisa. Data mencatat, Damsgaard bisa bermain di 7 posisi di lini tengah dan depan.

Ketujuh posisi itu adalah sayap kiri, second striker, sayap kanan, gelandang serang, gelandang bertahan, gelandang kiri, dan gelandang kanan. Dari semuanya, posisi sayap kiri dan gelandang serang tengah menjadi yang paling favorit.

Maka tak heran klub-klub kepincut kepada dirinya, termasuk tentu saja Timnas Denmark. Damsgaard sudah berseragam Denmark sejak U-18. Puncaknya penampilannya di tim junior mungkin adalah saat membela tim U-21 di mana ia mencatatkan 8 caps.

Akhirnya pada November 2020, ia melakoni debut di tim senior Denmark. Hasilnya sama sekali tak mengecewakan. Sejak itu, ia sudah mengoleksi 5 caps dan 3 gol!

Kemampuannya bermain di banyak posisi memang sangat menguntungkan. Ia bisa menjadi penyerang sayap yang lihai mencetak gol, atau gelandang yang menginisiasi serangan.

Situs whoscored mencatat, Mikkel Damsgaard memiliki kelebihan dalam dribbling, aerials duels, dan kemampuan bertahan yang prima. Gaya bermainnya pun suka men-dribble dan melepaskan tembakan jarak jauh.

Kemampuan Mikkel Damsgaard beroperasi di banyak posisi membuatnya dibutuhkan oleh tim manapun, tak cuma Barcelona dan AC Milan. Mikkel Damsgaard cocok bermain di berbagai macam jenis taktik dan strategi.

Bursa TransferBarcelonaAC MilanDenmarkBerita Bursa Transfer

Berita Terkini