x

Tidak Ada Gol Tandang-Kandang, Ini 3 Cara Timnas Indonesia Lolos ke Final Piala AFF 2020

Kamis, 23 Desember 2021 07:05 WIB
Editor: Juni Adi

INDOSPORT.COM - Timnas Indonesia memiliki tiga cara untuk bisa lolos ke final Piala AFF 2020. Apa saja itu?

Hasil kurang memuaskan harus diterima oleh Timnas Indonesia saat berhadapan dengan Singapura di leg pertama semifinal Piala AFF 2020, di Stadion Nasional, Rabu (22/12/21) malam WIB.

Dalam laga tersebut Timnas Indonesia ditahan imbang 1-1. Padahal Skuad Garuda sempat unggul lebih dahulu melalui gol Witan Sulaeman di menit ke-28.

Witan membobol gawang Singapura usai memanfaatkan umpan tarik hasil kerja sama apik dengan bek Asnawi Mangkualam. Sontekan terarahnya tak mampu dibendung kiper lawan.

Baca Juga
Baca Juga

Keunggulan 1-0 mampu dipertahankan oleh anak asuh Shin Tae-yong hingga turun minum. Namun memasuki babak kedua, penampilan para pemain Timnas Indonesia mulai sedikit mengendur.

Akibatnya, di pertengahan babak kedua Singapura mampu menyamakan kedudukan lewat gol Ikhsan Fandi menit ke-70, memanfaatkan kesalahan lini belakang Timnas Indonesia yang hilang fokus.

Kelelahan menjadi penyebab utama para pemain Timnas Indonesia harus kecolongan satu gol. Hal itu juga diakui oleh sang pelatih, Shin Tae-yong.

"Pastinya tidak memuaskan dengan hasil pertandingan hari ini. Memang saya menduga ada saatnya pemain capek sekali dan ini saatnya," ucap Shin Tae-yong selepas laga secata virtual.

"Itu (kelelahan) memang lebih baik sekarang datangnya. Jadi kita bisa langsung memberikan waktu istirahat  dan mempersiapkan pertandingan lainnya lebih baik," pungkas Shin Tae-yong.

Skor imbang 1-1 ini membuat perjuangan kedua tim khususnya Timnas Indonesia untuk lolos ke final Piala AFF 2020 akan semakin panjang dan tidak akan mudah.

Hal ini karena pertandingan babak semifinal Piala AFF 2020 akan berlangsung dalam dua pertandingan. Leg pertama pada Rabu (22/12/21) dan leg kedua pada Sabtu (25/12/21) mendatang.


1. 3 Cara Lolos Final Piala AFF 2020

Singapura vs Timnas Indonesia di semifinal Piala AFF 2020.

Tak hanya itu, perjuangan para pemain Timnas Indonesia juga akan semakin berat dengan regulasi pandemi Covid-19 yang diterapkan oleh AFF untuk Piala AFF 2020 ini.

Salah satu aturannya adalah menyatakan tidak berlakunya aturan gol tandang-kandang, karena turnamen berlangsung di tengah pandemi sehingga diselenggarakan secara terpusat di suatu negara, kaki ini adalah Singapura.

Hal itu sudah sesuai dengan regulasi AFF pada poin 15.3.1. Dalam aturan tersebut juga disebutkan tidak ada perpanjangan waktu di leg pertama. 

Baca Juga
Baca Juga

Tapi hal itu bisa berlaku di leg kedua, jika skor pertandingan masih sama kuat 1-1 dalam waktu normal 90 menit. 

Untuk menentukan pemenang, akan digelar babak perpanjangan dengan durasi waktu 2X15 menit. Namun jika kedudukan masih 1-1, terpaksa laga harus dituntaskan lewat adu penalti. 

Jika dirangkum, Timnas Indonesia punya tiga cara untuk melaju ke partai final Piala AFF 2020 yakni lewat waktu normal, perpanjangan waktu, atau adu penalti.

SingapuraTimnas IndonesiaBola InternasionalBerita Timnas IndonesiaShin Tae-yongPiala AFF 2020

Berita Terkini