x

Persaingan Juara Makin Ketat, Umuh Muchtar: Persib Jangan Leha-leha!

Jumat, 18 Maret 2022 18:35 WIB
Kontributor: Arif Rahman | Editor: Prio Hari Kristanto
Komisaris PT Persib Bandung Bermartabat (PBB), Umuh Muchtar, saat ditemui di kediamannya di Tanjungsari, Kabupeten Sumedang, Selasa (15/03/22). Foto: Arif Rahman/Indosport.com

INDOSPORT.COM - Komisaris PT Persib Bandung Bermartabat (PBB), Umuh Muchtar, mengingatkan pemain Persib Bandung untuk konsentrasi dan bekerja keras di sisa pertandingan putaran kedua kompetisi Liga 1 2021-2022.

Menurut Umuh, skuat Maung Bandung harus fokus dan bekerja keras di sisa pertandingan putaran kedua kompetisi Liga 1 2021-2022, sebab kemenangan di tiga pertandingan terakhir putaran kedua sangat penting untuk menjaga peluang juara.

Baca Juga

Apalagi, menjelang berakhirnya kompetisi persaingan untuk menjadi juara di Liga 1 2021-2022 sudah semakin ketat.

Tiga pertandingan Persib di sisa putaran kedua kompetisi Liga 1 2021-2022, yakni menghadapi Persebaya Surabaya, Persik Kediri dan Barito Putera.

Hingga memasuki pekan ke-31 kompetisi Liga 1 2021-2022, Persib masih berada di peringkat kedua dengan mengoleksi 66 poin. Sedangkan pemuncak klasemen sementara, ditempati Bali United dengan 69 poin.

Sehingga, kemenangan menjadi target yang harus diraih oleh skuat Maung Bandung di sisa pertandingan putaran kedua, agar tetap berada di papan atas dan menjaga peluang juara di kompetisi Liga 1 2021-2022.

"Motivasi untuk tim tiga pertandingan terakhir tetap saya kasih motivasi ya untuk anak-anak," kata pria yang akrab disapa Pak Haji ini.

Menurut Umuh, pemain jangan sampai kehilangan konsentrasi, karena hal itu bisa dimanfaatkan oleh tim lawan untuk mencetak gol, seperti pada pertandingan pekan ke-31 kompetisi Liga 1 2021-2022 menghadapi Madura United.

Baca Juga

Pada laga yang berlangsung di Stadion I Gusti Ngurah Rai, Denpasar, Bali, Minggu (13/03/22), skuat Maung Bandung sudah unggul 3-0 melalui gol yang dicetak oleh Bruno Cantanhede saat memasuki menit 16' dan 30' serta Zalnando menit 74'.

Namun, memasuki menit-menit akhir pertandingan, skuat Maung Bandung kebobolan dua gol melalui Greg Nwokolo menit 85' dan tendangan penalti Alberto Goncalves di menit 87'. Sehingga, skor berubah menjadi 3-2.

"Kemarin juga hampir-hampir ya, masa pertandingan sudah 3-0, padahal saya sudah berikan motivasi kalau peluit panjang belum ditiup dan berhenti, itu tandanya belum menang, walaupun sudah 3-0," ucap Umuh Muchtar.

Baca Juga

"Jangan leha-leha, kemarin pun kelihatan capek dan ada leha-leha juga, akhirnya musuh seperti dikasih angin, satu masuk akhirnya dua gol," jelas mantan manajer Persib ini.


1. Jangan Anggap Enteng

Penyerang Persib Bandung, Bruno Cantanhede merayakan gol bersama rekan-rekannya. Foto : Nofik Lukman Hakim/Indosport.com

Umuh menuturkan, biasanya motivasi yang diberikan kepada pemainnya dilakukan sebelum dan sesudah pertandingan, salah satunya melalui sambungan telpon. Pasalnya, kompetisi Liga 1 2021-2022 putaran kedua di gelar di Bali, sehingga dia tak bisa setiap waktu mendampingi tim.

"Nanti saya kasih penyampaian biasanya setelah dan sebelum main, sebelum main biasanya dua kali, saat mau pergi dan diruang ganti kita bicara saya kasih motivasi," ucap Umuh.

Baca Juga

Saat memberikan motivasi, Umuh selalu mengingatkan pemain untuk bekerja keras dan tidak menganggap enteng lawan. Sebab, tim yang berhadapan dengan Persib biasanya selalu memiliki motivasi berlipat untuk meraih kemenangan.

Sehingga, Umuh juga meminta pemain untuk memiliki motivasi yang lebih tinggi dari lawan, agar target meraih kemenangan bisa tercapai.

"Saya pesan sama anak-anak jangan anggap lawan enteng, mereka pikiran lawan dua kali lipat dan tenaga kuda dikeluarkan. Balas saja sama kita, jangan ada capek. Keluarkan tenaga kalian dua kali lipat juga. Fokus, itu aja pesan ke pemain," kata Umuh.

Baca Juga

Sementara itu, laga terdekat yang akan dihadapi Persib di kompetisi Liga 1 2021-2022 menghadapi Persebaya Surabaya. Pertandingan pekan ke-32 ini akan digelar di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, Sabtu (19/03/22).

Menjelang pertandingan tersebut, skuat Maung Bandung memiliki waktu recovery dan persiapan yang cukup panjang, jika dibandingkan dengan laga sebelumnya di kompetisi Liga 1 2021-2022.

Sebagai informasi, sebelum berhadapan dengan Persebaya Surabaya, tim kebanggaan Bobotoh melakoni pertandingan pekan ke-31 kompetisi Liga 1 2021-2022, Minggu (13/03/22), mengahadapi Madura United.

Jeda pertandingan yang cukup panjang ini, membuat Robert Alberts lebih leluasa untuk mempersiapkan anak asuhnya, pasalnya beberapa laga sebelumnya skuat Maung Bandung memiliki waktu persiapan yang cukup singkat.

Baca Juga

Beberapa yang disiapkan oleh Robert Alberts untuk menghadapi Persebaya yakni fisik dan mental. Agar, pada laga nanti skuat Maung Bandung bisa tampil maksimal dan meraih poin penuh.


2. Pesan yang Sama dengan Pelatih

Bek Persib Bandung, Nick Kuipers saat mengawal pergerakan penyerang Madura United, Greg Nwokolo. Foto : Nofik Lukman Hakim/Indosport.com

Pelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts, berharap anak asuhnya bisa tampil konsisten saat menghadapi Persebaya Surabaya pada pekan ke-32 Liga 1 2021-2022 di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, Sabtu (19/03/22).

Pasalnya, waktu recovery dan persiapan yang dimiliki skuat Maung Bandung saat ini lebih panjang jika dibandingkan dengan pertandingan sebelumnya di kompetisi Liga 1 2021-2022.

Sebagai informasi, sebelum berhadapan dengan Persebaya Surabaya, tim kebanggaan Bobotoh melakoni pertandingan pekan ke-31 kompetisi Liga 1 2021-2022, Minggu (13/03/22), mengahadapi Madura United.

Sehingga, menurut pelatih asal Belanda ini dengan jeda yang cukup panjang tersebut, sudah seharusnya anak asuhnya bisa menjaga konsistensi permainan pada pertandingan mengahadapi Persebaya nanti.

"Semoga dengan recovery yang ideal kami bisa menjaga konsistensi permainan hingga menit akhir," kata Robert Alberts.

Robert Alberts menambahkan, menjaga konsistensi dalam pertandingan sangat penting. Pasalnya, jika lengah hal itu bisa dimanfaatkan oleh tim lawan untuk mencetak gol, seperti pada laga Liga 1 sebelumnya saat Persib Bandung menghadapi Madura United.

Persebaya SurabayaPersib BandungUmuh MuchtarLiga IndonesiaLiga 1Berita Liga 1

Berita Terkini