x

Tertekan dalam Perebutan Gelar Juara Liga Italia, AC Milan Hadapi Dilema 2 Calon Pemilik Baru

Senin, 9 Mei 2022 05:51 WIB
Penulis: Henrikus Ezra Rahardi | Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
AC Milan sukses mengalahkan tamunya Fiorentina pada pekan ke-35 Liga Italia 2021/2022 di Stadion San Siro, Minggu (01/05/22).

INDOSPORT.COM Selagi tertekan dalam perebutan gelar Liga Italia musim 2021/2022, AC Milan kini tengah diperebutkan oleh dua investor baru, Investcorp dan RedBird.

Selepas tawaran investor Bahrain, Mohamed Alardhi yang berada di bawah bendera Investcorp, AC Milan kini kembali mendapatkan tawaran akuisisi dari investor Amerika Serikat, RedBird.

Baca Juga

Dalam beberapa waktu belakangan, AC Milan memang dikabarkan bakal diakuisisi oleh Investcorp yang cukup lama berbicara dengan Elliott Management selaku pemilik klub.

Selepas periode pembicaraan Investcorp berakhir, Elliott Management kembali mendapatkan tawaran dari RedBird.

Dilansir dari MilanEye, RedBird dikabarkan akan memberikan tawaran lebih tinggi daripada apa yang diberikan oleh Investcorp.

Baca Juga

Investcorp dikabarkan akan menggelontor dana miliaran Euro, untuk mendapatkan AC Milan dari tangan Elliott Management selaku pemilik sah.

Meskipun RedBird dikabarkan akan memberikan uang lebih banyak, tawaran Investcorp untuk AC Milan kabarnya tak akan tergoyahkan.

Dalam beberapa waktu mendatang, Elliott Management dikabarkan akan mempertimbangkan kedua investor, baik RedBird maupun Investcorp.

Baca Juga

Untuk itulah, keluarga Singer selaku pemilik Elliott Management akan memikirkan keputusan terbaik untuk AC Milan.

Sebelumnya, perusahaan Amerika Serikat, RedBird Capital kini dijagokan untuk mencaplok saham mayoritas raksasa Liga Italia, AC Milan, yang di dalamnya dipimpin oleh sang legenda, Paolo Maldini.


1. Keunggulan RedBird Dibandingkan Investcorp

Sandro Tonali dan Zlatan Ibrahimovic berselebrasi di laga Lazio vs AC Milan (REUTERS/Alberto Lingria)

Keyakinan tersebut datang dari media yang berbasis di Italia yaitu Corriere della Sera dan Calcio e Finanza.

Menurut laporan tersebut, RedBird Capital punya beberapa keunggulan ketimbang AC Milan terkait negosiasi dengan Elliott Management.

Baca Juga

Keunggulan pertama adalah soal nilai pembelian Tim Merah Hitam. Kabarnya, RedBird Capital bersedia mengucurkan dana cash sebesar 1 miliar euro untuk membeli I Rossoneri.

Jika ditelisik, jumlah tersebut lebih besar ketimbang harga yang ditawarkan oleh Investcorp. Perusahaan asal Bahrain itu menawarkan dana 800 juta euro dalam bentuk tunai dan 400 juta euro lainnya sebagai utang kepada bank.

Baca Juga

Diyakini, Elliott Management selaku pemilik sah I Rossoneri bakal lebih tertarik dengan proposal yang ditawarkan oleh RedBird Capital.

Selain itu, portofolio RedBird Capital juga dianggap lebih menarik ketimbang Investcorp. Bagaimana tidak, RedBird Capital sendiri merupakan salah satu pemilik saham minoritas Liverpool.

Sebelumnya, raksasa Italia, AC Milan, dikabarkan bakal ditawar oleh investor asal Timur Tengah usai beberapa waktu belakangan di bawah asuhan Eliott Management.

Baca Juga

Dilansir dari Gulfnews, investor yang akan membeli AC Milan dikabarkan berasal dari Abu Dhabi dan bernama Mubadala Investment.

Kabarnya, Mubadala Investment tengah melakukan diskusi dengan Eliott Management dan dikabarkan akan menyentuh nilai investasi mencapai miliaran Euro.

Meskipun demikian, baik pihak internal AC Milan, Eliott Management, dan Mubadala Investment kabarnya masih tutup mulut terkait investasi ini.


2. Asal Dana Investcorp

Sandro Tonali dan Zlatan Ibrahimovic berselebrasi di laga Lazio vs AC Milan (REUTERS/Alberto Lingria)

Kabarnya, ada beberapa pihak yang akan membantu Mubadala Investment dalam melakukan akuisisi, seperti perusahaan dari Amerika Serikat, Investcorp, yang di dalamnya ada pengusaha dari Bahrain.

Sejak mengambil alih Investcorp pada 2015, CEO asal Bahrain, Mohammed Alardhi, mulai mengucurkan dana investasi ke beberapa perusahaan demi meningkatkan aset berkali lipat.

Beberapa perusahaan yang sudah merasakan dana dari Bahrain ini adalah merek-merek ternama, seperti Gucci, Riva, dan Dainese, kemudian AC Milan yang akan jadi perusahaan selanjutnya.

\Baca Selengkapnya: Liga Italia: Awas! 3 Bintang Verona Ini Bisa Pupuskan Asa AC Milan Kudeta Capolista

Serie A ItaliaAC MilanPaolo MaldiniStefano PioliLiga Italia

Berita Terkini