x

Timnas Indonesia Kalah Lagi dari Thailand, Coach Justin: Salah Dewangga, tapi ...

Jumat, 20 Mei 2022 13:34 WIB
Penulis: Martini | Editor: Prio Hari Kristanto
Timnas Indonesia U-23 kalah lagi dari Thailand, baik di ajang Piala AFF maupun di SEA Games 2021 dan begini kata pengamat sepak bola, Coach Justin.

INDOSPORT.COM - Timnas Indonesia U-23 kalah lagi dari Thailand, baik di ajang Piala AFF maupun di SEA Games 2021. Begini kata pengamat sepak bola, Coach Justin.

Susah payah lolos ke semifinal SEA Games 2021, Timnas Indonesia malah bertemu tim kuat, Thailand. Tim besutan Shin Tae-yong akhirnya kalah tipis 1-0 di babak extra time.

Baca Juga

Padahal sejatinya, Timnas Indonesia U-23 bisa menguasai jalannya pertandingan pada babak pertama, tapi tak ada gol tercipta.

Sebaliknya pada babak kedua, Thailand yang lebih unggul, tapi skuat besutan Alexandre Polking juga tak sanggup membukukan gol.

Sama seperti penikmat sepak bola Indonesia lainnya, Justinus Lhaksana alias Coach Justin juga meluapkan kekecewaan.

Baca Juga

"Babak pertama kita lebih unggul, kita menguasai pertandingan, tapi kita tidak membuat peluang sama sekali," ungkap Coach Justin melalui kanal Youtube-nya.

"Justru yang terjadi di babak kedua, kita lebih menunggu, dan pelatihnya Thailand lumayan bagus, bisa membuat perubahan yang kita tidak lakukan," lanjutnya lagi.

Thailand melakukan perubahan, sedangkan Timnas Indonesia masih belum memberikan gebrakan. Sekilas saja, tim Negeri Gajah Putih selangkah lebih unggul dari Garuda.

Baca Juga

"Pelatih Thailand di halftime cuma bilang dua hal, stop main long ball, dan turun ke bawah, bangun serangan dari bawah."

"Jadi jarak antar pemain jauh lebih dekat. Yang terjadi adalah, kita diobok-obok di 20 menit pertama. Sepuluh menit terakhir gue bilang, ini pasti ke extra time," tutur Justin.


1. Coach Justin Singgung Alfeandra Dewangga

Aksi Alfeandra Dewangga di leg pertama final Piala AFF 2020 Timnas Indonesia vs Thailand.

Memasuki babak perpanjangan waktu, Timnas Indonesia U-23 tak juga bergerak menyerang, justru memilih main bertahan.

Menurut Coach Justin, ini adalah langkah yang keliru, sebab seperti hanya menunggu lawan untuk mencetak gol. Benar saja, satu gol dilesakkan oleh Weerathep Pomphan.

Baca Juga

Walau banyak pemain Timnas berkumpul, tapi Weerathep Pomphan tak terkawal dan akhirnya meraih gol penentu kemenangan.

"Masuk extra time, mereka melanjutkan permainan seperti babak kedua. Dari awal, Thailand sudah ambil inisiatif, dan kita tetap kembali menunggu, sampai gol itu terjadi."

Meski demikian, Coach Justin mengaku enggan menyalahkan Alfeandra Dewangga yang tidak menjaga posnya dengan baik.

Baca Juga

"Itu salah Dewangga, iya, tapi gue rasa tidak fair hanya menyalahkan Dewangga, karena kita tidak cetak gol juga," ujar Coach Justin.

Setelah kebobolan satu gol, barulah Timnas Indonesia U-23 bermain menekan, sayang langkah ini sudah terlambat, skor akhir 1-0 membuat Garuda gagal ke final SEA Games.

Baca Juga

"Yang bikin gue bingung, sudah ketinggalan satu, baru pressure, berani ke depan. Gue nggak tahu siapa yang harus gue salahkan, Shin Tae-yong atau pemainnya," ujar Justin.

"Yang lebih menyedihkan lagi, pertandingan jadi lebih keras, banyak kartu kuning, dan akhirnya kita mendapat tiga kartu merah."


2. Hasil Timnas Indonesia U-23 di SEA Games 2021

Laga antara Timnas U-23 vs Thailand di laga SEA Game Vietnam 2021. Foto: PSSI

Penyisihan Grup A:

6 Mei 2022: Vietnam vs Indonesia (3-0)

10 Mei 2022: Indonesia vs Timor Leste (4-1)

13 Mei 2022: Filipina vs Indonesia (0-4)

15 Mei 2022: Indonesia vs Myanmar (3-1)

Semifinal:

19 Mei 2022: Thailand vs Indonesia (1-0)

Final: Minggu, 22 Mei 2022

SEA GamesThailandTimnas Indonesia U-23Justinus LhaksanaTimnas IndonesiaBola InternasionalTimnas ThailandAlfeandra Dewangga SantosaBerita Timnas IndonesiaSEA Games 2021Coach Justin

Berita Terkini