x

Mengenal Nasrullo Kabirov, Wasit yang 'Untungkan' Timnas Indonesia di Laga Kontra Kuwait

Kamis, 9 Juni 2022 19:06 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Mengenal lebih jauh sosok Nasrullo Kabirov, wasit yang memimpin laga Timnas Indonesia melawan Kuwait di Kualifikasi Piala Asia 2023.

INDOSPORT.COM – Mengenal lebih jauh sosok Nasrullo Kabirov, wasit yang memimpin laga Timnas Indonesia melawan Kuwait di Kualifikasi Piala Asia 2023.

Nama Nasrullo Kabirov menjadi perbincangan di kalangan pendukung Timnas Indonesia saat memimpin laga skuat Garuda melawan Kuwait, Rabu (8/6).

Dalam laga tersebut, Nasrullah Kabirov tampil apik dan bertindak tegas, serta mampu menahan diri dari provokasi para pemain Kuwait.

Baca Juga

Berkat kepemimpinannya, Timnas Indonesia berhasil meraih kemenangan 2-1 atas Kuwait di laga perdana grup A Kualifikasi Piala Asia 2023.

Adapun dalam laga itu, Kuwait mampu tampil lebih menekan di babak pertama dan berhasil unggul 1-0 lewat Yousef Nasser Al Sulaiman di menit ke-41.

Namun, Timnas Indonesia hanya butuh 3 menit untuk menyamakan skor menjadi 1-1 lewat penalti Marc Klok, usai wasit menunjuk titik putih pasca Rahmat Irianto dilanggar oleh kiper lawan.

Baca Juga

Setelah jeda babak pertama, Timnas Indonesia berhasil menggebrak dan mendapat gol cepat di babak kedua lewat Rahmat Irianto di menit ke-47.

Gol penggawa Persib Bandung ini dicetak memanfaatkan bola liar di kotak penalti Kuwait dan berhasil menceploskan bola ke ruang yang kosong.

Kepemimpinan Nasrullo Kabirov di balik kemenangan Timnas Indonesia ini membuat masyarakat Tanah Air mencari namanya dan ramai-ramai mengikuti akun Instagram-nya.

Baca Juga

Berikut INDOSPORT.com sajikan rekam jejak dan profil dari Nasrullah Kabirov.


1. Wasit Berpengalaman

Wasit asal Tajikistan, Nasrullo Kabirov (tengah). (Foto: Instagram@fft_official/referees_department)

Nasrullo Kabirov merupakan wasit berpengalaman yang memiliki lisensi FIFA. Ia merupakan pengadil asal Tajikistan yang lahir pada 5 Mei 1985 silam.

Di usia yang baru 37 tahun, Nasrullo Kabirov telah berpengalaman memimpin partai-partai bergengsi, utamanya di wilayah Asia Tenggara.

Dilansir dari Transfermarkt, Nasrullo Kabirov pernah memimpin laga Asian Games 2018 dan terbaru SEA Games 2021. Di SEA Games 2021, Total dua pertandingan ia pimpin, di mana dua pertandingan itu melibatkan Malaysia.

Baca Juga

Dua pertandingan itu terjadi di fase grup, yakni kala Malaysia menang atas Thailand, dan kala Harimau Malaya bermain imbang dengan Kamboja.

Layaknya wasti berlisensi FIFA lainnya, Nasrullo Kabirov juga memimpin pertandingan internasional. Salah satunya saat Uzbekistan berhadapan dengan Kirgizstan medio Maret 2022 lalu.

Sedangkan di tanah kelahirannya sendiri, Nasrullo Kabirov rajin memimpin pertandingan Liga Tajikistan dan tercatat sebagai salah satu wasit terbaik dari negaranya.

Baca Juga

Meski punya rekam jejak mentereng, Nasrullo Kabirov pernah membuat kontroversi. Hal itu terjadi pada 2015 silam, di mana ia memberi tambahan waktu 15 menit di laga antara Istaravshan melawan FK Khujandn.

Tambahan waktu 13 menit itu menjadi rekor nasional kala itu dan menuai kecaman, terutama dari pendukung Istaravshan.

Pasalnya, Istaravshan yang telah unggul 1-0 harus menerima laga berkesudahan 1-1 pasca FK Khujandn mampu menyamakan kedudukan di masa Injury Time.


2. Jadi Idola Netizen Indonesia

Wasit asal Tajikistan, Nasrullo Kabirov (tengah). (Foto: Instagram@fft_official/referees_department)

Terlepas dari kontroversinya di masa lalu, wasit Nasrullo Kabirov tetap menjadi pujaan netizen Tanah Air, selepas memimpin laga Timnas Indonesia vs Kuwait.

Ketegasannya dan kepemimpinannya yang sulit diintervensi oleh pemain membuat akun Instagram-nya diburu oleh netizen Indonesia.

Baca Juga

Saat pertama ditilik yakni pasca laga Timnas Indonesia, pengikut Instagram Nasrullo Kabirov hanya berkisar 1000 pengikut saja.

Namun, jumlah itu melonjak drastis. Saat artikel ini dibuat, pengikut Instagram-nya yang bernama @ nasrullokabirov_ kini memiliki hampir 21 ribu pengikut dalam waktu kurang dari 24 jam.

Baca Juga

Pujian kepada wasit Nasrullo Kabirov dari netizen Tanah Air bahkan mengalir deras di jagat media sosial, terutama di Instagram.

Pujian kepada Nasrullo Kabirov itu ramai-ramai disampaikan di laman Instagram PSSI pasca mengunggah hasil akhir Kuwait vs Timnas Indonesia.

WasitKuwaitTimnas IndonesiaBola InternasionalprofilSepak BolaKualifikasi Piala Asia 2023

Berita Terkini