x

Sejarah Pertemuan Timnas Indonesia vs Yordania: Selalu Kalah, Hanya Bepe dan Beto yang Cetak Gol

Jumat, 10 Juni 2022 14:55 WIB
Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
Sejarah Pertemuan Timnas Indonesia vs Yordania: Selalu Kalah, Hanya Bepe dan Beto yang Cetak Gol.

INDOSPORT.COM - Berikut sejarah pertemuan Timnas Indonesia vs Yordania sebelum bersua di pertandingan kedua Grup A babak ketiga Kualifikasi Piala Asia 2023.

Sebagaimana diketahui, Timnas Indonesia akan menghadapi ujian berat yakni melawan tim terkuat di Grup A Kualifikasi Piala Asia 2023 yaitu Yordania.

Baca Juga

Pertandingan antara Timnas Indonesia vs Yordania bakal tersaji di Stadion Jaber Al-Ahmad International, Kuwait pada Minggu (12/06/22) pukul 02.15 dini hari WIB.

Saat ini pasukan Shin Tae-yong bertengger di posisi kedua klasemen setelah memperoleh kemenangan mengejutkan atas tuan rumah Kuwait dengan skor 2-1 pada Rabu (08/06/22) lalu.

Baca Juga

Dalam laga itu, skuat Garuda sempat tertinggal lebih dulu pada menit ke-40 lewat gol Yousef Nasser. Namun mereka akhirnya sukses mebalikan keadaan berkat gol Marc Klok (penalti 44') dan Rachmat irianto (47').

Sementara itu, Yordania mampu menggilas Nepal dengan skor 2-0 di laga perdana Grup A. Dua gol pasukan Adnan Hamad mampu dicetak oleh Ali Olwan (68') dan Hamza Al-Dardour (82'). Hasil ini membuat mereka mampu duduk di posisi puncak klasemen.

Baca Juga

Di laga kedua Grup A, Yordania dan Timnas Indonesia bakal saling bertemu. Siapa yang menjadi pemenang di pertandingan ini memiliki peluang besar untuk lolos ke Piala Asia 2023.

Perjuangan Timnas Indonesia tentu tidaklah mudah. Pasalnya, mereka belum pernah menang ketika bersua Yordania sejak 2004 silam saat masih diperkuat Bambang Pamungkas.

Berikut INDOSPORT telah merangkum sejarah pertemuan kedua tim:


1. Yordania Menang di Pertemuan Pertama

Dua striker legendaris Timnas Indonesia, Budi Sudarsono dan Bambang Pamungkas.

Timnas Indonesia bertemu pertama kali dengan Yordania pada 12 Februari 2004 silam. Kala itu, pertandingan yang bertajuk uji coba atau persahabatan berhasil dimenangkan tuan rumah dengan skor 2-1 di Amman.

Timnas Indonesia sebenarnya sempat unggul lebih dahulu melalui gol legenda Persija Jakarta, Bambang Pamungkas alias Bepe pada menit ke-15.

Baca Juga

Akan tetapi, skuat Garuda harus menelan pil pahit karena Yordania berhasil bangkit dan membalikkan kedudukan lewat gol Hassouna Sheikh pada menit ke-39, dan Moayad Salim di menit ke-45.

Baca Juga

Timnas Indonesia Kembali Kalah Tipis di Pertemuan Kedua

Pertemuan kedua Timnas Indonesia kontra Yordania terjadi pada Minggu, 28 Agustus 2011 silam. Saat itu Garuda yang diasuh oleh pelatih asal Belanda, Wim Rijsbergen gagal mendulang kemenangan.

Baca Juga

Pertandingan bertajuk uji coba yang digelar di Amman International Stadium itu mampu dimenangkan oleh tuan rumah dengan skor tipis 1-0.

Saat itu Timnas Indonesia tengah mempersiapkan diri untuk menghadapi pertandingan perdana Grup E Pra-Piala Dunia 2014 zona Asia lawan Iran di Teheran.


2. Timnas Indonesia Babak Belur di Pertemuan ketiga

Timnas Yordania saat menghadapi Slovakia, Sabtu (08/06/19) lalu.

Di pertemuan ketiga pada Kamis, 31 Januari 2013 silam, Timnas Indoesia mengalami kekalahan parah yakni dihajar Yordania dengan skor 0-5.

Dalam pertandingan uji coba persiapan Kualifikasi Piala Asia 2015 itu, skuat Garuda yang masih diperkuat oleh Andik Vermansah tidak bisa berbuat banyak.

Gawang mereka dibobol lima gol tanpa balas oleh Mahmoud Zatara (30’), Khalil Bani Attiah (41’ dan 90’), Adnan Adous (57’ penalti) dan Saeed Murjan (59’).

Timnas Indonesia Kembali Terbantai di Pertemuan Terakhir

Pertemuan Timnas Indonesia melawan Yordania terakhir kali digelar di King Abdullah II Stadium, Amman pada 11 Juni 2019 lalu.

Dalam duel tersebut, skuat Garuda yang diasuh oleh Simon McMenemy meraih hasil sangat mengecewakan karena dihajar dengan skor telak 1-4.

Gol pertama Yordania lahir pada menit 23 melalui Baha Faisal Mohammad Seif. Mereka kemudian menggandakan keunggulan pada menit 42 lewat aksi Ahmad Ersan Mohammad Hamdouni.

Di babak kedua, Yousef Ahmad Mohammad Al-Rawashdeh membuat Timnas Indonesia tertinggal 0-3 pada menit 63. Dan, Hamza Ali Khaled Al-Dardour membuat skor 4-0 pada menit ke-79.

Timnas Indonesia hanya mampu mencetak gol hiburan pada menit ke-89 lewat tembakan penalti dari Beto Goncalves setelah dijatuhkan di kota terlarang.

Baca Juga
Bambang PamungkasAlberto GoncalvesYordaniaTimnas IndonesiaKualifikasi Piala Asia 2023

Berita Terkini