x

Naturalisasi Jordi Amat cs Masih 'Tertahan' di DPR, Batal Ikut FIFA Matchday September?

Kamis, 4 Agustus 2022 13:56 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Herry Ibrahim
Salah satu calon pemain naturalisasi, Jordi Amat saat ikut latihan bersama Timnas Indonesia, beberapa waktu lalu.

INDOSPORT.COM - Ketua umum PSSI, Mochamad Iriawan mengkonfirmasi, bahwa proses naturalisasi Jordi Amat, Sandy Walsh dan Shayne Pattynama sudah sampai di DPR. 

Tapi, nasib ketiga pemain keturunan Indonesia tersebut belum dibahas karena DPR lagi reses atau kunjungan kerja.

Baca Juga

Meski demikian, PSSI meyakini proses naturalisasi ketiga pemain itu akan lancar dan diharapkan bisa segera rampung dalam waktu dekat. 

Tinggal satu atau dua langkah lagi untuk memastikan pemain keturunan tersebut jadi warga negara Indonesia. 

"Naturalisasi tiga pemain senior, Jordi Amat, Sandy Walsh, dan Shayne Pattynama per hari ini sudah di DPR."

"DPR sedang reses, jadi tunggu selesai reses dulu," kata Mochamad Iriawan. 

Baca Juga

PSSI berharap, Jordi Amat, Sandy Walsh dan Shayne sudah Pattynama bisa bergabung dengan Timnas Indonesia saat FIFA match day pada September 2022. 

Seperti yang sudah direncanakan, bakal ada dua kali pertandingan uji coba internasional yang akan dilakoni Timnas di rentang tanggal 17-29 September.

Baca Juga

Sudah ada tiga negara yang saat ini sedang dibidik PSSI sebagai calon lawan, yakni Curacao, India dan Hong Kong.

"Saya kira kalau sudah di DPR, (prosesnya) tidak lama lagi. Karena itu saat FIFA match day (September 2022) saya harapkan mereka sudah bergabung dengan timnas," ujar Ketum PSSI. 


1. Sudah Ditandatangani Presiden

Menpora, Zainudin Amali menyatakan berkas naturalisasi Jordi Amat, Sandy Walsh dan Shayne Pattynama telah ditandatangi Presiden RI, Joko Widodo.

Sebelumnya, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali membocorkan berkas naturalisasi Jordi Amat, Sandy Walsh dan Shayne Pattynama telah ditandatangi Presiden RI, Joko Widodo. 

Proses naturalusasi ketiganya masih berjalan dan berkas mereka masih 'tertahan' di DPR. Ada sedikit hambatan karena DPR sedang melakukan reses atau kunjungan kerja. 

Baca Juga

Jika DPR sudah selesai reses, Menpora Zainudin Amali berjanji akan langsung bertemu dengan pihak Komisi III dan X. 

Namun memang seperti yang telah dikatakannya, jika proses naturalisasi pemain tidak secepat kilat, meski mereka punya darah Indonesia. 

PSSI terlebih dahulu mengajukan ke Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) untuk dibahas di Komisi X DPR RI demi mendapatkan persetujuan sebelum dilantik oleh Kementerian Hukum dan Ham (Kemenkumham).

Baca Juga

2. 13 Persyaratan

Salah satu calon pemain naturalisasi, Jordi Amat saat ikut latihan bersama Timnas Indonesia, beberapa waktu lalu.

Dalam keterangan Ditjen AHU (administrasi hukum umum) dijelaskan ada 13 persyaratan yang wajib dipenuhi jika seseorang ingin dinaturalisasi.

Baik Jordi Amat, Sandy Walsh maupun Shayne Pattynama diketahui telah menjalani atau telah melalui beberapa proses naturalisasi.

Kegiatan yang mereka lakukan adalah seperti wawancara dengan Badan Intelejen Negara (BIN) dan lainnya beberapa waktu lalu di Jakarta. 

Selain tiga nama di atas untuk Timnas senior, PSSI juga kabarnya ingin lakukan naturalisasi untuk Timnas Indonesia U-19. Setidaknya ada beberapa nama yang dilirik pelatih Shin Tae-yong.

Pada pemusatan latihan Timnas U-19 bulan lalu, Shin Tae-yong memanggil Jim Roberto Croque, Kai Boham dan Max Christoffel. Satu nama lain yang jadi incaran adalah Ivar Jenner. 

PSSINaturalisasiTimnas IndonesiaLiga IndonesiaSandy WalshShayne PattynamaJordi Amat

Berita Terkini