x

Kembali Disanksi karena Flare, Persib Bandung Harus Bayar Ratusan Juta

Jumat, 26 Agustus 2022 19:27 WIB
Penulis: Arif Rahman | Editor: Isman Fadil
Pertandingan Persib vs Bali United di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Kota Bandung, Selasa (23/08/22).

INDOSPORT.COM - Menjelang bergulirnya pekan ketujuh kompetisi Liga 1 2022-2023, Komite Disiplin (Komdis) PSSI, kembali menjatuhkan sanksi hukum denda sebesar Rp200 juta kepada Persib Bandung.

Hukuman tersebut, diberikan kepadanya skuad Maung Bandung akibat ulah oknum Bobotoh yang menyalakan flare pada pertandingan pekan kelima kompetisi Liga 1 2022-2023 menghadapi PSS Sleman di Stadion Maguwoharjo, Sleman, 19 Agustus 2022.

Baca Juga

Dalam rilis yang diterima INDOSPORT.com, salinan keputusan tersebut disebutkan, denda sebesar Rp200 juta merujuk kepada Pasal 70 Ayat 1, Ayat 4 dan Lampiran 1 Nomor 5 Kode Disiplin PSSI Tahun 2018.

Pengulangan terhadap pelanggaran terkait di atas akan berakibat terhadap hukuman yang lebih berat bagi Persib.

Komisaris PT Persib Bandung Bermartabat (PBB), Umuh Muchtar, menyayangkan masih adanya oknum suporter yang menyalakan flare di Stadion apalagi kejadian tersebut terjadi di kandang lawan.

Baca Juga

Pria yang akrab disapa Pak Haji ini merasa heran dengan kelakuan segelintir orang, yang masih melanggar peraturan saat menyaksikan pertandingan Persib.

"Di rumah sendiri saya mengatakan jangan ada flare, tapi selalu ada. Ini maunya gimana?," kata Umuh Muchtar.

Selain itu, akibat ulah segelintir oknum nama Bobotoh dan Persib menjadi dirugikan. Sehingga, Umuh berharap kedepannya tidak ada lagi oknum suporter yang menyalakan flare baik pada laga kandang maupun tandang.

Baca Juga

"Pergi ke Jogja di tempat orang lain bikin malu, dicemoohkan. Jadi rusak Bobotoh citranya. Karena itu itu saja, cari panggung? Ga boleh," ucapnya.

"Saya bicara keras, saya demi kebaikan Persib dan nama Bobotoh. Ini 80-90 persen bagus, ini 5 persen ini, cuma orang sedikit tapi malah ngerusak yang 90 persen," tegas Umuh.
 


1. Bukan Sanksi Pertama

Puluhan Bobotoh mendatangi Graha Persib.

Sebagai informasi, sanksi tersebut bukan yang pertama didapat oleh skuad Pangeran Biru, pasalnya sebelumnya Persib juga mendapat hukuman serupa karena ada oknum suporter yang menyalakan flare.

Oknum Bobotoh sebelumnya menyalakan flare, saat pertandingan tandang kompetisi Liga 1 musim 2022-2023 melawan Bhayangkara FC di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Kabupaten Bekasi, 24 Juli 2022 lalu.

Baca Juga

Sehingga, menjelang pertandingan pekan ketujuh kompetisi Liga 1 2022-2023, Persib sudah mendapatkan sanksi total Rp400 juta, akibat oknum suporter yang menyalakan flare.

Sanksi tersebut, membuat Persib kecewa, pasalnya sebelumnya mereka sudah beberapa kali mengingatkan Bobotoh untuk tidak membawa dan menyalakan flare di dalam stadion.

Baca Juga

Persib berharap, hukuman tersebut menjadi yang terakhir, karena akibat ulah oknum suporter yang menyalakan flare, membuat skuat Maung Bandung dirugikan.

Sementara itu, Persib Bandung saat ini sedang fokus mempersiapkan diri untuk menghadapi pertandingan selanjutnya di kompetisi Liga 1 musim 2022-2023 menghadapi tuan rumah PSM Makassar, Senin (29/08/22).

Baca Juga

Sebelumnya, Persib baru saja melakoni pertandingan kandang Liga 1 2022-2023 menghadapi Bali United di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Kota Bandung, Selasa (23/08/22). 


2. Persib Berada di Peringkat 13 Klasemen Liga 1

Pertandingan Persib vs Bali United di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Kota Bandung, Selasa (23/08/22).

Pada pertandingan tersebut, tim kebanggaan Bobotoh gagal meraih poin, setelah takluk dengan skor 2-3 dari Bali United.

Tiga gol Bali United pada pertandingan tersebut, dicetak oleh Privat Mbarga, Ilija Spasojevic dan Rahmat. Sedangkan dua gol Persib, dicetak oleh David da Silva melalui penalti dan Erwin Ramdani.

Kemenangan yang Bali United diraih pada pertandingan tersebut, membuat tim berjuluk Serdadu Tridatu berada di peringkat lima dengan mengoleksi 12 poin. Sedangkan Persib, menempati posisi 13 dengan mengumpulkan 7 poin.
 

Persib BandungLiga IndonesiaLiga 1Komdis PSSILiga 1 2022-2023

Berita Terkini