x

Liga 1: Gilas Persib, Borok Pemain PSM Malah Dibongkar Pelatih Portugal

Selasa, 30 Agustus 2022 18:25 WIB
Kontributor: Adriyan Adirizky Rahmat | Editor: Indra Citra Sena
Pelatih PSM Makassar, Bernardo Tavares melakukan protes kepada hakim garis pada laga pekan keempat Liga 1 menghadapi RANS Nusantara FC di Stadion Pakansari, Senin (15/08/22).

INDOSPORT.COM - PSM Makassar menggasak Persib Bandung dengan skor 5-1 dalam laga pekan ketujuh Liga 1 Indonesia 2022-2023 di Stadion Gelora BJ Habibie, Parepare, Senin (29/8/22).

Kendati demikian, Wiljan Pluim dkk. malah tak dibiarkan terlalu lama larut dalam euforia berlebihan, setidaknya menurut pelatih Bernardo Tavares.

Baca Juga

Juru taktik berkebangsaan Portugal ini bahkan langsung membongkar borok anak asuhnya yang terjadi sepanjang laga. Para pemain PSM kerap membuat kesalahan sendiri.

Sebuah rapor minus tak perlu, sehingga tim tamu dapat menciptakan peluang berbahaya tanpa harus repot-repot membangun serangan dari belakang.

Beruntung, performa lini depan Persib Bandung juga sangat buruk yang membuat PSM Makassar tetap berhasil mengamankan tiga poin pada pekan ketujuh Liga 1 2022-2023.

Baca Juga

“Setelah mencetak dua gol, kami hilang fokus ketika situasi tendangan penjuru untuk lawan dan kami pun kebobolan,” ucap Bernardo Tavares di press room Stadion Gelora BJ Habibie.

“Sebelum terjadi gol kedua juga seperti itu. Kami tak fokus dan lawan hampir saja mencetak gol penyama kedudukan,” cetus pelatih berusia 42 tahun ini kepada awak media olahraga.

Baca Juga

Meski demikian, PSM Makassar tetap menutup babak pertama laga pekan ketujuh Liga 1 2022-2023 dengan keunggulan 3-1 atas Persib Bandung. 

Ada pun gelontoran gol PSM disumbangkan oleh Yakob Sayuri (2), Ramadhan Sananta (2), plus Wiljan Pluim (1), sedangkan Persib cuma bisa membalas sekali via aksi Marc Klok.


1. Puji Sikap Anak Asuhnya

Pelatih klub Liga 1 PSM Makassar, Bernardo Tavares.

Lanjut ke paruh kedua, Tavares masih dibuat berang oleh kesalahan elementer yang sering dilakukan oleh skuat PSM Makassar sehingga Persib Bandung terus mendapat peluang cuma-cuma.

Namun, pemilik lisensi kepelatihan level UEFA Pro ini memuji sikap anak asuhnya yang sangat berhasrat untuk meraih kemenangan pasca-kandas di Piala AFC 2022.

“Babak kedua sama saja. Terkadang, pemain hilang fokus dan tak melakukan apa yang seharusnya guna meraih kemenangan,” tutur Bernardo Tavares.

Baca Juga

“Jadi, kami sering membahayakan diri sendiri karena membuat banyak kesalahan tapi sikap dan etika dari para pemain sangat bagus dan luar biasa,” tambah eks talent scouting FC Porto ini.

Sehingga, Pasukan Ramang mampu menambah dua gol lewat Yakob Sayuri untuk menorehkan brace (51’) dan Wiljan Pluim pada menit ke-65.

Baca Juga

Alhasil, PSM Makassar sukses meraih kemenangan besar pertamanya di Liga 1 2022-2023 dengan skor 5-1 yang sekaligus kekalahan terburuk untuk Persib Bandung pada musim ini.


2. Kembali ke Papan Atas

Penyerang PSM Makassar, M Ramadhan Sananta, bersiap melepas sepakan first time yang merobek gawang Persib Bandung dalam lanjutan BRI Liga 1 2022/23. Foto: Adriyan Adirizky R/INDOSPORT

Pesta gol 5-1 kontra Persib Bandung membuat PSM Makassar kembali ke papan atas Liga 1 2022-2023. Mereka sempat melorot hingga anak tangga ketujuh di klasemen sementara.

Kini, Pasukan Ramang bertengger di urutan ke-3 berkat koleksi 16 poin, hasil dari lima kali menang plus sekali seri, dan sama sekali belum tersentuh pahitnya kekalahan dari enam laga.

Baca Juga

Raihan poin tersebut telah menyamai Madura United dan terpaut dua angka dari Borneo FC. Akan tetapi, PSM Makassar masih memiliki tabungan satu laga lebih banyak di Liga 1 2022-2023.

Persib BandungPSM MakassarLiga IndonesiaLiga 1Bola IndonesiaBerita Liga 1Liga 1 2022-2023One FootballBernardo Tavares

Berita Terkini