x

Presiden Jokowi Perintahkan Segera Perbaiki Seluruh Venue Piala Dunia U-20 2023

Kamis, 8 September 2022 17:32 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Herry Ibrahim
Stadion GBK menjadi salah satu venue yang dipersiapkan untuk menggelar Piala Dunia U-20 2023 di Indonesia.

INDOSPORT.COM - Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo meminta seluruh venue untuk Piala Dunia U-20 2023 diperbaiki segala kekurangannya, Kamis (08/09/22).

Presiden Jokowi baru saja memimpin Rapat Terbatas (Ratas) mengenai Penyelenggaraan FIFA U-20 World Cup Tahun 2023, di Istana Merdeka, Jakarta.

Baca Juga

Ratas tersebut dihadiri Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali serta Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan dam stakeholder lainnya.

Presiden Jokowi meminta semua kekurangan untuk Piala Dunia U-20 2023 bisa diselesaikan dan diperbaiki sebelum FIFA melakukan kunjungan pada Oktober mendatang.

"Presiden memberikan arahan kepada kami untuk segera memperbaiki itu karena kita ada deadline. Kira-kira sekitar Oktober, FIFA akan melihat," ucap Menpora Zainudin Amali.

Baca Juga

Zainudin Amali, sebelumnya sejumlah stadion dan fasilitas telah siap untuk penyelenggaraan Piala Dunia FIFA U-20 yang sedianya diadakan pada tahun 2021.

Namun, karena adanya penundaan dan juga dipergunakannya fasilitas tersebut berbagai ajang pertandingan maka diperlukan sejumlah perbaikan di fasilitas tersebut.

"Saya beri contoh, seperti Stadion Manahan Solo yang tadinya sudah siap, tetapi pada saat itu kita gunakan untuk turnamen pramusim, dua kali bahkan turnamen pramusim, yaitu Piala Menpora dan Piala Presiden."

Baca Juga

"Kemudian untuk kompetisi Liga musim 2021/2020 dan 2022/2023, dan terakhir digunakan untuk ASEAN Para Games, sehingga kondisinya masih perlu perbaikan lagi."

"Sama halnya dengan stadion-stadion lainnya, seperti Si Jalak Harupat, Bandung dan lain sebagainya," ujarnya.


1. Apresiasi FIFA

Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo meminta seluruh venue untuk Piala Dunia U-20 2023 diperbaiki segala kekurangannya, Kamis (08/09/22).

Pada kesempatan itu, Menpora juga menyampaikan bahwa pihak FIFA mengapresiasi komitmen yang ditunjukkan Indonesia baik pusat dan daerah untuk menjadi tuan rumah penyelenggaraan Piala Dunia FIFA U-20.

“Ini kan tempatnya ada di enam provinsi, nah komitmen yang disampaikan oleh baik itu gubernur maupun bupati/wali kota sebagai host city agreement itu juga diapresiasi dengan baik oleh FIFA," imbuhnya.

Baca Juga

Zainudin mengungkapkan, di dalam Ratas Presiden Jokowi meminta jajaran terkait untuk memastikan kesiapan mulai dari infrastruktur hingga peralatan sesuai dengan standar yang telah ditetapkan oleh FIFA.

"Bapak Presiden memutuskan [menginstruksikan] kepada kami menteri-menteri terkait untuk segera melakukan langkah-langkah memenuhi apa yang dikehendaki oleh FIFA," ujarnya.

Sebelumnya, FIFA telah melakukan inspeksi ke Indonesia pada bulan Juni 2022 dan menemukan masih terdapat sejumlah kekurangan yang harus segera dilengkapi seperti kondisi infrastruktur dan kebutuhan peralatan.

Baca Juga

2. Minta Dukungan Masyarakat

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) memimpin Rapat Terbatas (Ratas) mengenai Penyelenggaraan FIFA U-20 World Cup Tahun 2023, di Istana Merdeka, Jakarta.

FIFA sendiri telah meluncurkan logo resmi Piala Dunia U-20 2023 yang akan berlangsung di Indonesia.

Terasa istimewa karena dirilis bertepatan dengan HUT Kemerdekaan RI ke-77, Rabu (17/8/22).

Peluncuran logo resmi Piala Dunia U-20 2023 disambut antusias Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali. Dia berharap Indonesia terus mempersiapkan diri untuk menjadi tuan rumah yang baik.

Menpora lantas meminta dukungan masyarakat Indonesia agar Piala Dunia U-20 2023 nanti berjalan lancar tanpa ada kendala yang berarti.

"Semua yang sudah disepakati antara Pemerintah Indonesia dengan FIFA akan kami laksanakan sesuai aturan-aturan yang berlaku. Mohon doa dan dukungan masyarakat, khususnya para penggemar sepak bola di Tanah Air," ungkap Menpora.

Baca selengkapnya: Logo Resmi Piala Dunia U-20 Diluncurkan, Menpora Jamin Indonesia Siap Jadi Tuan Rumah

FIFAPSSIPiala Dunia U-20JokowiTimnas IndonesiaBola Internasional

Berita Terkini