x

Dipantau Perwakilan PSSI, Bek Keturunan Bogor Jadi Incaran Timnas untuk Piala Dunia U-20?

Jumat, 9 September 2022 18:25 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Herry Ibrahim
Anggota Komite Eksekutif PSSI, Hasani Abdulgani bertemu Pemain Keturunan Indonesia, Ivar Jenner.

INDOSPORT.COM - Pelatih Timnas Indonesia U-19, Shin Tae-yong dilaporkan telah mengajukan tujuh pemain keturunan untuk proyeksi Piala Dunia U-20 2023. Hanya saja, nama-nama yang dimaksud masih dirahasiakan. 

Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan mengungkapkan sudah melakukan penjajakan. Dua diantaranya telah bersedia dan lima lainnya dalam tahap komunikasi. 

Baca Juga

Menurut Iwan Bule -sapaan akrab Mochamad Iriawan, ada dua nama yang telah memberikan keputusan untuk bersedia membela Timnas Indonesia.

Mereka adalah Ivar Jenner yang bermain untuk klub Belanda, FC Utrecht U-21 dan bek tengah klub Inggris Wolverhampton Wanderers U-21 Justin Hubner. Keduanya saat ini berusia 18 tahun.

Baca Juga

"Kami melaporkan rencana yang diminta oleh pelatih. Ada tujuh pemain yang mungkin akan kami pakai, semuanya berasal dari Belanda," kata Iwan Bule ke awak media. 

"Dua nama sudah pasti, lima lainnya sedang kami jajaki. Tidak ada masalah karena ini permintaan dari pihak pelatih," imbuhnya.

Baca Juga

Dengan demikian, lima pemain lainnya tentu saja jadi pertanyaan pendukung Timnas Indonesia. Beberapa nama pun mulai dikaitkan, salah satunya adalah Damian van Dijk.

Damian sempat dinotif oleh perwakilan PSSI, Hamdan Hamedan yang sejauh ini ditugaskan mengurus naturalisasi pemain keturunan. Hal itu terlihat dalam interaksi di akun Instagram Footballtalentnesia. 


1. Siap Bela Timnas

Damian van Dijk bersama tim Telstar U-18/U-21. foto: sctelstar.nl/de-club

Ketika dikonfirmasi INDOSPORT, perwakilan PSSI Hamdan Hamedan masih belum memberikan jawaban.

Tapi, secara terpisah Damian van Dijk sendiri telah menyatakan bersedia untuk membela Timnas Indonesia apabila memanh mendapat panggilan. 

Baca Juga

"Ya, saya sudah mendengar soal itu (pencarian pemain keturunan untuk Piala Dunia U-20 2023). Tentu saja saya senang jika dapat panggilan," kata Damian ke INDOSPORT.

"Saya suka karena banyak penggemar (sepak bola) di Indonesia. Mereka (suporter) banyak mengirimi saya pesan dan itu membuat saya merasa banyak hal baik dengan Indonesia," imbuhnya.

Damian van Dijk lahir pada 19 Maret 2004 dan berposisi sebagai bek tengah. Awalnya, dia bermain untuk Telstar U-18, tapi kemudian dipromosikan ke tim U-21. 

Baca Juga

2. Asal Usul

Damian van Dijk bersama tim Telstar U-18/U-21. foto: sctelstar.nl/de-club

Damian menjelaskan, ayahnya berasal dari Bogor, Jawa Barat. Semua keluarga dari ayahnya juga menetap di Bogor, jadi tak ada alasannya menolak panggilan PSSI atau Indonesia. 

Damian kini bermain untuk klub Belanda, Telstar U-21 meski masih berusia 18 tahun. Dia memastikan, keluarganya juga mendukung kesempatan untuk bermain bagi skuad Garuda. 

"Ayah saya lahir di Bogor, kemudian pindah ke Belanda. Sekarang dia warga negara Belanda, tapi semua keluarga lainnya tinggal di Bogor," jelasnya. 

"Ya, keluarga saya tentu akan bangga apabila saya mendapat panggilan dari PSSI," tuntas pemain bertinggi 193 cm itu. 

Damian van Dijk lahir pada 19 Maret 2004 dan berposisi sebagai bek tengah. Awalnya, dia bermain untuk Telstar U-18, tapi kemudian dipromosikan ke tim U-21. 

Piala Dunia U-20NaturalisasiTimnas IndonesiaBola InternasionalIvar JennerJustin Quincy Hubner

Berita Terkini