x

Gagal di Liga Inggris, Wayne Rooney Paksa Pakai Metode Sir Alex Ferguson di MLS

Selasa, 20 September 2022 05:45 WIB
Penulis: Yudha Riefwan Najib | Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
Pelatih DC United, Wayne Rooney yang mengalami kegagalan di Liga Inggris kini belajar untuk mengadopsi metode kepelatihan Sir Alex Ferguson di Major League Soccer (MLS).

INDOSPORT.COM – Wayne Rooney sempat mengalami kegagalan di Liga Inggris dan kini belajar untuk mengadopsi metode kepelatihan Sir Alex Ferguson di Major League Soccer (MLS).

Sejak mulai melatih DC United pada awal 2022, Wayne Rooney mencoba mengambil inspirasi dari eks juru taktiknya di Manchester United yakni Alex Ferguson.

Baca Juga

Namun, harapan Wayne Rooney bisa sukses seperti Sir Alex Ferguson menemui hambatan. Hal itu setelah timnya baru membukukan dua kemenangan, tiga hasil imbang, dan menelan kekalahan dua kali dari 12 pertandingan laga.

Bahkan, melansir dari Mirror, Rooney meminta para pemain untuk terlibat dalam sesi dan menanyakan pendapat mereka tentang apa yang diperintahkan untuk mereka lakukan.

Pelatih berusia 36 tahun tersebut percaya bahwa metode tersebut bisa membantu pemain untuk memahami taktik permainan, serta mampu menerima ide.

Baca Juga

Selain itu, pelatih asal Inggris itu juga menekankan bahwa dirinya akan memperlakukan pemain secara dewasa, walaupun sebenarnya skuat DC United juga diisi oleh para pemain muda.

“Yang terpenting adalah memperlakukan mereka sebagai orang dewasa. Mereka masih muda, tetapi memperlakukan mereka seperti laki-laki dan itu sangat berarti bagi mereka,” ujarnya.

“Anda dapat memberi mereka struktur (taktis) tetapi Anda tidak bisa berdiri di samping mereka di lapangan: mereka harus bertanggung jawab dan membuat keputusan untuk diri mereka sendiri.”

Baca Juga

Hal tersebut dilakukan oleh Rooney agar para pemain memiliki pendapat, dan mau untuk mengungkapkan segalanya kepadanya.

Dengan demikian, Wayne Roonet telah membulatkan tekad untuk mengadopsi taktik dari pelatih sukses Eropa, Sir Alex Ferguson, yang menanganinya selama sembilan musim.


1. Wayne Roonet Gagal di Liga Inggris

Wayne Rooney.

Dari deretan nama pelatih dengan usia muda seperti Franck Lampard dan Steven Gerrard, Wayne Rooney merupakan orang yang pertama kali hengkang dari Liga Inggris.

Sementara Rooney resmi mengumumkan perpisahannya dengan Derby County sejak Juni 2022 lalu. Tercatat, dirinya telah menangani Derby County sejak 2021 lalu.

Baca Juga

Namun, karena tim yang dilatihnya terdegradasi dari Championship atau Divisi 2 Liga Inggris, pelatih berusia 36 tahun itu langsung mengundurkan diri.

Menurutnya, Roney sudah bukan orang yang tepat untuk menahkoadai lagi Derby County pada kompetisi-kompetisi di musim selanjutnya.

Kenyataan pahit itu terjadi kala Derby County berada di peringkat ke-23, dengan mengemas 34 poin pada klasemen akhir Divisi 2 Liga Inggris.

Baca Juga

Bahkan pelatih kelahiran Liverpool tersebut mengungkapkan bahwa sudah saatnya Derby County untuk memilih wajah baru, agar terus berkembang.

“Selama musim panas saya telah mengikuti perkembangan mengenai kepemilikan Derby County,” ungkap Rooney dikutip dari situs resmi klub.

Selain terinspirasi oleh Alex Ferguson, ternyata Wayne Rooney juga melihat hal yang sama, saat dilatih oleh Louis Van Gaal.

Baca Juga

“Saya memiliki manajer yang tidak akan diajak bicara oleh para pemain dan cara saya bekerja adalah bertanya kepada para pemain 'apakah Anda mengerti apa yang saya minta dari Anda?',” tambah Rooney

“Dan jika tidak, kita dapat membahas lebih detail dan saya akan menanyakan pendapat mereka. Louis Van Gaal melakukan itu. Dia adalah manajer pertama yang saya miliki, “dan melakukan hal itu),” pungkasnya.


2. Detik-detik Gol Ajaib Mane Kontra DC United

Selebrasi Sadio Mane pasca mencetak gol di laga RB Leipzig vs Bayern Munchen (31/07/22). (Foto: REUTERS/Matthias Rietschel)

Sadio Mane dan Matthijs de Ligt mencetak gol debut di laga uji coba DC United vs Bayern Munchen. Berikut ini detik-detik gol ajaib kedua pemain tersebut. Seperti diketahui,

Bayern Munchen melawan DC United dalam pertandingan uji coba pramusim 2022. Pertandingan ini berlangsung di Stadion Audi Field, Kamis (21/07/22) pagi WIB.

Bayern Munchen langsung mendominasi sejak menit pertama. Hal ini membuat pasukan Julian Nagelsman menang telak 6-2 atas DC United.

Baca selengkapnya: Detik-detik Gol Ajaib Sadio Mane dan Matthijs de Ligt di Laga DC United vs Bayern Munchen

Wayne RooneySir Alex FergusonMajor League Soccer (MLS)Bola InternasionalDC United

Berita Terkini