x

Kini Cetak 700 Gol di Level Klub, Mengenang Lagi Gol-gol Bersejarah Cristiano Ronaldo

Senin, 10 Oktober 2022 18:08 WIB
Penulis: Izzuddin Faruqi Adi Pratama | Editor: Isman Fadil
Cristiano Ronaldo kini total memiliki 700 gol di level klub hasil memperkuat Sporting Lisbon, Real Madrid, Juventus, dan kini Manchester United.

INDOSPORT.COM - Cristiano Ronaldo kembali mengukuhkan dirinya sebagai pencetak gol terbaik sepanjang sejarah sepakbola usai baru saja menggenapkan torehannya di level klub menjadi 700 gol.

Rekor tersebut ia ukir kala membantu Manchester United menggebuk Everton dalam lanjutan Liga Inggris 2022/2023 pada Senin (10/10/22) dini hari lalu.

Baca Juga

Saat ini Ronaldo adalah pemimpin daftar top skor untuk level klub berkat 700 lesakan tadi.

Sebagai rinciannya, CR7 mengemas 5 gol bersama Sporting Lisbon, 450 di Real Madrid, 101 untuk Juventus, dan 144 sejauh ini dalam dua periode berkostum Manchester United.

Di bawahnya ada rival abadinya yakni bintang asal Argentina, Lionel Messi, yang saat artikel ini dibuat hanya terpaut sembilan gol saja.

Baca Juga

Capaian ini bak oase di padang pasir bagi Ronaldo karena di musim ini ia tengah berusaha keluar dari paceklik gol.

Sudah sepuluh laga ia mainkan di 2022/2023 namun baru dua gol saja yang bisa dikeasnya di semua ajang.

Baca Juga

Padahal publik seharusnya bisa maklum karena Ronaldo sudah tidak lagi muda di usia 37 tahun namun artinya sejak awal standar yeng begitu tinggi sudah ia pasang sendiri.

Untuk merayakan milestone terbaru Cristiano Ronaldo sang manusia 700 gol, paling cocok adalah mengenang capaian sebelumnya. Berikut kami ulas.


1. Bermula dari Sporting

Cristiano Ronaldo saat masih di Sporting Lisbon.

1. Gol Pertama (Sporting Lisbon)

Sporting Lisbon adalah klub profesional pertama Cristiano Ronaldo sehingga tidak heran di sana pula ia menjaringkan gol perdananya.

20 Oktober 2022, Ronaldo yang saat itu baru berusia 17 tahun mendapatkan kesempatan menjadi starter untuk kali pertama di ajang Liga Portugal melawan Moreirense.

Baca Juga

Tidak disangka-sangka, ia bisa langsung bikin gol yang indah dengan skill individu termasuk step over yang memperdaya sampai tiga pemain lawan sebelum menceploskan bola ke dalam gawang.

Dalam laga itu Ronaldo tidak hanya mencetak satu gol melainkan dua sehingga Sporting menang 3-0. Publik pun untuk kali pertama disuguhkan dengan aksi talenta yang di masa depan akan jadi salah satu atlet terbaik di muka bumi.

2. Gol ke-50 (Manchester United)

Untuk gol ke-50, Ronaldo mencetaknya di kompetisi sepakbola tertua di dunia yakni Piala FA karena saat itu ia sudah membela Manchester United.

Baca Juga

Gol tersebut tercipta ke gawang Middlesbrough pada 19 Maret 2007 via titik putih dalam sebuah partai ulangan babak keenam Piala FA.

Ronaldo benar-benar berperan besar karena ia sendiri yang memenangkan penalti tersebut dan maju sebagai eksekutornya sekaligus.

Sepakannya sama sekali tidak bisa dihalau oleh kiper Middlesbrough, Mark Schwarzer, dan United pun pada akhirnya menang tipis 1-0 di hadapan publik Old Trafford.

Baca Juga

Musim 2006/2007 adalah musim dimana Ronaldo mulai diberi peran lebih dari sekedar pemain sayap biasa oleh manajernya kala itu, Sir Alex Ferguson.

Perlahan ia menjelma menjadi pemain sayap modern yang tidak hanya bertugas sebagai pengirim umpan silang namun juga goal getter yang piawai.


2. Menggila di Madrid

Cristiano Ronaldo di Real Madrid.

3. Gol ke-100 (Manchester United)

Dalam periode ini Cristiano Ronaldo sudah masuk dalam jajaran pemain terbaik dunia usai di musim sebelumnya, 2007/2008, memimpin Manchester United menjuarai Liga Inggris dan Liga Champions sekaligus.

Pada 2008/2009 trofi Ballon d'Or perdana sukses direngkuh namun tidak ada tanda-tanda kepuasan darinya.

Baca Juga

Kendati sempat melakukan pemulihan usai operasi cedera engkel, Ronaldo sudah bisa kembali tajam. Gol klub ke-100 ia klaim saat jumpa West Bromwich Albion di ajang Liga Inggris pada 18 Oktiber 2008.

4. Gol ke-500 (Real Madrid)

Bersama Real Madrid, evolusi Ronaldo dari seorang pemain sayap lincah bak kilat menjadi predator buas di kotak penalti mencapai titik sempurnanya. Terutama di musim 2016/2017.

Kala itu usianya sudah menginjak 31 tahun namun ketajamannya sama sekali tidak pudar dan justru makin terasah. Mulai diposisikan sebagai penyerang tengah, gol nomor 500 pun ia bukukan.

Baca Juga

Rekor tersebut ia torehkan di semifinal ajang Piala Dunia Antar Klub melawan Club America pada 15 Desember 2016. Real Madrid pun menang dengan skor 2-0 dan berhak melaju ke partai puncak.

5. Gol ke-700 (Manchester United)

Sebenarnya Ronaldo bisa membungkus lebih cepat rekor ini andai kebugarannya di awal 2022/2023 tidak terganggu. Saat Manchester United melakukan pramusim, ia memang tengah disibukkan dengan isu hengkang.

Namun setelah gagal pergi, kapten timnas Portugal tersebut tetap menunjukkan profesionalitasnya dan sekuat tenaga membantu timnya.

Baca Juga

Determinasi Cristiano Ronaldo terlihat kala ia mencetak satu gol penentu kemenangan ke gawang Everton di pekan kesembilan Liga Inggris, Senin (10/10/22) dini hari lalu.

Sebuah kelegaan luar biasa baginya karena akhinya ia bisa pecah telur di kompetisi domestik dan rekor 700 gol hanya dianggap sebagai pemanis belaka.

Real MadridManchester UnitedCristiano RonaldoJuventusSporting LisbonLiga Inggris

Berita Terkini