x

Dari Barcelona hingga AC Milan, 5 Tim Besar yang Berpotensi Susul Arsenal dan MU ke Liga Europa

Kamis, 13 Oktober 2022 14:25 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Fikayo Tomori saat menyampaikan protes ke wasit laga Liga Champions AC Milan vs Chelsea. Foto: REUTERS/Daniele Mascolo.

INDOSPORT.COM – Berikut deretan tim besar yang berpotensi menyusul Arsenal dan Manchester United ke Liga Europa 2022/23.

Fase grup Liga Champions 2022/23 memasuki babak akhir, setelah beberapa tim melakoni Matchday ke-4 yang berakhir beberapa jam lalu.

Baca Juga

Dari Matchday ke-4 ini, beberapa tim telah memastikan lolos ke babak 16 besar. Total sudah ada lima tim yang memastikan lolos.

Kelima tim yang telah lolos ke babak 16 besar Liga Champions 2022/23 tersebut adalah Manchester City, Bayern Munchen, Real Madrid, Club Brugge, dan Napoli.

Kelima tim itu lolos usai memuncaki klasemen grup masing-masing dan secara perhitungan, poinnya tak dapat lagi dikejar oleh tim-tim lainnya.

Baca Juga

Sayangnya, kiprah tim-tim besar yang telah lolos ke babak 16 besar Liga Champions 2022/23 ini tak dapat diikuti oleh tim-tim besar lainnya.

Entah mengapa, tim-tim besar langganan babak 16 besar Liga Champions saat ini malah keteteran di fase grup yang dihuninya.

Bahkan saking keteterannya, beberapa tim besar ini justru berpotensi gagal ke babak 16 besar Liga Champions dan turun kasta ke Liga Europa.

Baca Juga

Jika tim-tim besar ini turun kasta, maka tim-tim besar ini akan menyusul Arsenal dan Manchester United yang lebih dulu ada di Liga Europa.

Siapa sajakah tim besar di Liga Champions musim ini yang berpotensi turun kasta ke Liga Europa? Berikut daftarnya.


1. Langganan Juara Terancam Turun Kasta

Dylan Batubinsika dari Maccabi Haifa dan Adrien Rabiot dari Juventus REUTERS-Ronen Zvulun

1. AC Milan

AC Milan merupakan salah satu langganan juara Liga Champions. Bahkan, di Liga Champions 2022/23 ini AC Milan berpartisipasi dengan status kampiun Liga Italia 2021/22.

Sayangnya, AC Milan malah kesulitan di fase grup Liga Champions 2022/23. Tergabung di grup E bersama Chelsea, RB Salzburg, dan Dinamo Zagreb, Il Diavolo Rosso malah keteter di papan bawah klasemen.

Dalam empat laga yang telah dimainkan, AC Milan baru mengumpulkan empat poin, bekal dari satu kemenangan, satu hasil imbang, dan dua kekalahan.

Baca Juga

Dengan dua laga tersisa, AC Milan akan menghadapi Dinamo Zagreb dan RB Salzburg. Jika kembali seri atau kalah, Rossoneri pun bisa saja turun ke Liga Europa musim ini.

2. Barcelona

Sama seperti AC Milan, Barcelona juga merupakan langganan juara Liga Champions. Di musim ini, Blaugrana diprediksi akan melangkah jauh karena banyak mendatangkan bintang baru.

Nahasnya, Barcelona justru keteteran di fase grup Liga Champions, usai tergabung di grup neraka, yakni grup C bersama Bayern Munchen, Inter Milan, dan Viktoria Plzen.

Baca Juga

Dalam empat laga yang dimainkan, Barcelona baru mengumpulkan empat poin, dengan catatan satu kemenangan, satu hasil imbang, dan dua kekalahan.

Peluang Barcelona untuk lolos pun menipis, mengingat Bayern Munchen sudah merebut satu tiket. Andai Inter Milan menang di laga kelima kontra Viktoria Plzen, maka Blaugrana harus kembali ke Liga Europa.

3. Juventus

Nasib AC Milan sebagai wakil Italia yang berpotensi turun kasta ke Liga Europa pun diikuti oleh Juventus yang tergabung di grup H.

Berada dalam satu grup bersama PSG, Benfica, dan Maccabi Haifa, Juventus justru terseok-seok. Terbaru, Bianconeri harus tumbang dari Maccabi Haifa.

Baca Juga

Karena kekalahan dari Maccabi Haifa itu, Juventus kini baru mengumpulkan tiga poin, sama seperti raihan poin wakil Israel tersebut.

Mengingat di dua laga terakhir Juventus akan bertemu PSG dan Benfica, tak ada hasil selain kemenangan agar Bianconeri bisa melangkah ke babak 16 besar Liga Champions 2022/23.


2. Langganan 16 Besar

Rodrigo De Paul saat laga LaLiga Spanyol antara Atletico Madrid vs Celta Vigo

4. Atletico Madrid

Atletico Madrid merupakan salah satu wakil Spanyol selain Real Madrid dan Barcelona yang terbilang rutin tampil di Liga Champions dan kerap lolos ke babak gugur.

Namun di musim ini, peluang Atletico terbilang tipis. Pasalnya, Los Rojiblancos tengah menjalani fase buruk di babak grup.

Baca Juga

Dalam empat laga, Atletico baru mengumpulkan empat poin saja, tertinggal dari Club Brugge dan FC Porto di posisi pertama dan kedua.

Mengingat Club Brugge telah dipastikan lolos, maka peluang Atletico terbilang tipis karena FC Porto lebih punya kesempatan besar untuk lolos.

5. Tottenham Hotspur

Wakil Inggris, Tottenham Hotspur, juga berpotensi gagal melangkah jauh di Liga Champions musim ini dan turun kasta ke Liga Europa.

Klub yang biasa disapa Spurs itu saat ini memang tengah memuncaki klasemen grup D. Namun tujuh poin yang telah diraih Tottenham itu belumlah aman.

Baca Juga

Pasalnya, Marseille dan Sporting CP sudah mengumpulkan enam poin. Adapun lawan Tottenham selanjutnya adalah dua klub itu.

Dengan pertaruhan besar untuk ke 16 besar, Tottenham pun akan menghadapi laga sulit melawan Marseille dan Sporting CP.

Atletico MadridManchester UnitedArsenalBarcelonaLiga EuropaAC MilanJuventusTottenham HotspurOne Football

Berita Terkini