x

Liga 1 Dihentikan Sebulan, Kapten Persita Tangerang Takut Kehilangan Momentum?

Jumat, 14 Oktober 2022 20:13 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Indra Citra Sena
Pelatih Persita, Alfredo Vera dan pemain, Muhammad Toha jelang lawan Persis Solo. Foto: Persita Tangerang

INDOSPORT.COM - Liga 1 Indonesia 2022-2023 kabarnya baru berlanjut pada akhir November mendatang. Semua itu berdasarkan hasil koordinasi antara PSSI, AFC, dan FIFA.

Keputusan itu diambil imbas dari Tragedi Kanjuruhan yang mengakibatkan jatuhnya ratusan korban jiwa. Apalagi, Presiden RI, Joko Widodo, sudah memerintahkan supaya kejadian itu diusut tuntas terlebih dulu, sebelum kompetisi diputar kembali. 

Baca Juga

Awalnya, PSSI mengumumkan Liga 1 2022-2023 ditunda selama dua minggu. Tapi, situasi kemudian berubah dan durasi vakum semakin panjang.

Perihal Liga 1 yang ditunda hampir sebulan, kapten Persita Tangerang, Muhammad Toha, mengatakan tidak masalah. Tapi, hal itu juga bisa saja memberatkan klub dan pemain karena banyak aspek harus diperhatikan. 

"Kalau mengganggu sih tak terlalu ya karena pemain tetap fokus berlatih walaupun mandiri karena sekarang sedang libur," kata Muhammad Toha

Baca Juga

"Cuma kalau terlalu lama kick-off lanjutan, yang jadi perhatian adalah fisik pemain pasti menurun. Itulah PR kami nanti ketika Liga 1 kembali bergulir," imbuhnya. 

Vakumnya Liga 1 membuat Persita harus waspada. Menurut Toha, mereka wajib menjaga fokus dan konsentrasi lantaran berpotensi kehilangan momentum gara-gara libur kompetisi yang cukup lama. 

Pendekar Cisadane kini sedang berada di papan atas, tepatnya peringkat ketiga dengan perolehan 21 poin dari 11 laga. Mereka hanya terpaut dua poin dari Borneo FC di puncak klasemen sementara Liga 1 2022-2023.

Baca Juga

"Alhamdulillah Persita Tangerang sedang baik. Semoga bisa konsisten dan fokus terus. Kalau kerugian menurut pandangan saya tidak terlalu," cetusnya. 

"Tentu dengan catatan pemain harus tetap menjaga kondisi terbaik di saat libur ini. Jika tidak, itulah yang menjadi kerugian karena fokus dan fisik pemain terganggu," lanjut Toha. 


1. Libur 3 Hari

Pertandingan antara PSS Sleman melawan Persita Tangerang di BRI Liga 1. Foto: Persita

Persita Tangerang saat ini masih tetap menjalani latihan di Indomilk Arena. Tim terakhir berlatih hari ini, Jumat (14/10/22), dan bakalan diberikan jatah libur selama tiga hari ke depan. 

Persita Tangerang juga kedatangan satu pemain baru selama sesi latihan di jeda Liga 1 2022-2023. Sosok itu adalah gelandang lokal, Rifky Dwi Septiawan, yang sudah ikut berlatih sejak pekan lalu. 

Baca Juga

Sejatinya, Rifky sudah tak asing bagi kubu Persita. Pemain berusia 20 tahun itu sebelumnya izin untuk mengikuti proses seleksi calon tentara Angkatan Laut di Malang, Jawa Timur, sejak tahun lalu. 

Bersama pemain Persita lain, Aditia Gigis Hermawan, Rifky harus absen dari seluruh pertandingan di putaran kedua Liga 1 2021-2022. Artinya, sudah 10 bulan keduanya meninggalkan klub. 

Baca Juga

Saat ini, Rifky Dwi Septiawan sudah kembali ke skuad Persita setelah mendapatkan izin dari kesatuannya. Sedangkan, Aditia belum bergabung.

Persita TangerangLiga IndonesiaLiga 1Bola IndonesiaBerita Liga 1Muhammad TohaRifky Dwi SeptiawanLiga 1 2022-2023One Football

Berita Terkini