x

Bek Kanan Bertumbangan, 3 Pemain yang Bisa Dimainkan Gareth Southgate untuk Piala Dunia 2022

Minggu, 16 Oktober 2022 12:46 WIB
Penulis: Antonius Wahyu Indrajati | Editor: Isman Fadil
Berikut tiga pemain yang bisa dimainkan Gareth Southgate di Piala Dunia 2022, setelah Reece James, Trent Alexander-Arnold dan Kyle Walker alami cedera. Foto: Reuters/Jason Cairnduff.

INDOSPORT.COM – Berikut tiga pemain yang bisa dimainkan Gareth Southgate di Piala Dunia 2022, setelah Reece James, Trent Alexander-Arnold dan Kyle Walker alami cedera.

Kemenangan Chelsea atas AC Milan di San Siro, harus membawa pulang kabar buruk dengan cedera yang dialami Reece James.

Baca Juga

Awalnya, cedera yang dialami Reece James dilaporkan tidak cukup serius, setelah melakukan pemeriksaan di Italia.

Hanya saja, setelah melakukan pemeriksaan lebih lanjut di London, cedera tersebut ternyata cukup parah.

Bek sayap andalan Chelsea itu, mengalami kerusakan ligamen pada lututnya, sehingga ia berkemungkinan besar akan melewatkan Piala Dunia 2022.

Baca Juga

Pasalnya, dengan kerusakan ligamen itu James harus absen selama enam hingga delapan pekan. Meskipun ia diharapkan akan tampil di laga pembuka bersama Timnas Inggris.

Sementara itu, Trent Alexander-Arnold juga dikabarkan mengalami cedera di pergelangan kakinya dan dikhawatirkan akan melewatkan laga kontra Manchester City.

Selain James dan Trent, Kyle Walker juga ikut mengalami cedera sehingga ia juga berkemungkinan akan melewatkan laga melawan Liverpool.

Baca Juga

Hanya saja, masih belum diketahui apakah Trent atau Walker akan kembali fit sebelum Gareth Southgate memberikan pengumuman di November nanti.

Berdasarkan dengan kabar cedera tersebut, berikut INDOSPORT akan mengulas pemain yang bisa dimainkan Gareth Southgate di Piala Dunia 2022.


1. Memaksimalkan Bek Kanan yang Tersisa

Kieran Trippier saat laga Liga Inggris antara Fulham vs Newcastle United

Kieran Trippier

Pemain berusia 32 tahun, Kieran Trippier merupakan satu-satunya bek kanan yang tersisa di Timnas Inggris.

Bek kanan yang bermain untuk Newcastle tersebut, belakangan ini tampil begitu mengesankan setelah membantu klub berada di peringkat enam klasemen.

Baca Juga

Selain itu, berkat kemampuannya Newcastle menjadi salah satu klub dengan jumlah kebobolan paling sedikit bersama Manchester City di Liga Inggris musim ini.

Dari sembilan pertandingan yang telah direngkuh Newcastle, mereka hanya kebobolan sembilan gol.

Berdasarkan hal tersebut, tak pelak membuat Kieran Trippier patut dipertimbangkan untuk tampil di Piala Dunia 2022.

Baca Juga

Kieran Tippier memiliki kemampuan sebagai pengumpan andal meski berperan sebagai bek kanan. Berdasarkan catatan statistiknya, ia mampu melepaskan umpan sebanyak 63.71 per 90 menit.

Selain itu, Tippier juga bisa melakukan umpan progresif sebanyak 5.95 per 90 menit dengan persentil sebesar 95.

Artinya, ia turut aktif terlibat dalam proses membangun serangan. Oleh karena itu, Tippier merupakan salah satu pemain terbaik untuk mengisi posisi sebagai bek kanan.

Baca Juga

Sementara saat bertahan, Kieran Tippier juga piawai dalam menghalau bola-bola udara karena mampu melakukannya sebanyak 2.26 per 90 menit dengan persentil 92.

Oleh karena itu, Gareth Southgate tidak perlu meragukan kemampuan Kieran Tippier, karena dirinya adalah solusi atas cedera yang dialami James, Trent, dan Walker.


2. Menggeser Posisi Pemain yang Tersisa

Selebrasi Bukayo Saka saat laga Liga Inggris antara Arsenal vs Liverpool

John Stones

Bek tengah Manchester City, John Stones bisa menjadi salah satu opsi untuk mengisi tempat yang ditinggalkan James, Trent ataupun Walker.

Meskipun lebih sering menempati posisi di bek tengah. Tak menutup kemungkinan jika John Stones mampu bermain sebagai bek kanan.

Baca Juga

Pada pelaksanaan musim ini saja, ia telah memainkan peran sebagai bek kanan sebanyak dua kali dari enam pertandingan bersama Manchester City.

Menariknya, meski tidak bermain di tempat terbaiknya. John Stones mampu mencetak gol ketika melawan Borussia Dortmund di Liga Champions.

Untuk itu, John Stones bisa ditunjuk sebagai solusi untuk mengatasi bek kanan Timnas Inggris yang tengah dalam kondisi krisis.

Baca Juga

Bukayo Saka

Pemain andalan Arsenal, Bukayo Saka dalam beberapa pertandingan terakhir tampil mengesankan sebagai gelandang kanan.

Bukayo Saka bisa menjadi opsi terakhir untuk menggantikan peran James, Trent ataupun Walker. Hanya saja, kemampuan bertahannya tidak sebaik James ataupun Walker.

Baca Juga

Tapi, pilihan untuk memainkan Bukayo Saka juga membuat formasi Gareth Southgate ikut berubah karena Bukayo Saka sejatinya merupakan gelandang kanan.

Dengan formasi tiga bek, menempatkan Bukayo Saka sebagai bek sayap kanan tentu masih bisa dilakukan andai tidak ada opsi lainnya.

Kyle WalkerPiala Dunia 2022Gareth SouthgateTimnas InggrisTrent Alexander-ArnoldReece James

Berita Terkini