x

Tampil Melempem di Debut Liga 1, Pelatih Dewa United Beri Pembelaan: Tinggal Cari Kelemahan Tim

Senin, 24 Oktober 2022 08:41 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Ilham Oktafian
Dewa United saat ini berada diperingkat ke-12 klasemen sementara Liga 1 2022-2023. Tim promosi itu kumpulkan 12 poin dari 11 pertandingan.

INDOSPORT.COM - Dewa United saat ini berada diperingkat ke-12 klasemen sementara Liga 1 2022-2023. Tim promosi itu kumpulkan 12 poin dari 11 pertandingan.

Dari 11 laga, Dewa United hanya kumpulkan 12 poin dengan catatan kebobolan 20 gol, serta hanya 11 kali mencetak gol ke gawang lawan. Itu merupakan catatan yang kurang memuaskan bagi pelatih Nilmaizar.

Baca Juga

Meski demikian, Nilmaizar tidak lantas memojokan para pemain. Dia menilai Rangga Muslim dkk, sudah berusaha semaksimal mungkin, hanya saja tim lawan tidak mudah dihadapi.

Karenanya, pelatih 52 tahun itu memanfaatkan vakumnya Liga 1 2022 untuk memperbaiki kekurangan dan meningkatkan kinerja tim maupun individu.

“Kalau saya pikir semuanya harus kami apresiasi ya, tapi yang terbaik belum tentu,” buka Nil.

Baca Juga

“Tapi pemain pasti mau yang terbaik, mereka bermain maksimal tapi itulah situasional. Ketika ingin menang tapi kalah, mau menang tapi draw”.

“Tapi saya pikir secara umum mereka (pemain) sudah maksimal, tinggal kami mencari kelemahan dan meningkatkannya dan mematangkannya,” imbuhnya.

Selama jeda kompetisi, skuad Dewa United tetap berlatih. Tidak ada agenda libur karena Nilmaizar ingin tim lebih kompak ketika Liga 1 2022 dilanjutkan kembali.

Baca Juga

Juru taktik asal Sumatera Barat itu menjelaskan semuanya aspek harus dibenahi mulai dari taktikal, fisik, mental dan teknik. Kompenen tim dari bertahan, menyerang, transisi, belakang, tengah dan depan wajib diperbaiki selama masa jeda kompetisi.

“Meningkatkan kualitas di masing-masing posisi, bagaimana mereka bisa ikut dalam penyerangan dan sebaliknya,” jelas Nil soal fokus perbaikan selama libur kompetisi.


1. Gelar Uji Coba

Pelatih Dewa United, Nilmaizar. Foto: Nofik Lukman Hakim/Indosport.com

Untuk jaga kondisi dan sentuhan pemain, Dewa United gelar laga uji coba lawan klub Liga 3, Persipan Pandeglang, Jumat (21/10/22) di Stadion Indomilk Arena, Tangerang. Tim Tangsel Warrior pun menang meyakinkan dengan skor 5-2.

Dalam laga yang berlangsung 3x40 menit, pelatih Dewa United Nil Maizar menurunkan seluruh pemain, baik lokal maupun asing. Mereka dimainkan secara bergantian.

Baca Juga

Setelah lawan Persipan Pandeglang, Dewa United menjadwalkan uji coba berikutnya. Lawan selanjutnya yang diincar adalah klub Liga 2, supaya ada peningkatan level permainan.

Meski belum tampil konsisten di musim debut Liga 1 2022, kondisi Dewa United masih lebih baik dibanding dua klub promosi lainnya yakni RANS Nusantara FC dan Persis Solo.

Persis tempati peringkat ke-14 klasemen sementara Liga 1 2022 dengan 11 poin dari 11 laga. Sedangkan RANS diurutan ke-15 dengan 10 poin dengan jumlah pertandingan yang sama. 

Baca Juga

Sementara itu, Liga 1 2022 dihentikan sementara pasca kejadian di Stadion Kanjuruhan, Malang yang menelan 133 korban jiwa. Kompetisi baru akan dilanjut akhir November nanti, sesuai kesepakatan FIFA, AFC, PSSI dan pemerintah.

Namun, anggota Exco PSSI, Ahmad Riyadh menyebut tidak ada kepastian Liga 1 bakal dilanjut akhir bulan depan. Semuanya tergantung izin dari pemerintah, berdasarkan hasil investigasi dan observasi kejadian di Malang.

NilmaizarLiga IndonesiaLiga 1Berita Liga 1Dewa United FC

Berita Terkini