x

Mantan Klub Ronaldo Akan Jalin Kerja Sama dengan Persita, Bakal Benahi dari Tim U-16

Rabu, 26 Oktober 2022 17:48 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Herry Ibrahim
Perjalanan Presiden Klub Persita, Ahmed Rully Zulfikar, ke markas klub ternama Portugal, Benfica dan Sporting Lisbon melanjutkan kunjungan dari FC Porto kemarin. (Foto: Instagram@persita.official)

INDOSPORT.COM - Pekan lalu, presiden Persita Tangerang, Ahmed Rully Zulfikar, berkunjung ke tiga klub raksasa Portugal yakni Porto, Benfica dan Sporting Lisbon. Dirinya membawa misi menjalin kerja sama untuk bangun akademi sepak bola yang berkualitas.

Ahmed Rully ditemani direktur teknik sekaligus pelatih Persita U-20, Luis Edmundo Duran. Kunjungan mereka juga diinisiasi oleh Kedubes Republik Indonesia untuk Portugal, Rudi Alfonso. 

Baca Juga

Ahmed Rully mengatakan tujuan utama mereka ke Portugal adalah belajar soal pembinaan pemain muda. Kultur sepak bola negara tersebut dinilai punya kemiripan dengan Indonesia.

Menurut Rull, dari segi postur, para pemain Portugal hampir sama dengan Indonesia yakni di antara 170-180 cm.

“Saya dan tim ingin belajar banyak mengenai pembinaan sepak bola di Portugal, agar bisa kita adopsi di Persita Tangerang. Portugal adalah negara yang sangat cocok untuk itu, karena mereka memiliki kultur hampir sama dengan di Indonesia. Begitu juga dengan Spanyol,” kata Rully.

Baca Juga

Banyak ilmu dan pelajaran yang didapat oleh Persita dalam lawatan ke tiga klub tersebut. Apalagi tiga klub itu sering melahirkan banyak pemain kelas dunia seperti Cristiano Ronaldo dan lainnya.

“Dalam satu dekade terakhir mereka lebih banyak menciptakan banyak pemain top ketimbang Spanyol, secara akademi pun mereka lebih dinamis dan bisa diterapkan di Persita. Ekspor pemain Portugal pun lebih banyak saat ini di liga top Eropa,” tutur Rully.

Ketiga klub tersebut dikatakan menyambut baik kunjungan Persita. Kemungkinan ada kemitraan dengan salah satu klub, setelah dilakukan pertimbangan tertentu. 

Baca Juga

“Kami sedang dalam proses untuk pengerjaan proposal kerja sama ini. Sembari itu kami juga terus mengejar dan menyiapkan infrastruktur di sini. Kemungkinan jika ada kabar dari tim Portugal kami akan putuskan memakai tim yang mana, tiga klub itu memiliki pembinaan yang bagus dan cara yang berbeda,” jelas Presiden Persita. 

Bagi Persita, Sporting CP sangat menarik perhatian. Mantan klub Cristiano Ronaldo itu dikatakan memiliki cara pembinaan yang bagus, sesuai dengan yang rencana Persita.


1. Visi dan Misi Persita

Perjalanan Presiden Klub Persita, Ahmed Rully Zulfikar ke markas klub ternama Portugal, Benfica dan Sporting Lisbon melanjutkan kunjungan dari FC Porto kemarin. (Foto: Instagram@persita.official)

Akademi Sporting membentuk karakter, teamwork, mental, disiplin dan seperti yang visi dan misi Persita. Jadi para pemain akademi tetap akan menjalani pendidikan di sekolah umum.

“Sporting Portugal menarik buat saya karena mereka memiliki cara pembinaan yang bagus, sesuai dengan yang kita rencanakan,” Ahmed Rully.

Baca Juga

“Sporting mau memberikan ilmunya kepada Persita, mulai dari tim U-16” lanjutnya.

“Pendidikan itu sangat penting, begitu juga di Persita. Pendidikan nomor satu, supaya dari usia dini mereka dididik disiplin. Fisik dan taktik bisa dibentuk, tapi intelegensi didapat dari akademis,” ujar orang nomor satu di Persita. 

Baca Juga

Persita memang berambisi untuk lebih profesional. Tim Pendekar Cisadane mulai membangun training center hingga melakukan branding stadionnya jadi Indomilk Arena yang merupakan satu-satunya stadion dengan nama sponsor di Indonesia.

Musim ini, Persita memasang target tinggi yakni finish di posisi ketujuh Liga 1. Target itu lebih ambisius dibanding musim lalu yang hanya diurutan 10. 

Baca Juga

Penampilan Persita pun sejauh ini cukup mengejutkan. Muhammad Toha dkk berada di peringkat ketiga klasemen sementara Liga 1 dengan 22 poin dari 11 pertandingan.

Tim asuhan Alfredo Vera hanya terpaut satu poin dari Borneo FC yang berada di puncak klasemen Liga 1 2022/2023.

Cristiano RonaldoPortugalPersita TangerangSporting LisbonBola InternasionalLiga 1Ahmad Rully Zulfikar

Berita Terkini