x

Rapor Pemain Liverpool Saat Hancurkan Ajax, Salah dan Nunez Menggila

Kamis, 27 Oktober 2022 09:09 WIB
Penulis: Akwila Chris Santya Elisandri | Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Selebrasi para pemain Liverpool usai menceak gol ke gawang Ajax di Liga Champions. (Foto: REUTERS/Piroschka Van De Wouw)

INDOSPORT.COM – Berikut rapor pemain Liverpool saat bertanding melawan Ajax Amsterdam di matchday ke-5 Liga Champions Eropa 2022/23, Kamis (27/10/22), di mana Salah dan Nunez menggila.

Raihan positif diperoleh Liverpool saat bertandang ke markas Ajax Amsterdam pada Kamis (27/10/22) dini hari WIB. Pasukan Jurgen Klopp berhasil menang dengan skor telak, 0-3, atas tuan rumah.

Baca Juga

Bermain sebagai tim tamu, Liverpool tak langsung tampil panas sejak awal laga. Klub berjuluk The Reds tersebut harus lebih dulu dibombardir oleh Ajax.

Mencoba untuk menunjukkan kualitas mereka sebagai tim raksasa Liga Inggris, Liverpool mencoba untuk keluar dari tekanan.

Usaha Liverpool akhirnya membuahkan hasil di penghujung babak pertama atau tepatnya pada menit ke-42’ lewat aksi Mohamed Salah.

Baca Juga

Memanfaatkan umpan cantik dari Jordan Henderson, Salah kemudian mengkonversikannya menjadi gol dan membawa Liverpool unggul, 0-1.

Memasuki babak kedua, Liverpool mencoba untuk lebih menunjukkan kelasnya. Pada menit ke-49’, pasukan Jurgen Klopp kembali memperbesar keunggulan mereka.

Memanfaatkan umpan sepak pojok dari Andy Robertson, Darwin Nunez berhasil menanduk bola ke sudut kiri gawang yang tak mampu dibendung Remko Pasveer.

Baca Juga

Dua menit berselang setelah gol Darwin Nunez, Liverpool kembali memperbesar keunggulan mereka melalui Harvey Elliot lewat sepakan kerasnya.

Hingga akhir pertandingan skor 0-3 untuk kemenangan Liverpool tetap tidak berubah. Gol dari Darwin Nunez dan Mohamed Salah membuat mereka mendapat rating tinggi. Namun, ada juga pemain lain yang mendapat rating tak kalah bagus dari mereka, siapa saja mereka? Berikut ulasannya.


1. Rating Pemain Liverpool Saat Lawan Ajax

Jurgen Klopp, pelatih Liverpool. Foto: REUTERS/Lee Smith

Alisson Becker (7)

Untuk kesekian kalinya, Alisson Becker mampu memberikan rasa lega kepada para pendukung Liverpool kala melawan Ajax malam tadi.

Tampil solid sejak awal pertandingan membuat gawang Liverpool terbebas dari marabahaya yang merugikan tim.

Baca Juga

Mencatatkan beberapa penyelamatan hingga menorehkan cleansheet di akhir pertandingan membuat penampilan ke-200-nya begitu sempurna.

Trent Alexander-Arnold (7)

Kembali bermain di posisi ternyamannya, Trent Alexander-Arnold mampu menunjukkan kemampuan dirinya yang sempat hilang.

Menunjukkan kokohnya sisi kanan dan mencegah Dusan Tadic untuk bergerak leluasa membuatnya layak mendapat pujian. Terlebih umpan-umpan silangnya yang selalu menunjukkan ancaman bagi lawan.

Baca Juga

Joe Gomez (7)

Setelah dibuat tak berdaya saat menghadapi Nottingham Forest akhir pekan lalu, Joe Gomez kembali menunjukkan kualitasnya malam tadi.

Joe Gomez menjadi aktor yang dapat diandalkan dalam mementahkan peluang-peluang yang mengancam lini pertahanan The Reds.

Virgil van Dijk (7.5)

Tubuh tinggi dan kekarnya lagi-lagi mampu membuat lawan bertekuk lutut kala berhadapan dengannya.

Baca Juga

Bersama Joe Gomez di lini belakang, Van Dijk sukses mematahkan serang Ajax dan memicu serangan balik bagi Liverpool.

Andy Robertson (8)

Andy Robertson menjadi sosok paling berpengaruh dalam kemenangan Luverpool atas Ajax Amsterdam semalam.

Memiliki kecakapan dalam membedah lini pertahanan lawan dan turut memberikan assist bagi terciptanya gol Darwin Nunez membuatnya layak diganjar nilai tinggi.


2. Salah dan Nunez Moncer

Mohamed Salah berusaha melewati pemain Ajax di Liga Champions.

Jordan Henderson (7.5)

Jordan Henderson menunjukkan betapa pentingnya dirinya bagi lini tengah Liverpool malam tadi. Melepaskan umpan brilian kepada Mohamed Salah yang berujung adalah puncaknya.

Fabinho (6.5)

Belum menunjukkan performa yang menjanjikan meski telah bekerja keras dalam membendung serangan Ajax, tampaknya belum cukup untuk membuat Fabinho mendapat nilai tinggi dalam pertandingan semalam.

Baca Juga

Harvey Elliot (7.5)

Turut menjadi pencetak gol ketiga Liverpool, Harvey Elliot menunjukkan kelayakannya untuk dapat terus dimainkan oleh Jurgen Klopp.

Selain itu, perannya di sisi kanan juga turut memberi warna tersendiri bagi variasi serangan Liverpool semalam.

Roberto Firmino (7.5)

Roberto Firmino kembali menunjukkan perannya sebagai pemain nomor sembilan yang mumpuni. Kemampuannya menarik lini garis pertahanan lawan membuatnya turut berkontribusi bagi terciptanya gol-gol Liverpool.

Darwin Nunez (7)

Beberapa kali memberikan tekanan kepada lini pertahanan Ajax hingga peluangnya yang membentur tiang gawang tampaknya telah menunjukkan sisi asli Darwin Nunez.

Lebih lagi, dirinya menjadi sosok yang berperan dalam menciptakan gol kedua Liverpool melaui sundulan kepalanya.

Mohamed Salah (8)

Seperti Darwin Nunez, Mohamed Salah menjadi sosok yang terus berjuang bagi terciptanya usaha-usaha Liverpool menjebol gawang Ajax.

Baca Juga

Golnya di babak pertama membuat nyawa Liverpool menjadi hidup dan membuat The Reds akhirnya mampu meraup kemenangan.

Pengganti

Curtis Jones (7)

Menggantikan Darwin Nunez, Curtis Jones mulai menunjukkan peran-peran kecilnya yang mampu menggerakkan serangan Liverpool.

Stefan Bajcetic (6.5)

Masuk menggantikan Fabinho, Bajcetic sempat menorehkan peluang-peluang berbahaya termasuk tembakannya dari luar kotak penalti.

Baca Juga

Fabio Carvalho (6.5)

Tampil menggantikan Harvey Elliot, Fabio Carvalho menjalani perannya dengan baik hingga akhir pertandingan. Ambisinya di lapangan dan mencoba selalu terhubung dengan bola menjadi gaya Carvalho semalam.

James Milner (6.5)

Masuk di penghujung babak kedua, Milner menjadi sosok yang mampu merapatkan lini pertahanan Liverpool dengan baik.

Kostas Tsimikas (T/A)

Tidak bermain cukup pada laga semalam.

LiverpoolLiga ChampionsMohamed SalahBerita Liga Champions EropaDarwin NunezOne Football

Berita Terkini