x

PSSI Akan Gelar KLB, Wakil Ketua Komisi X DPR RI Dede Yusuf Berikan Komentar

Sabtu, 29 Oktober 2022 23:25 WIB
Penulis: Arif Rahman | Editor: Herry Ibrahim
Wakil Ketua Komisi X DPR RI, Dede Yusuf Effendi.

INDOSPORT.COM - Wakil Ketua Komisi X DPR RI, Dede Yusuf Effendi, memberikan komentar mengenai keputusan PSSI yang akan menggelar Kongres Luar Biasa (KLB).

Sebelumnya, Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan memastikan PSSI akan mempercepat Kongres Luar Biasa (KLB). Percepatan KLB ini didapat, setelah PSSI melakukan Rapat Komite Eksekutif, Jumat (28/10/22) malam.

Baca Juga

Exco PSSI, memang menggelar emergency metting di Kantor PSSI. Dalam rapat ini, dihadiri 12 anggota Exco PSSI termasuk Mochamad Iriawan selaku Ketua Umum PSSI.

Setelah menggelar rapat tersebut, Mochamad Iriawan menegaskan PSSI sepakat menggelar Kongres Luar Biasa (KLB).

Dede Yusuf menuturkan, beberapa anggota Exco PSSI ini sudah bicara kepadanya dan merasa lega dengan rencana digelarnya KLB. Karena, mereka cukup terbebani dengan kondisi yang terjadi di sepak bola Indonesia usai Tragedi di Stadion Kanjuruhan, Malang.

Baca Juga

"Memang kan kalau Kongres Luar Biasa PSSI ini diikuti oleh klub-klub, sudah pasti lah. Dari klub diikuti dan ada beberapa kawan-kawan di Exco ini mengatakan, mereka cukup lega. Karena, beban sekali dengan kondisi kemarin itu sangat berat," kata Dede Yusuf di Bandung, Sabtu (29/10/22).

"Dengan adanya KLB itu sangat lega dan siapapun penggantinya, ya yang berkepentingan pasti," tegas Dede Yusuf.

Mengenai kandidat yang akan mengisi posisi Ketua Umum PSSI, Dede Yusuf menuturkan, siapapun yang menjadi Ketum dan mengisi posisi lainnya di PSSI, diharapkan bisa membuat sepak bola Indonesia semakin baik.

Baca Juga

Selain itu, dia Dede Yusuf enggan menyebutkan nama yang berpeluang maju sebagai calon Ketua Umum PSSI, namun yang pasti kandidatnya orang yang sudah biasa terjun di sepak bola.

"Kalau pun tahu gak mungkin saya bicarakan saat ini, harus secara resmi. Tetapi, kawan-kawan tahu lah kira-kira orang-orang yang terjun di olahraga atau di sepak bola, mungkin pasti nama-nama itu akan muncul," jelasnya.


1. Harapan Semakin Baik

Wakil Ketua Komisi X DPR RI, Dede Yusuf Effendi.

Pemerintah menurut Dede Yusuf, tidak dapat intervensi terkait agenda KLB, termasuk menentukan nama-nama calon Ketua Umum PSSI. Hanya saja, pihaknya berharap siapapun yang menjabat sebagai Ketua Umum, sepak bola Indonesia bisa semakin baik.

"Pasti nama-nama yang sudah ada di dunia persepakbolaan gak mungkin enggak. Bagi kami, itu gak bisa ikut campur, ya kan. Poinnya bisakah melakukan perubahan menjadi lebih baik, begitu," ucapnya.

Baca Juga

"Kalau saya di DPR kan melihat dari sisi legislasinya, aturannya. Siapapun yang dipilih silakan saja, itu kan internal mereka. Mau muncul dari pemilik klub pun, muncul dari siapapun silakan saja, tetapi pasti berkepentingan di dunia sepak bola," ujarnya.

"Kita harapannya ada perbaikan. Kunci perbaikan bagi saya adalah SOP atau peraturan pemerintah tentang pelaksanaan sepakbola," jelasnya.

Lebih lanjut, Dede Yusuf tidak memiliki kriteria khusus untuk calon Ketua Umum PSSI, namun dia memperkirakan akan ada sosok yang muncul dan memiliki kedekatan dengan penguasa saat ini.

Baca Juga

"Gak ada (kriteria), kan kalau PSSI ini boleh dikatakan dekat dengan kekuasaan. Menurut saya nanti (nama) yang muncul yang dekat dengan kekuasaan," ucapnya.

"Kenapa demikian? Tadi, ada regulasi di situ, ada sinergitas dengan sponsorship, dukungan-dukungan fasilitas dan lain-lain, kalau tidak ada dekat dengan kekuasaan pasti agak sulit," tegasnya.

Baca Juga

Selain berharap sepak bola lebih baik, Dede Yusuf beberapa pertandingan sepak bola di Indonesia bisa berjalan dengan aman dan lancar, serta dapat disaksikan dengan nyaman oleh siapapun.

"Tetapi bagi kami di DPR yang kita dorong pertama kan sport industry, harus hidup. Tetapi tanpa mengabaikan hak-hak penonton atau suporter untuk menonton sepak bola dengan rasa aman, nyaman dan selamat," harapnya.

PSSIKomisi X DPR RIDede YusufKongres Luar Biasa (KLB)Exco PSSILiga IndonesiaIwan Bule

Berita Terkini