x

Bawa Klubnya Lolos 16 Besar Liga Champions, Penggawa Timnas Iran Tatap Piala Dunia 2022

Rabu, 2 November 2022 18:45 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Indra Citra Sena
Penggawa Timnas Iran, Mehdi Taremi, semakin percaya diri menatap Piala Dunia 2022 setelah berhasil mengantarkan FC Porto, lolos babak 16 besar Liga Champions. Foto: REUTERS/Pedro Nunes.

INDOSPORT.COM – Penggawa Timnas Iran, Mehdi Taremi, semakin percaya diri menatap Piala Dunia 2022 setelah berhasil mengantarkan klubnya, FC Porto, lolos babak 16 besar Liga Champions.

Mehdi Taremi merupakan bagian penting dari lini serang Timnas Iran, bersama dengan Alireza Jahanbakhsh, Sardar Azmoun.

Baca Juga

Penyerang berusia 30 tahun itu tengah dalam performa luar biasa sejak bergabung dengan raksasa Portugal, FC Porto pada 2020 lalu.

Bahkan, Taremi juga baru saja berhasil mengantarkan Porto FC lolos ke babak sistem gugur kompertisi kasta tertinggi Eropa dengan gaya berkelas.

Diketahui, FC Porto memetik kemenangan keempat beruntun saat mengalahkan Atletico Madrid, dengan skor 2-1 pada matchday terakhir fase grup, Rabu (02/11/22).

Baca Juga

Bertanding di Estadio do Dragao, Taremi mencetak gol pada menit kelima. Dia membalikkan umpan Evanilson dari jarak dekat yang jadi gol kelimanya di babak penyisihan grup turnamen ini.

Hasil ini membuat mereka mengkudeta posisi puncak klasemen Grup B Liga Champions dari Club Brugge yang ditahan imbang 0-0 oleh Bayern Leverkusen di pertandingan lainnya.

Tak hanya sukses mengantarkan Porto lolos sebagai juara grup, Mehdi Taremi menyita perhatian karena dia mampu mencetak dua gol di masing-masing dari dua pertandingan Liga Champions terakhir Porto.

Baca Juga

Setelah kemenangan di Liga Champions ini, Taremi hanya tinggal menjalani beberapa pertandingan bersama Porto sebelum dirinya gabung ke Timnas Iran untuk Piala Dunia 2022 di Qatar.

Kehadiran Mehdi Taremi tentunya jadi suntikan kekuatan bagi pasukan Carlos Queroz. Ini bisa membantu mereka menebus kegagalan Iran di Piala Dunia 2018 saat gagal lolos dari fase grup di Rusia


1. Lika-liku Mehdi Taremi demi Tampil di Piala Dunia 2022

Mehdi Taremi (Iran) merayakan gol yang dicetaknya ke gawang Maroko di laga Piala Dunia 2018.

Taremi membuktikan dirinya sebagai salah satu pemain yang paling banyak dibicarakan di Iran sebelum Rusia 2018, tetapi sampai saat itu ia menolak tawaran  bermain di Eropa agar lebih dekat dengan negaranya.

Kemudian pada tahun 2016, Taremi bergabung ke klub Turki Caykur Rizespor sebelum memutuskan kembali berseragam Persepolis yang berbasis di Teheran.

Baca Juga

Keputusan ini membuatnya terkena sanksi larangan bermain selama empat bulan pada tahun 2017 oleh FIFA karena melanggar perjanjian dengan Caykur Rizespor.

Kemudian jelang Piala Dunia 2018, Taremi menantangani kontrak 18 bulan dengan klub Qatar, Al Ghafarah, tetapi tak lama kemudian dia memutuskan bergabung ke Rio Ave di Liga Portugal.

Bersama Rio Ave, Mehdi Taremi langsung memberikan dampak nyata. Dia mampu mencetak 18 gol dalam 30 pertandingan liga yang mana torehan ini membuka pintu gabung ke Porto di akhir musim 2020.

Sejak saat itu, keran gol Mehdi Taremi tak henti-hentinya mengalir. Bahkan dia membantu timnya meraih dua gelar Liga Portugal dan Piala Portugal pada musim 2021.

Baca Juga

Meski gacor bersapa Porto, namun jalan Mehdi Taremi untuk bisa membela Timnas Iran agak kurang mulus kendati dia kerap mencetak gol untuk timnas saat masih diasuh Dragan Skocic.

Mehdi Taremi sempat cekcok dengan pelatih asal Kroasia yang membuatnya dicoret dari Timnas Iran untuk Kualifikasi Piala Dunia melawan Lebanon dan Suriah tahun lalu.

Saat Timnas Iran mendatangkan kembali Carlos Queiroz pada September lalu, Mehdi sempati nyaris tidak dipanggil karena alasan kebugaran.

Namun, kemampuannya mencetak banyak ol bersama Porto FC tak bisa diabaikan begitu saja oleh pelatih Timnas Iran, yang mendambakan striker tajam guna menantang Piala Dunia 2022.

Baca Juga

Mehdi Taremi sejauh ini telah mencetak 12 gol dalam 17 penampilan di semua kompetisi bersama Porto. Sementara di Timnas Iran, dirinya sudah mencatatkan 60 caps dan mencetak 30 gol.

Iran sendiri akan melawan Inggris pada laga pembukaan mereka di Piala Dunia 2022 pada 21 November mendatang. Mereka juga tergabung di grup B bersama Amerika Serikat dan Wales.

IranPiala DuniaFC PortoPiala Dunia 2022Berita Liga Champions EropaUpdate Piala Dunia 2022Mehdi Taremi

Berita Terkini