x

Jadi Sasaran Kritik Karena Terlalu Uzur, 4 Pemain Ini Bisa Jadi Obat Lini Tengah Liverpool

Rabu, 2 November 2022 13:22 WIB
Penulis: Henrikus Ezra Rahardi | Editor: Indra Citra Sena
Liverpool vs Napoli di Liga Champions.

INDOSPORT.COM – Lini tengah Liverpool menjadi sasaran kritik, meskipun menang dari Napoli pada matchday ke-6 Liga Champions pada Rabu (2/11/22).

Seperti diketahui, Liverpool mampu menutup laga penyisihan grup Liga Champions 2022-2023 dengan kemenangan penting atas pemuncak klasemen Liga Italia, Napoli.

Baca Juga

Dalam pertandingan kali ini, Liverpool menurunkan formasi yang sedikit berbeda, dengan beberapa pemain masuk dalam skuat arahan Jurgen Klopp.

Untuk empat pemain bertahan, ada nama Kostas Tsimikas yang turun sebagai bek kiri mendampingi trio bek reguler, Trent Alexander-Arnold, Ibrahima Konate, dan Virgil van Dijk.

Namun, pelatih Liverpool, Jurgen Klopp, mengubah susunan pemain di lini tengah, dengan menurukan James Milner, Fabinho, dan Thiago Alcantara.

Baca Juga

Sedangkan untuk lini depan, The Reds kembali menurunkan susunan lawas, yaitu Mohamed Salah, Roberto Firmino ditambah dengan Curtis Jones.

Susunan gelandang yang cenderung senior, seperti James Milner, dan Thiago Alcantara yang berusia di atas 30 tahun  Sedangkan gelandang bertahan Liverpool, Fabinho juga berusia 29 tahun.

Hal inipun memicu komentar dari legenda Manhcester United, Rio Ferdinand yang menyebut bahwa susunan gelandang The Reds terlalu senior.

Baca Juga

“Ketika Anda melihat banyak pemain Liverpool ada langkah berbeda yang harusnya sudah diambil, dengan usia saat ini,” ujar Ferdinand.

Komentar ini merupakan pertanda jika Liverpool harus segera mencari gelandang baru. Berikut empat pemain yang cocok diambil oleh Jurgen Klopp.


1. Joshua Kimmich

Selebrasi Joshua Kimmich usai mencetak gol kemenangan Bayern Munchen atas Borussia Dortmund

Gelandang bertahan sempurna untuk Liverpool yang memiliki susunan pemain yang lebih senior, kendati usia Kimmich kini memasuki 27 tahun.

Jurgen Klopp sebagai pelatih asal Jerman bisa mendekati Kimmich untuk hengkang ke Liverpool, mengingat sudah waktunya bagi sang pemain untuk menjajal karier di Liga Inggris.

Baca Juga

Kimmich sendiri dikenal sebagai gelandang bertahan komplet yang mampu memberikan umpan matang ke depan sambil menjaga kedalaman lini tengah.

Kendati demikian, Jurgen Klopp dan Liverpool patut waspada, mengingat usia Kimmich dan kontrak di Bayern Munchen yang cukup panjang.

Lantaran punya kontrak yang tersisa 2 tahun mendatang, Kimmich masih dihargai Bayern Munchen senilai 80 juta euro yang tentu terlalu mahal untuk pemain yang menua.

Franck Kessie

Baca Juga

Mulai terpinggirkan dari Barcelona, Franck Kessie bisa saja dipertimbangkan Liverpool untuk hadir di bursa transfer Januari 2023 nanti.

Seperti diketahui, Franck Kessie menjadi salah satu pilihan murah dan mudah didatangkan oleh Liverpool dalam waktu cepat.

Apalagi, eks AC Milan ini berujar soal keinginan hengkang, lantaran jarang dimainkan oleh Barcelona dalam beberapa pertandingan belakangan.

Baca Juga

Masih berusia 25 tahun, pemain asal Pantai Gading ini menjadi pelapis sepadan untuk menggantikan Fabinho di lini tengah yang sudah mulai dimakan usia.

Tentu saja, Liverpool dapat mendatangkan Kessie dengan status pinjaman untuk dicoba terlebih dahulu di lini tengah tim arahan Jurgen Klopp.


2. Sandro Tonali

Sandro Tonali saat laga Liga Champions antara AC Milan vs Dinamo Zagreb

Tak dipungkiri, Liverpool membutuhkan gelandang dengan gaya permainan lebih direct dan bisa bertahan dan menyerang sama baiknya.

Gelandang AC Milan, Sandro Tonali bisa jadi pilihan menarik untuk mengisi lini tengah Liverpool karena dua kemampuan ini dilakukan sama baiknya.

Baca Juga

Kini, Tonali menjadi andalan AC Milan dalam laga-laga penting dan kerap kali memecah kebuntuan dengan gaya permainannya yang dapat menyerang dan bertahan dengan seimbang.

Posisi inilah yang hilang dari Liverpool dengan absen dan semakin menuanya Jordan Henderson yang kerap kali jadi sosok penghubung di tim asuhan Jurgen Klopp.

Kondisi inilah yang membuat Liverpool harus secepatnya mendatangkan Sandro Tonali untuk mengisi posisi kosong tesebut.

Jude Bellingham

Baca Juga

Target lama Liverpool ini menjadi nama yang harus segera didatangkan setidaknya di bursa transfer musim panas 2023 nanti.

Jude Bellingham merupakan gelandang yang cenderung dinamis dalam bermain dan mengutamakan aliran bola ke depan.

Selain itu, pemain berusia 19 tahun ini cenderung mampu menciptakan peluang, meskipun pelatih Borussia Dortmund, Edin Terzic memainkannya lebih dalam.

Baca Juga

Kendati demikian, Liverpool akan terkena batu sandungan dengan harga 150 juta euro yang diberikan Dortmund untuk mendatangkan pemain satu ini.

Namun, untuk menyempurnakan Liverpool, nama Jude Bellingham perlu menjadi perhatian dari Jurgen Klopp di bursa transfer musim panas 2023 nanti.

LiverpoolBarcelonaLiga ChampionsAC MilanBorussia DortmundJurgen KloppFranck KessieSandro TonaliBerita Liga Champions EropaJude Bellingham

Berita Terkini