x

Surat Masih Dicueki, PSSI Pede FIFA Rekomendasi Percepatan KLB

Senin, 7 November 2022 17:21 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Isman Fadil
Komisaris Utama PT LIB Juni Rachman (kedua kanan) didampingin Sekjen PSSI Yunus Nusi (kanan) dan Dirut Operasional LIB Sudjarno pada acara jumpa pers hasil pertemuan dengan petinggi klub terkait nasib Liga 1.

INDOSPORT.COM - Sekjen PSSI, Yunus Nusi percaya bahwa FIFA memberikan rekomendasi kepada PSSI untuk melakukan Kongres Luar Biasa (KLB).

PSSI memang berencana mempercepat Kongres Luar Biasa (KLB). Keputusan percepatan KLB tak lepas dari adanya rekomendasi dari Tim Gabungan Independent Pencari Fakta (TGIPF) pasca terjadinya tragedi di Stadion Kanjuruhan, Malang 1 Oktober lalu.

Baca Juga

Seperti diketahui, tragedi Stadion Kanjuruhan Malang menjadi satu insiden kelam di ranah sepak bola Indonesia. Di mana menyebabkan jatuhnya korban jiwa sebanyak 135 orang meninggal dunia.

Selain rekomendasi TGIPF, percepatan KLB tak lepas adanya permintaan dari dua anggota PSSI yakni Persis Solo dan Persebaya yang meminta adanya KLB.

Baca Juga

Permohonan percepatan KLB sendiri PSSI sudah mengirimkan surat kepada FIFA. Namun memang hingga saat ini surat dari PSSI belum mendapat balasan dari FIFA.

Baca Juga

Meski belum mendapat balasan dari FIFA, PSSI percaya bahwa FIFA tetap memberikan rekomendasi kepada PSSI untuk melakukan KLB.


1. Tunggu Respons FIFA

Presiden FIFA, Gianni Infantino usai melakukan pertemuan dengan Ketum PSSI Mochammad Iriawan sekita hampir 2 jam di kantor PSSI GBK Arena, Selasa (18/10/22).

"Belum ada surat dari FIFA kita masih menunggu terus dan sudah merespon degan mohon secepatnya di sampaikan," ucap Yunus Nusi.

"Deadline tanggal 7 November, tapi kalau tanggal 7 belum yang kita tunggu saja yang penting kita sepakat tanggal 7 Januari sudah kita laksanan Kongres tahunan," jelas Yunus Nusi. 

Baca Juga

"Kami sangat berharap FIFA menyetujui. Dan biasanya keputusan rapat Exco kemudian diajukan ke FIFA, karena PSSI yang meminta insyaallah disetujui," beber Yunus Nusi.

Yunus pun menjelaskan FIFA tidak akan menanyakan terkait alasan mengapa PSSK mempercepat KLB.  Baginya apa yang sudah menjadi keputusan dalam rapat Exco PSSI, FIFA akan mengakomodir.

Baca Juga

"Tidak ada pokoknya keputusan Exco melalui rapat itu yang sudah diakomodir oleh FIFA."

Baca Juga

"Keputusan mau apapun alasan tidak disampauikan ke FIFA tetapi keputusan yang diputus oleh Exco akan diakomodir oleh FIFA," tutup Yunus.

FIFAPSSIKongres Luar Biasa (KLB)Liga IndonesiaKongres PSSIYunus Nusi

Berita Terkini