x

4 Kekalahan di Fase Grup Piala Dunia 2022 Sejauh Ini yang Bikin Publik Geger

Selasa, 29 November 2022 13:05 WIB
Editor: Juni Adi
Selebrasi pemain Arab Saudi Salem Al-Dawsari usai mencetak gol kedua mereka dengan rekan setimnya. (Foto: REUTERS/Dylan Martinez)

INDOSPORT.COM - Piala Dunia 2022 mempunyai banyak cerita menarik di antaranya kekalahan tim-tim bertabur bintang yang buat publik geger.

Piala Dunia 2022 telah memasuki hari ke-9 penyelenggaraan di Qatar sejak diresmi bergulir pada Minggu, 20 November 2022 kemarin.

Masing-masing grup sudah memainkan dua pertandingan babak penyisihan.

Hasilnya sudah ada beberapa negara yang memastikan diri lolos ke babak 16 besar, mereka adalah Brasil, Prancis dan terbaru Portugal.

Brasil lolos usai memuncaki klasemen Grup G Piala Dunia 2022 dengan 6 poin. Perolehan angka yang sudah berada di batas aman untuk melaju ke fase selanjutnya.

Baca Juga

Begitu juga dengan Prancis dan Portugal. Prancis memuncaki klasemen Grup D sedangkan Portugal memastikan tiket 16 besar, usai menundukan Uruguay 2-0.

Selain tim-tim yang meraih hasil positif, Piala Dunia 2022 juga menyuguhkan cerita menarik lainnya yakni kejutan tumbangnya tim bertabur bintang.

Baca Juga

Kejutan di Piala Dunia 2022 salah satunya diakui oleh mantan pemain timnas Belanda Ron Vlaar.

Dia menilai Piala Dunia 2022 penuh kejutan karena kualitas pemain di setiap tim makin merata. 

Situasi ini juga didukung lantaran para peserta Piala Dunia 2022 telah mengembangkan pemain sejak usia muda. Lantas apa saja kejutan yang terjadi?

Baca Juga

1. Argentina vs Arab Saudi

Para pemain Jepang meluapkan kegembiraannya usai mengalahkan Jerman terlihat pemain Jerman Antonio Rudiger terlihat sedih. (Foto: REUTERS/Annegret Hilse)

Datang ke Piala Dunia dengan rekor tak terkalahkan dalam 36 pertandingan beruntun, Argentina digadang-gadang jadi calon juara. Namun laga perdana La Albiceleste malah sebaliknya.

Menghadapi Arab Saudi yang disebut hanya tim pelengkap, Lionel Messi dan kawan-kawan dibekuk 1-2. Ini kejutan pertama yang tercipta di fase grup di Piala Dunia 2022.

Beruntungnya Argentina bangkit pada laga kedua saat melawan Meksiko. Dengan kemenangan 2-0 atas Meksiko, Argentina memperpanjang nafas dan membuka peluang lolos ke 16 besar.

Jerman vs Jepang

Sehari setelah Argentina terjungkal, giliran Jerman dilumat wakil Asia lainnya, Jepang. Dalam laga pembuka Grup E itu Der Panzer takluk dengan skor lewat skor 1-2.

Ini kekalahan mengejutkan sebab Jerman merupakan tim penghuni peringkat ke-11 dunia, sedangkan Jepang ke-24. Pemain Jerman pun lebih berstatus bintang dibanding Jepang.

Namun pada laga kedua melawan Spanyol, Jerman bangkit. Meski tak meraih kemenangan, tim asuhan Hansi Flick ini menahan La Furia Roja dengan skor sama kuat 1-1.
 


2. Belgia vs Maroko

Zakaria Aboukhlal dari Maroko merayakan gol kedua atas Belgia di Piala Dunia 2022 REUTERS-Matthew Childs

Sebagai tim nomor dua dunia (berdasarkan peringkat FIFA) tak ada yang menyangka Belgia akan tumbang dari Maroko. Tim asuhan Roberto Martinez ini takluk dengan skor 0-2, Minggu (27/11) malam WIB.

Dalam pertandingan ini Belgia mendominasi dalam segala hal, kecuali gol. Lini depan Belgia memang sedang jadi sorotan karena hanya bisa menang kecil dalam beberapa laga terakhirnya.

Kekalahan ini membuat Belgia di ujung tanduk. Saat ini Belgia menempati urutan ketiga Grup F dengan tiga poin. Pada laga terakhir Kevin de Bruyne akan menghadapi Kroasia.

Belgia masih memegang kendali atas nasib mereka sendiri lantaran kemenangan akan mengantar Belgia lolos ke babak 16 besar.

Belgia tak boleh bermain imbang karena itu berarti mereka akan menggantungkan nasib pada laga lainnya yaitu Maroko vs Kanada.

Di atas kertas, situasi Kevin De Bruyne dan kawan-kawan tidak sepenuhnya bagus karena Kroasia sedang dalam kondisi bagus di Piala Dunia 2022.

Iran vs Wales

Timnas Iran berhasil memetik kemenangan krusial di grup B Piala Dunia 2022. Berhadapan dengan timnas Wales, wakil Asia itu berhasil menang dengan skor 2-0.

Gol kemenangan Iran dicetak oleh Roozbeh Cheshmi dan Ramin Rezaeian di masa injury time, di mana pada saat itu Wales bermain dengan 10 pemain setelah sang kiper Wayne Hennessey mendapatkan kartu merah.

Berkat hasil ini, Iran menempati peringkat kedua klasemen sementara grup B dengan raihan tiga poin dari dua laga. Sementara Wales harus terbenam di dasar klasemen grup B.

Piala Dunia 2022Trivia Piala Dunia 2022

Berita Terkini