x

Profil Malaysia di Piala AFF 2022: Usung Warna Korea Selatan dan Naturalisasi, Mampukah Juara?

Senin, 19 Desember 2022 14:40 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Isman Fadil
Didalangi pelatih Korea Selatan dan mengandalkan deretan pemain naturalisasi, Malaysia membawa misi besar meraih gelar juara di ajang Piala AFF 2022.

INDOSPORT.COM – Didalangi pelatih Korea Selatan dan mengandalkan deretan pemain naturalisasi, Malaysia membawa misi besar meraih gelar juara di ajang Piala AFF 2022.

Kehadiran timnas Malaysia di Piala AFF 2022 tidak bisa dipandang sebelah mata. Pasalnya, negara ini pernah sekali menjuarai Piala AFF dari 4 penampilannya di final.

Gelar juara tersebut diraih Malaysia pada edisi 2010, di mana saat itu mereka berhasil menaklukkan Timnas Indonesia di partai puncak dengan agregat 4-2.

Sementara pada edisi terakhir AFF 2020, Harimau Malaya yang saat itu masih diasuh Tan Cheng Ho harus tersingkir di babak awal.

Oleh karenanya, Malaysia bertekad tampil habis-habisan demi memperpanjang nafas dan menargetkan juara di turnamen Asia Tenggara edisi kali ini.

Baca Juga

Sosok Kim Pan-gon tentunya akan jadi salah satu wajah baru yang diusung Malaysia. Pelatih asal Korea Selatan ini direkrut pada Januari 2022 menggandikan posisi Tan Cheng Ho.

Pelatih 53 tahun ini punya pengalaman melatih Timnas Hongkong. Dia pernah melatih South China dan mempersembahkan sejumlah gelar di Liga Hongkong.

Baca Juga

Menariknya, Kim Pan-gon pernah menjadi atasan Shin Tae-yong. Dia ditugaskan sebagai Direktur Teknik Korea Selatan saat mentas di Piala Dunia 2018.

Sebagai persiapan, Malaysa sudah menjalani dua pertandingan uji coba dengan hasil sangat impresif. Malaysia menang telak 4-0 atas Kamboja sebelum sukses membantai Maladewa dengan skor 3-0.

Malaysia tergabung di Grup B bersama Vietnam, serta Myanmar, Laos dan Singapura. Mereka akan membuka laga melawan Myanmar di Yangon pada Rabu (21/12/22).

Baca Juga

1. Skuad Timnas Malaysia

Malaysia vs Timnas Indonesia di Piala AFF 2020.

Federasi Sepak Bola Malaysia (FAM) telah mengumumkan daftar 23 pemain yang akan dibawa pelatih Kim Pang-gon untuk bersaing di Piala AFF 2022.

Nama-nama pemain ini dipilih setelah mereka menjalani pemusatan latihan (TC) yang digelar Kim Pan-gon untuk persiapan menuju Piala AFF 2022 sejak 29 November 2022.

Dengan dirilisnya daftar 23 pemain ini, Kim Pan-gon telah mencoret lima nama pemain yang sempat mengikuti TC Timnas Malaysia.

Salah satu pemain yang dicoret yakni Dion Cools. Bek naturalisasi keturunan Belgia ini dicoret karena alasan pribadi. Artinya, Dion Cools harus absen di ajang ini.

Absennya Dion Cools jelas bisa menjadi pukulan besar untuk skuad Malaysia. Pasalnya, Dion Cools cukup sering dipanggil timnas Malaysia dengan total mencatat 12 caps.

Baca Juga

Selain Dion Cools, empat pemain yang dipastikan dicoret Kim Pan-gon adalah Azri Ab Ghani, Kogileswaran Raj, Ramadhan Saifullah Usman, dan Aliff Izwan Yuslan.

Menariknya, Malaysia tetap mengandalkan pemain naturalisasi di timnas Malaysia. Setidaknya ada enam nama pemain keturunan yang akan tampil di Piala AFF 2022.

Mereka adalah Brendan Gan, Sergio Aguero, Stuart Wilkin, Lee Tuck, David Rowley, dan Darren Lok. Dari semua nama itu, hanya Darren Lok dan Brendan Gan saja ya sering bermain bersama Malaysia.

Baca Juga

Ada pun pemain di skuad Malaysia sisanya tercatat masih minim pengalaman dan baru akan merasakan turnamen pertamanya bersama skuad Harimau Malaya pada Piala AFF 2022.

Daftar pemain Timnas Malaysia untuk Piala AFF 2022

Penjaga Gawang: Kalamullah Al-Hafiz, Syihan Hazmi, Rahadiazli Rahalim

Bek: Azam Azmi, Sharul Nazeem, Khuzaimi Piee, Dominic Tan, Quentin Cheng, Fazly Mazlan

Tengah: Brendan Gan, Mukhairi Ajmal, David Rowley, Stuart Wilkin, Alif Haiqal, Ruventhiran Vengasdan, Shamie Iszuan, Hakim Hassan

Penyerang: Safawi Rasid, Darren Lok, Lee Tuck, Faisal Halim, Haqimi Azim, Sergio Aguero

Baca Juga

2. Pemain Bintang Malaysia: Safawi Rasid

Bintang Timnas Malaysia, Safawi Rasid.

Safawi Rasid merupakan pemain berpengalaman di kubu timnas Malaysia. Bermain di posisi sayap, kemampuannya membangun sarangan bisa jadi ancaman bagi lawan Harimau Malaya di grup B.

Pemain 25 tahun ini punya pengalaman mentas di luar negeri. Tepatnya di Liga Thailand bersama Ratchaburi dan klub asal Portugal Portimonense.

Sementara di Malaysa, Safawi Rasid pernah malang melintang di sejumlah klub seperti Terengganu FC dan bolak-balik bermain untuk Johor Darul Ta’zim.

Saat ini, Safawi Rasid bermain untuk Johor Darul Takzim. Dia diandakan di skuad utama klub tersebut dalam berbagai ajang termasuk ikut mempersembahkan sejumlah gelar bagi klub yang berbasis di Johor Bahru, Malaysia tersebut.

Di Liga Malaysia musim ini, Rasid sejatinya belum menunjukan kemampuan yang begitu mentereng. Dia bahkan baru mencetak dua gol serta tiga assist dari 13 pertandingan bersama Johor Darul Tazim.

Baca Juga

Namun demikian, Safawi Rasid sangat percaya bahwa dirinya mampu memberikan yang terbaik di Piala AFF 2022 bersama timnas Malaysia.

“Turnamen ini sangat penting bagi saya untuk mendapatkan kembali (kinerja) sebelumnya dan saya pikir ini adalah tempat terbaik untuk mendapatkan kembali momentum saya,” ungkap Safawi Rasid dilansir dari bharian.

Safawi Rasid sendiri sudah mencatat 18 gol dari 43 caps bersama Timnas Malaysia, di mana 4 gol dari 4 penampilan di antaranya dicetak saat tampil di Piala AFF 2020.

Baca Juga
MalaysiaPiala AFFBola InternasionalTimnas MalaysiaAsosiasi Sepakbola Malaysia (FAM)Safawi RasidKim Pan-gonPiala AFF 2022

Berita Terkini