x

5 Pemain yang Raih Trofi Ballon d'Or Setelah Gelaran Piala Dunia

Rabu, 21 Desember 2022 18:29 WIB
Penulis: Maria Valentine | Editor:
Kapten Timnas Kroasia Luka Modric merayakan saat Kroasia melaju ke babak perempat final. (Foto: REUTERS/Lee Smith)

INDOSPORT - Piala Dunia 2022 baru saja berakhir. Biasanya, peraih trofi Ballon d'Or adalah pemain yang berasal dari negara juara Piala Dunia.

Sebagaimana diketahui, Lionel Messi baru saja menjuarai Piala Dunia 2022 di Qatar setelah membawa Argentina menang atas Prancis di partai puncak.

Baca Juga

Kesuksesan ini sekaligus melengkapi berbagai raihan trofi yang telah diraihnya. Messi juga sejauh ini masih pemegang gelar Ballon d'Or terbanyak dengan tujuh trofi.

Terbaru, Karim Benzema dari Prancis telah memenangi Ballon d'Or 2022 setelah berhasil membawa Real Madrid kembali menjuarai Liga Champions.

Peraih Ballon d'Or bukanlah pemain sembarang. Hanya pemain-pemain tertentu yang berhasil merebut trofi individu tersebut.

Baca Juga

Selain sukses di tingkat klub, kesuksesan di tingkat dunia dengan tim nasionalnya juga jadi tolok ukur raihan Ballon d'Or kepada pemain.

Untuk itu, berikut lima pemain yang meraih Ballon d'Or usai gelaran Piala Dunia.

Luka Modric (2018)

Di Piala Dunia 2018, Luka Modric memang tidak bisa membawa Kroasia menjadi juara setelah kalah 2-4 dari Prancis di partai final.

Baca Juga

Namun, keberhasilannya meraih Ballon d'Or 2018 adalah karena dia baru saja menjuarai Liga Champions 2017-2018, yang mana ini gelar hat-trick beruntun Real Madrid di Liga Champions.

Dengan begitu, gelar Ballon d'Or 2018 ini menjadikannya sebagai pemain yang mematahkan dominasi dua megabintang saat ini, Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo, dalam kategori trofi ini.


1. Fabio Cannavaro (2006)

Fabio Cannavaro saat menjuarai Piala Dunia 2006 bersama Timnas Italia.

Fabio Cannavaro menjadi pemain penting Italia dalam perjalanannya menjuarai Piala Dunia 2006, di mana setiap kali dia bermain, tidak ada serangan lawan yang berbuah gol.

Cannavaro pun diberi penghargaan Ballon d'Or 2006. Gelar ini juga menjadikannya sebagai bek ketiga yang pernah memenangi Ballon d'Or.

Baca Juga

Momen ini juga sekaligus membuatnya sebagai bek terakhir yang sukses meraih Ballon d'Or hingga saat ini.

Ronaldo (2002)

Sebelumnya, Ronaldo adalah pemain Amerika Selatan pertama yang memenangi Ballon d'Or pada 1997 setelah menjalani tampil apik di Barcelona dan transfer rekor dunia ke Inter Milan.

Baca Juga

Striker asal Brasil ini lalu meraih trofi Ballon d'Or keduanya pada 2002. Hal ini terjadi setelah dirinya membawa Brasil menjuarai Piala Dunia 2002.

Saat itu, pemain bernama lengkap Ronaldo Nazario de Lima ini meraih penghargaan Golden Ball sebagai pencetak gol terbanyak kompetisi dengan delapan gol.


2. Zinedine Zidane (1998)

Legenda Prancis, Zinedine Zidane, mencetak gol ke gawang Brasil dalam pertandingan final Piala Dunia, 12 Juli 1998.

Tahun 1998 adalah masa keemasan Prancis di mana Les Bleus sukses menjuarai Piala Dunia 1998. Kesuksesan ini berkat kerja keras Zinedine Zidane.

Bisa dibilang, Zidane adalah salah satu gelandang terbaik yang pernah ada. Maka dari itu, tak heran Ballon d'Or 1998 jatuh ke tangannya.

Baca Juga

Mantan pelatih Real Madrid ini juga nyaris merebut gelar Piala Dunia keduanya pada 2006. Sayangnya, Prancis kalah dari Italia di partai final.

Hristo Stoichkov (1994)

Hristo Stoichkov adalah pemain legendaris Bulgaria. Dia telah mencetak lebih dari 100 gol dan memenangi empat gelar La Liga secara beruntun bersama Barcelona.

Baca Juga

Di Piala Dunia 1994, Bulgaria secara mengejutkan mampu mencapai semifinal meski berakhir dengan kegagalan mengamankan posisi ketiga usai kalah 0-4 dari Swedia.

Meski begitu, Stoichkov tetap dianugerahi Golden Boot dan berbagi bersama Oleg Salenko dari Rusia. Berkat prestasinya, Stoichkov pun diganjar dengan Ballon d'Or 1994.

Zinedine ZidanePiala DuniaBallon d'OrBola InternasionalTRIVIA

Berita Terkini