x

Piala AFF 2022: Rival Timnas Indonesia Melemah, Giliran Singapura Ditinggal 2 Bintang Mudanya

Rabu, 21 Desember 2022 17:35 WIB
Penulis: Serly Putri Jumbadi | Editor: Prio Hari Kristanto
Salah satu rival timnas Indonesia yakni Singapura ditinggal dua pemainnya yakni Ikhsan Fandi dan Adam Swandi jelang pertandingan di Piala AFF 2022.

INDOSPORT.COM – Salah satu rival Timnas Indonesia yakni Singapura ditinggal dua pemainnya yakni Ikhsan Fandi dan Adam Swandi jelang pertandingan di Piala AFF 2022.

Piala AFF 2022 merupakan ajang sepak bola bergengsi di Asia Tenggara yang resmi bergulir dari 20 Desember hingga 16 Januari 2023.

Timnas Indonesia sendiri tergabung di Grup A bersama Thailand, Filipina, Kamboja dan Brunei Darussalam di mana saat ini skuad The War Elephants memimpin klasemen sementara.

Selain itu, beberapa calon lawan kuat Indonesia di Grup B di Piala AFF 2022 meliputi Vietnam, Singapura, Myanmar, Malaysia dan Laos.

Beberapa tim dipastikan tak menurunkan skuad terbaiknya di Piala AFF 2022. Seperti Thailand yang kehilangan Chanatip Songkrasin dan Titiphan Puangchan.

Baca Juga

Kini, salah satu rival Timnas Indonesia, yakni Singapura juga kehilangan dua pemain terbaiknya, Ikhsan Fandi dan Adam Swandi yang absen di Piala AFF 2022 karena cedera lutut.

“Sementara prosedur tindak lanjut mereka (Ikhsan dan Adam) masih ditentukan, dipastikan bahwa kedua pemain tidak sepenuhnya fit pada waktunya dalam kompetisi dua tahun mendatang,” ungkap perwakilan Asosiasi Sepak Bola Singapura (FAS).

Baca Juga

“Kami berharap mereka cepat pulih dan berharap untuk segera mengembalikan warna nasional mereka,” sambung FAS.

Meski gagal membela Timnas Singapura di Piala AFF 2022, dua saudara Ikhsan Fandi yakni Irfan dan Ilhan ikut masuk ke dalam skuad The Lions.

Timnas Singapura sendiri akan menghadapi Myanmar pada matchday pertama Grup B pada Sabtu (24/12/22) pukul 17.00 WIB.

Baca Juga

1. Kesempatan Bagi Timnas Indonesia?

Latihan Timnas Indonesia Senior jelang laga Piala AFF 2022 melawan Kamboja di Stadion GBK, Selasa (20/12/22).

Sebagaimana diketahui, Timnas Indonesia menjadi salah satu tim yang difavoritkan di Piala AFF 2022. Hal ini disebabkan oleh beberapa pemain mentereng yang dimiliki Shin Tae-yong.

Tak hanya itu, beberapa tim yang berlaga di Piala AFF 2022 juga kehilangan pemain terbaiknya, seperti Thailand, Malaysia hingga Singapura.

Seperti diketahui, Singapura mesti kehilangan Ikhsan Fandi yang tampil gemilang di ajang Piala AFF edisi lalu. Pemain Pathum United itu membobol gawang Indonesia di partai semifinal.

Selain Singapura, Thailand juga kehilangan beberapa pemain terbaiknya, yakni Chanatip Songkrasin, yang menjadi mimpi buruk timnas Indonesia di Piala AFF 2020.

Pemain yang membela Klub Liga 1 Jepang (J-League 1) Kawasaki Frontale menyebutkan bakal absen di Piala AFF 2022, karena bukan agenda resmi FIFA.

Baca Juga

Selain itu, pemain andalan timnas Malaysia yakni Dion Cool turut absen di Piala AFF 2022 karena harus membela klubnya di Liga Ceko, FK Jablonec.

Sementara itu Timnas Indonesia juga kehilangan dua pemain andalannya yakni Elkan Baggott dan Sandy Walsh yang dipastikan absen karena ingin membela klub masing-masing.

Baca Juga

Selain itu, dengan beberapa pemain dari tim lawan yang dipastikan absen, Timnas Indonesia memiliki kesempatan untuk meraih hasil yang positif.

Indonesia sendiri dihuni oleh beberapa pemain mentereng seperti Witan Sulaeman, Asnawi Mangkualam, Egy Maulana Vikri hingga Jordi Amat.

Sementara itu, Timnas Indonesia akan melakoni laga perdana Piala AFF 2022 pada Jumat (23/12/22) melawan Kamboja yang akan dilangsungkan di Stadion Utama Gelora Bung Karno.

Baca Juga

Sumber: The Straits Times

SingapuraTimnas IndonesiaBola InternasionalIkhsan Fandi AhmadPiala AFF 2022

Berita Terkini